Beasiswa DAAD PPGG Scholarship Jerman Akan Dibuka!

Beasiswa DAAD PPGG Scholarship Jerman Akan Dibuka!

Beasiswa DAAD PPGG Scholarship Jerman Akan Dibuka!

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Eropa tetapi masih bingung negara mana yang ingin kamu tuju, Jerman dapat menjadi salah satu negara yang patut kamu pertimbangkan. Dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi, terdapat beasiswa untuk mahasiswa internasional yang tentu sangat menguntungkan untuk kamu. Yuk cari tahu mengenai kuliah di Jerman dan Beasiswa DAAD PPGG Scholarship yang akan dibuka!

 

Mengapa Memilih Germany sebagai Destinasi Kuliah?

Saat ini banyak calon mahasiswa asal Indonesia memilih benua Eropa sebagai tujuannya, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Dari ketiga negara tersebut, sebagian besar calon mahasiswa Indonesia memilih Jerman sebagai tujuan favoritnya. Berikut alasan kenapa kamu harus kuliah di Jerman.

  1. Memiliki kualitas pendidikan yang diakui dunia

Berdasarkan data, saat ini terdapat lebih dari 390 universitas negeri yang diakui oleh dunia dan tersebar di lebih dari 170 tempat di Jerman. Kualitas pendidikan di Jerman tidak perlu dipertanyakan lagi karena sebagaimana kita ketahui Jerman merupakan rumah dari penemu, penyair, dan pemikir ternama di dunia.

     2. Biaya hidup yang relatif murah

Di semua universitas di Jerman, setiap mahasiswa diharuskan membayar iuran semester sebesar 200 Euro (2 juta Rupiah) per semesternya. Melalui iuran tersebut kamu akan mendapatkan kartu Semester Ticket yang bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum secara gratis. Hal ini tentu memudahkan mobilitas sehari-hari selama studi. 

     3. Mendapatkan kesempatan bekerja setelah lulus kuliah

Universitas-universitas di Jerman menjalin hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan sehingga mahasiswanya sangat terbantu sekali mencari lowongan untuk magang kerja selama kuliah, atau untuk bekerja setelah lulus kuliah.

Pemerintah Jerman memberikan kesempatan kepada para mahasiswa internasional yang sudah lulus kuliah untuk bekerja di Jerman selama 1,5 tahun. 

 

Sekilas Tentang Beasiswa DAAD PPGG Scholarship

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil program master di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. Program tepatnya, public policy and good governance (PPGG) 2021 yang bisa diikuti di salah satu universitas Jerman.

DAAD (German Academic Exchange Service) menawarkan Helmut-Schmidt Programme, Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance (program Beasiswa S2 Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik). Beasiswa DAAD ini dibuka bagi lulusan Sarjana yang belum memiliki pengalaman kerja (fresh graduate) maupun bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja.

 

Cakupan Beasiswa

Dengan kamu mendaftar beasiswa ini dan kamu mendapatkannya, tentu kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Berikut cakupan beasiswa DAAD:

  1. Bebas biaya pendidikan (biaya perkuliahan)
  2. Tunjangan per bulan senilai 850 Euro
  3. Asuransi kesehatan
  4. Tunjangan perjalanan
  5. Subsidi studi dan riset
  6. Subsidi biaya sewa tempat tinggal
  7. Tunjangan keluarga (istri dan anak) apabila dibutuhkan
  8. Gratis kursus bahasa Jerman selama 6 bulan pada institusi yang telah ditentukan (dimulai April s/d September 2021)

 

Persyaratan Beasiswa DAAD

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar beasiswa DAAD ini, kamu harus perhatikan terlebih dahulu mengenai persyaratannya ya sahabat Meddy! Berikut persyaratan pelamar untuk beasiswa DAAD 2021.

  1. Mempunyai nilai akademik di atas rata-rata.
  2. Mempunyai kemampuan bahasa Inggris atau Jerman (masing-masing universitas mempunyai persyaratan yang berbeda-beda).
  3. Keterlibatan di bidang sosial dan politik.
  4. Penjelasan dari pelamar terkait program studi serta motivasi pribadi untuk studi di Jerman.
  5. Manfaat yang diharapkan saat kembali ke negara asal.
  6. Telah menyelesaikan gelar S1/sederajat (maksimal lulusan enam tahun terakhir sebelum masa pengajuan beasiswa)
  7. Beasiswa DAAD tidak berlaku bagi pelamar yang telah tinggal di Jerman lebih dari 15 bulan pada saat pendaftaran

 

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Beasiswa

Berikut dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar beasiswa DAAD 2021. Jangan sampai kamu gagal atau tidak lolos hanya karena kamu lupa salah satu dokumen persyaratan tersebut.

  1. Formulir Aplikasi DAAD (DAAD Application form for Research Grants and Study Scholarships) yang diisi dengan diketik
  2. Motivation letter yang berisi deskripsi singkat mengenai akademik atau profesi pelamar serta alasan pribadi mengapa memilih program studi ini dan universitas yang dituju, panjang maksimal dua halaman.
  3. Curriculum Vitae (CV) lengkap termasuk informasi mengenai bidang studi yang dikuasai. keterlibatan politik dan sosial, dan pengalaman kerja (jika ada).
  4. Salinan ijazah terakhir (disertai dengan penjelasan mengenai sistem penilaian).
  5. Salinan transkrip nilai terakhir.
  6. Bukti kemampuan bahasa (Jerman dan/atau Inggris).
  7. 1 (Satu) surat rekomendasi dari profesor universitas dan/atau pimpinan tempat kerja.
  8. Jika ada, lampirkan juga sertifikat pengalaman kerja yang telah disebutkan di Curriculum Vitae.

Demikian, mengenai kuliah di Jerman dan beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Bagi kamu yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen, kamu bisa menggunakan layanan Mediamaz Translation Service. Dengan harga yang pas di kantong, kamu nggak perlu khawatir lagi. Lebih lanjut, hubungi tim marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.