Beasiswa Eropa Jenjang S1, S2, dan S3 Fully Funded!

Beasiswa Eropa Jenjang S1, S2, dan S3 Fully Funded!

Eropa tetap menjadi benua tujuan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Beasiswa untuk melanjutkan studi ke Eropa juga terbilang cukup banyak. Hal tersebut dapat mendorong pelajar Indonesia untuk lanjut studi di sana. Artikel ini akan membahas 5 beasiswa fully – funded di Eropa. 

 

Program Chevening Scholarship – Inggris

Chevening merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan bagi calon pemimpin untuk melanjutkan studi ke Inggris. Beasiswa ini diberikan untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun di jurusan apapun dan di universitas manapun di Inggris. Chevening Scholarship pertama kali diberikan pada tahun 1983 dan telah berkembang menjadi program internasional yang paling dicari hingga saat ini.

Kemudian, beasiswa ini diperuntukkan bagi orang – orang yang berbakat dan telah dikenali sebagai pemimpin masa yang potensial di berbagai bidang termasuk politik, bisnis, media, masyarakat sipil, agama dan akademisi. Chevening terdapat dua tipe, yaitu Chevening Scholarship dan Chevening Fellowship yang menyediakan kurang lebih 700 beasiswa setiap tahunnya.

Tunjangan yang diberikan dari program ini antara lain:

  1. Biaya hidup
  2. Biaya perjalanan
  3. Tunjangan kedatangan
  4. Tunjangan saat pulang
  5. Biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa
  6. Dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi laman resmi: www.chevening.org 

 

Program Orange Tulip Scholarship (OTS) – Belanda

Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan beasiswa yang diberikan untuk warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belanda baik di jenjang S1, S2, maupun foundation. Program beasiswa ini merupakan program beasiswa parsial yang mana tidak mendanai penuh proses studimu selama di Belanda. Namun, perlu diingat jika tidak semua universitas dan jurusan di Belanda terdaftar dalam skema OTS.

Selanjutnya, kriteria pendaftar beasiswa OTS antara lain: Warga Negara Indonesia yang sedang tidak sedang menempuh studi pendidikan atau bekerja di Belanda saat ini.

Untuk cakupan beasiswa:

  1. para penerima akan mendapatkan potongan biaya studi mulai dari 30% – 100% atau hanya tanggungan biaya hidup per bulan (tanpa potongan biaya studi).
  2. Sisa biaya yang tidak tertulis di dalam skema berarti tidak didanai beasiswa sehingga perlu ditanggung oleh penerima beasiswa dengan finansial pribadi atau sponsor lainnya.

 

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) – Swedia

Swedish Institute Study for Global Professional (SISGP) merupakan program beasiswa dari pemerintah Swedia yang ditujukan untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan program master mulai semester musim gugur di Swedia. Beasiswa SISGP adalah program beasiswa baru dari Pemerintah Swedia yang menggantikan program beasiswa Swedish Institute Study Scholarship. Beasiswa ini bersifat penuh (fully – funded).

Kemudian, program beasiswa ditujukan bagi mereka yang memiliki ambisi untuk menjadi pemimpin masa depan dalam pembangunan berkelanjutan di platform global serta kontribusi pembangunan positif dan berkelanjutan di negara asal mereka. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberikan kesempatan mendaftar beasiswa SISGP 2021. Pada musim gugur tahun lalu, ada sekitar 300 kuota beasiswa S2 disediakan Swedish Institute.

Selanjutnya, cakupan beasiswa :

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup SEK 10.000/bulan
  3. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  4. Membership NFGL dan SI Alumni Network
  5. Tunjangan travel SEK 15.000 sekali.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman resmi si.se/en/.

 

Eiffel Excellence Scholarship – Prancis

Pemerintah Prancis melalui kementerian luar negeri mendirikan The Eiffel Program yang bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin – pemimpin masa depan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya di universitas – universitas terbaik Prancis. 

Beasiswa ini ditujukan untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level) dan 24 bulan (M1 level). Sementara, untuk beasiswa untuk program S3 diberikan maksimum 12 bulan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co – tutelle disertasi di Prancis.

Adapun cakupan beasiswa:

  1. Biaya kuliah untuk public universities atau kampus negeri
  2. Biaya hidup 1,181 Euro untuk S2, 1,400 – 1700 EURO untuk S3
  3. Tiket PP Indonesia – Prancis
  4. Tunjangan transportasi lokal dan kereta
  5. Asuransi kesehatan dan kegiatan kebudayaan. 

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Dengan berbagai beasiswa Eropa yang ditawarkan, tidak menutup kemungkinan untuk sahabat Meddy melanjutkan studi ke luar negeri loh. Terlebih beasiswa tersebut menawarkan biaya penuh atau fully – funded. Nggak usah khawatir juga perihal mengurus dokumen, karena kami siap membantu kamu selama 24 jam untuk menerjemah dokumen ataupun legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi tim marketing di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *