Mau Kuliah Gratis? Ini Informasi Lengkap Beasiswa Korea Selatan Tahun 2022

Korea Selatan adalah destinasi studi paling populer bagi para pelajar di Asia. Selain karena menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, terdapat juga banyak beasiswa kuliah ke Korea Selatan yang disediakan khususnya untuk mahasiswa Indonesia.

Beasiswa yang disediakan pun beragam seperti dari pemerintah Indonesia, pemerintah Korea Selatan, Perusahaan, atau bahkan ada juga yang berasal dari universitas di Korea.

Kabar baiknya dari sekian banyak beasiswa Korea Selatan yang diberikan untuk mahasiswa internasional, banyak diantaranya yang bisa digunakan oleh pelajar Indonesia. Sehingga jika Anda sedang mencari daftar rekomendasi beasiswa, yuk langsung simak ulasan lengkap berikut.

beasiswa-korea-selatan

Beasiswa Korea Selatan dari Pemerintah Indonesia

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP diberikan oleh pemerintah Indonesia dan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP bisa digunakan untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi program Magister atau Doktoral di dalam maupun di luar negeri.

Beasiswa LPDP mempunyai tiga program, yaitu program reguler, program targeted, dan program afirmasi. Berikut adalah daftar universitas Korea Selatan yang bisa dibiayai oleh beasiswa LPDP:

  1. Korea University
  2. Kyung Hee University
  3. Seoul National University
  4. Sungkyunkwan University
  5. Hanyang University
  6. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
  7. Pohang University of Science and Technology
  8. Ulsan National Institute of Science and Technology
  9. Gwangju Institute of Science and Technology

Tidak semua universitas di atas terbuka untuk semua jurusan. Seperti Pohan University of Science and Technology terbuka khusus untuk jurusan Metallurgical Engineering, dan Ulsan National Institute of Science and Technology hanya untuk jurusan Energy Science and Engineering.

Biaya yang ditanggung oleh beasiswa LPDP mencakup biaya kuliah, biaya hidup bulanan, tunjangan kedatangan, biaya transportasi, biaya aplikasi visa, asuransi kesehatan, dan tunjangan keluarga (khusus program Doktoral).

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman lpdp.kemenkeu.go.id.

2. Beasiswa Dikti

Beasiswa Dikti ditujukan untuk program pascasarjana yakni kuliah S2 dan S3. Terdapat tiga jenis program beasiswa DIKTI untuk perguruan tinggi di luar negeri:

1. Beasiswa BPP-LN (Beasiswa Luar Negeri)

Program BPP-LN ditujukan kepada dosen, tenaga pendidik, dan calon dosen yang ingin berkuliah S2 atau S3 di luar negeri.

Beasiswa yang diberikan mencakup tiket pesawat, biaya pendidikan (termasuk biaya kuliah dan tunjangan buku), biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga yang menyertai, dan asuransi kesehatan.

2. Beasiswa PKPI (Sandwich-Like)

PKPI adalah singkatan dari Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional. Beasiswa PKPI ditujukan kepada mahasiswa S3 yang ingin membuat jurnal internasional dengan mitra di luar negeri.

Program PKPI bersifat non-gelar dan berlangsung minimal selama empat bulan. Adapun cakupan biaya yang ditanggung adalah biaya hidup bulanan, bench fee, tunjangan buku, dan asuransi kesehatan.

3. Beasiswa Bidikmisi S2

Program bidikmisi S2 ditawarkan untuk keluarga tidak mampu yang sebelumnya telah memperoleh beasiswa bidikmisi S1. Pengajuan beasiswa ini bisa melalui laman LPDP.

Biaya yang ditanggung penuh mencakup biaya pendaftaran universitas, biaya kuliah, tunjangan seminar, tunjangan buku, biaya hidup bulanan, tunjangan kedatangan, biaya transportasi PP, biaya visa, dan asuransi kesehatan.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman beasiswadosen.kemdikbud.go.id.

Beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan

1. Beasiswa KGSP

KGSP (Korean Government Scholarship Program) adalah program beasiswa yang ditawarkan NIIED (National Institute for International Education) kepada pelajar internasional termasuk Indonesia.

Beasiswa KGSP tersedia untuk program kuliah D3, S1, S2, dan S3. Untuk pelamar kuliah S1 bisa mengambil jurusan kecuali yang lama studinya melebihi 4 tahun. Seperti jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Arsitektur, dan Farmasi.

Cakupan biaya yang ditanggung oleh beasiswa adalah tiket pesawat, tunjangan kedatangan (KRW 200,000), biaya hidup bulanan (KRW 900,000-KRW 1,000,000), tunjangan kesehatan bulanan (KRW 20,000), kursus bahasa Korea (KRW 800,000), biaya kuliah (tidak lebih dari KRW 5,000,000 per semester), tunjangan penelitian (KRW 210,000-KRW 240,000), dan biaya print disertasi (KRW 500,000-KRW 800,000).

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman studyinkorea.go.kr/en/main.do.

2. Beasiswa KOICA

Program beasiswa KOICA (Korea International Cooperation Agency) diberikan dari pemerintah Korea Selatan untuk kuliah S2 dan S3 kepada negara berkembang.

Program studi yang bisa diambil adalah Pendidikan, Kesehatan, Tata Kelola Pemerintahan, Pertanian, Pengembangan Kawasan Urban, Transportasi, Sains, Teknologi, Inovasi, Lingkungan, Iklim, Air, dan Energi, dan Kesetaraan Gender.

Untuk bisa melamar beasiswa KOICA, pelamar harus bekerja di instansi pemerintahan, LSM, atau universitas. Adapun cakupan biaya yang ditanggung adalah tiket pesawat PP, biaya hidup bulanan (KRW 1,000,000), tunjangan tempat tinggal, dan asuransi kesehatan.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman koica.go.kr/sites/ciat/index.do.

Beasiswa Korea Selatan dari Perusahaan dan Lembaga

1. Beasiswa AMA

Program beasiswa AMA (Art Major Asian) ditawarkan kepada seniman di 19 negara termasuk Indonesia untuk kuliah sarjana dan pascasarjana. Jurusan yang bisa diambil adalah musik, tari, seni, video, teater, dan seni tradisional di Korea National University of Arts (K’ARTS).

Beasiswa AMA mencakup biaya kuliah, biaya kursus bahasa Korea, biaya hidup bulanan (KRW 800,000), tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman eng.karts.ac.kr.

2. Beasiswa POSCO TJ Park Foundation

Program beasiswa POSCO TJ Park Foundation ditawarkan kepada pelajar Asia untuk kuliah S2 dan S3. Jurusan yang bisa diambil adalah semua jurusan kecuali MBA. Kuota penerima beasiswa per tahunnya sejumlah 50 orang.

Cakupan biaya yang ditanggung oleh beasiswa adalah biaya kuliah, biaya hidup bulanan, tunjangan kedatangan, dan tunjangan uang saku tambahan untuk mahasiswa dengan kemampuan bahasa yang unggul.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman postf.org/ko/page/asia/scholar.do.

Beasiswa Korea Selatan dari Universitas

1. Beasiswa KAIST

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. KAIST juga menempati posisi ke-40 di ranking universitas seluruh dunia.

Program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional dari 90 negara untuk bisa kuliah S1, S2, dan S3 di KAIST termasuk Indonesia. Para penerima beasiswa nantinya harus bisa mempertahankan IPK di atas 2,7 setelah tahun pertama studi di KAIST.

Para pelamar beasiswa bisa memilih jurusan yang tersedia di KAIST. Daftar program studi yang tersedia adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Kehidupan dan Bioteknologi, Teknik, dan Bisnis.

Cakupan beasiswa yang akan diberikan meliputi:

1. Biaya kuliah

  • Selama 8 semester untuk S1
  • Selama 4 semester untuk S2
  • Selama 8 semester untuk S3

2. Biaya hidup bulanan

  • Sejumlah KRW 350,000 untuk S1 dan S2
  • Sejumlah KRW 400,000 untuk S3

3. Asuransi kesehatan

Adapun biaya pendaftaran yang dikenakan adalah sebesar KRW 80,000 atau sekitar Rp960,000,-.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman admission.kaist.ac.kr atau apply.kaist.ac.kr.

2. Beasiswa Yonsei University

Yonsei University adalah universitas swasta terbaik di Korea Selatan. Sering disebut sebagai Underwood International College (UIC), bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Jurusan yang bisa diambil adalah yang tergabung ke dalam program studi Underwood, Humanities, Arts, and Social Sciences (HASS), dan Integrated Science and Engineering (ISE).

Beasiswa yang diberikan Yonsei University adalah beasiswa penuh untuk biaya kuliah. Untuk bisa terus mendapatkan beasiswa, para penerima harus bisa mempertahankan skor IPK tertentu setiap semesternya.

Adapun biaya pendaftaran yang dikenakan adalah sebesar KRW 150,000 atau sekitar Rp1,800,000,-.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman yonsei.ac.kr.

3. Beasiswa Seoul National University

Seoul National University (SNU) memberikan dua jenis beasiswa untuk mahasiswa internasional yaitu SNU Global Scholarship dan SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS).

SNU Global Scholarship mencakup biaya kuliah, biaya hidup bulanan, tiket pesawat, dan tunjangan tempat tinggal.

Sedangkan SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS) mencakup biaya kuliah (maksimal 4 semester) dan biaya hidup bulanan (KRW 500,000 sesuai dengan jurusan yang diambil).

Adapun biaya pendaftaran yang dikenakan adalah sebesar KRW 90,000 atau sekitar Rp1,000,000,-.

Kunjungi web resmi untuk informasi selengkapnya di laman e.snu.ac.kr.

Punya Dokumen yang Ingin Diterjemahkan untuk Daftar Beasiswa?

Mediamaz TS bisa membantu Anda dengan layanan penerjemah tersumpah dan legalisasi yang tersedia. Layanan penerjemah tersumpah kami telah berpengalaman membantu pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan menerjemahkan dokumen pendidikan ke lebih dari 12 bahasa asing.

Dokumen yang telah diterjemahkan pun bisa langsung dilegalisasi ke instansi pemerintah terkait. Sehingga cukup dari rumah dan tidak perlu repot, legalisir dokumen pun selesai! Segera konsultasikan kebutuhan Anda melalui kontak yang tersedia sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *