Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Beasiswa kuliah di Korea Selatan, seringkali dibuka setiap tahunnya. Menempuh studi di luar negeri bagi banyak orang Indonesia merupakan suatu impian. Salah satu tujuan negara tersebut adalah Korea Selatan. Antusiasme memilih melanjutkan studi di negeri gingseng ini bisa jadi karena demam K-Pop yang tinggi. Tak hanya di Indonesia, melainkan di negara lain pun sama halnya banyak memilih Korea Selatan sebagai negara tujuan studi selanjutnya.

Adanya minat dari sebagian orang akan K-Pop, membuat mereka jadi ingin mengetahui hal – hal lain yang bersangkutan dengan Korea Selatan.

 

Kenapa memilih ambil beasiswa kuliah di Korea Selatan?

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia Tenggara. Korea merupakan sebuah semenanjung yang berada di kawasan Asia, yaitu Asia Timur yang menjadi negara Demokratis dan merupakan salah satu negara paling maju di kawasan Asia. Jadi selain kamu kuliah di Korea Selatan, kamu juga bisa merasakan kehidupan di negara maju. Kamu akan mengetahui bagaimana masyarakat disana belajar, bekerja dan menciptakan berbagai inovasi. 

Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Korea selain musik dan selebritinya, tapi makanan, kebudayaan, bahkan pendidikan juga bisa kamu rasakan selama disana. Pendidikan merupakan salah hal penting bagi masyarakatnya, hal tersebut membuat Korea menjadi pilihan yang baik untuk mengenyam pendidikan. di Korea Selatan juga banyak beasiswayang dibuka untuk pelajar Indonesia.

 

Universitas populer di korea Selatan 

Korea Selatan saat ini telah menjadi salah satu preferensi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya, mulai dari jenjang sarjana, pascasarjana hingga doktoral. Untuk dikawasan Asia, kampus – kampus Korea Selatan bersaing dengan kampus dari Taiwan, Singapore, Hongkong, Jepang dan Malaysia dalam beberapa pemeringkatan. Beasiswa kuliah di Korea Selatan juga tersedia di deretan universitas populer dan terbaik berikut. 

  1. Seoul National University (SNU)
  2. Korean University
  3. Yonsei University
  4. Korean Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)
  5. Sungkyunkwan University (SKKU)

Kelima universitas diatas merupakan 5 universitas terbaik dan populer di Korea Selatan versi Quacquarelli Symonds (QS). Deretan universitas di atas memiliki keunggulan di masing – masing, seperti universitas SKY (SNU, Korean University, Yonsei University) memiliki tingkat keketatan penyaringan masuk tertinggi. Kemudian KAIST merupakan salah satu institut teknik dan sains paling prestisius di Korea Selatan. Dan universitas lainnya yang tidak kalah dalam hal kualitas pendidikannya. 

 

Jurusan terbanyak peminat di Korea Selatan 

Setelah kamu menentukan universitas mana yang ingin dijadikan tujuan pendidikan kamu selanjutnya, lalu kamu akan mengalami tahap kebingungan lainnya. Apa sih? Yup, Jurusan. Seringkali, ketika kita sudah mendapatkan universitas yang diinginkan kemudian lanjut lagi kebingungan dalam memilih jurusan sesuai dengan minat kita.

Menentukan jurusan memanglah bukan sesuatu hal yang mudah untuk diputuskan, karena ketika kita sudah memilih jurusan yang ternyata tidak sesuai dengan keinginan atau minat dari diri sendiri atau karena adanya keterpaksaan, kamu akan sulit menjalani masa perkuliahan kamu. Jurusan yang kamu pilih pun bisa menjadi penentu apakah ketika lulus nanti, kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang kamu anyam? atau malah sebaliknya. 

Nah, berikut daftar jurusan yang paling diminati pelajar internasional ketika mereka ingin kuliah di Korea Selatan, sekaligus mencangkup dengan Beasiswa kuliah di Korea Selatan.

  1. Teknik
  2. Sastra
  3. Bisnis dan Manajemen
  4. Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  5. Seni Kreatif dan Desain

Kelima jurusan diatas dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin melanjutkan studi di Korea Selatan. Kamu akan disambut di Korea Selatan dengan budayanya yang khas serta berbagai destinasi wisata. Jadi sepertinya akan seru, ya, kalau kuliah disana. 

 

Besiswa kuliah di Korea Selatan

 1. Global Korea Scholarship

Salah satu beasiswa yang bisa memberikan akses untuk melanjutkan studi di Korea Selatan adalah beasiswa dari pemerintah Korea yang bernama KGSP (Korean Government Scholarship Program). Beasiswa ini termasuk dalam program Global Korea Scholarship (GKS) untuk jenjang sarjana, pascasarjana dan doktor bersama dengan program – program lainnya dalam hal pendidikan internasional.

Situs resmi : https://studyinkorea.go.kr

2.GIST Scholarship

The Gwangju Institute of Science and Technology merupakan kampus yang berorientasi pada sains dan teknologi canggih ini menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional.

Beasiswa fully funded ini mencakupi biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat dan asuransi. Di GIST juga tersedia berbagai pilihan akomodasi tempat tinggal,  bahkan terdapat apartemen untuk pelajar yang berkeluarga.

Situs resmi : https://gist.ac.kr

3.UNIST Scholarship

Beasiswa ini tujukan untuk kamu yang ingin melanjutkan sarjana, pascasarjana maupun master. Universitas yang terletak di jantung kota industri di Korea, Ulsan, Korea Selatan ini menjadi salah satu universitas sains dan teknologi terkemuka di dunia lho! Untuk S1 kamu perlu mempertahankan min.IPK 2.0 (tahun pertama) dan min. IPK 2.7 (tahun kedua).

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan biaya hidup sebesar KRW 500.000 (S1) sekali, KRW 9.600.000/ thn (S2), KRW 13.200.000/thn (S3). Dan ada juga beasiswa yang ditawarkan untuk pemenang olimpiade tingkat nasional

Situs resmi: https://adm-intl.unist.ac.kr

4. POSCO Asia Fellowship

Beasiswa ini tujukan untuk warga Asia ini mencangkup kuliah full selama 4 semester dengan biaya hidup kira – kira USD 900/Bulan. Selain itu, yayasan dari beasiswa ini juga menjalin kerjasama dengan universitas – universitas terkemuka di seluruh Asia termasuk Indonesia.

Situs resmi: https://postf.org

5. KAIST Scholarship

Salah satu universitas terbaik di Korea Selatan ini menyediakan beasiswa full funded, lho! Apa saja yang dicover? biaya yang akan ditanggung meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi, dan tambahan tunjangan untuk research assistant. Untuk mendaftar S1, kamu perlu mempertahankan IPK min. 27.

Situs resmi: https://admission.kaist.ac.kr

 

Kalau kamu masih bingung dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa ini, atau mungkin kamu butuh penerjemah dokumen ke bahasa yang dituju ini, kamu bisa banget konsultasi ke kami. Mediamaz Translation Service akan melayani kamu selama 24 jam, jadi jangan khawatir untuk menghubungi kami dan dapatkan hasil terjemah terbaik. 

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *