Beasiswa Penuh Inggris – Oxford dan Cambridge University

Beasiswa Penuh Inggris – Oxford dan Cambridge University

Siapa bilang mencari beasiswa untuk kuliah di Inggris itu susah? Sebenarnya ada banyak pihak yang menawarkan berbagai beasiswa ke luar negeri, mulai dari institusi pendidikan, lembaga pemerintahan, perusahaan, organisasi non-profit, dan sebagainya. Yuk kita bahas mengenai beasiswa penuh Inggris yang tersedia untuk Oxford dan Cambridge University.

 

Sekilas Tentang Oxford University

Oxford University merupakan perguruan tinggi tertua di Inggris. Letak universitas ini berada di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Sejak abad ke – 11, kabarnya perguruan tinggi ini sudah didirikan. Namun, sayangnya karena lemahnya sejarah dan dokumentasi hingga saat ini belum diketahui kapan tepatnya perguruan tinggi bergengsi ini berdiri.

Bersama pesaing terberatnya yang juga berada dalam negara yang sama yaitu University of Cambridge, Universitas Oxford terus mengedepankan prestasi dan kualitasnya dalam dunia akademis. Kemudian, beralih ke University of Cambridge yang juga termasuk ke dalam 3 besar universitas terbaik di dunia. 

Universitas Cambridge juga tertua di Inggris dengan umur lebih dari 800 tahun dan sudah menjadi akademis dunia. Kedua kampus ini masing-masing telah menghasilkan orang – orang penting yang memiliki pengaruh kuat di Inggris, bahkan dunia. Nah selanjutnya kita akan membahas mengenai beasiswa yang tersedia nih di kedua universitas tersebut.

 

Hubungi tim marketing kami di sini.

 

Beasiswa Jardine

Beasiswa pertama, ini milik Jardine Foundation yang dikhususkan bagi pelamar internasional untuk kuliah di Cambridge University dan Oxford University. Jardine Foundation merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group.

Adapun cakupan beasiswa yang diberikan, sebagai berikut:

  1. Biaya penuh perkuliahan (University tuition fees dan college fees)
  2. Biaya buku – buku dan perlengkapan
  3. Tunjangan tahunan (sudah termasuk biaya tempat tinggal, makanan dan biaya insidentil lainnya)
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge (dibutuhkan saat pengajuan visa)
  5. Tiket pesawat PP Kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beassiwa (reimbursed)
  6. Regular Gatherings dan Summer Internships

Jika kamu ingin mendaftar beasiswa Jardine Scholarship, perhatikan juga persyaratan umumnya ya.

  1. Warga negara partner (termasuk Indonesia)
  2. Nilai TOEFL:
    • Cambridge: TOEFL iBT 110/ IELTS 7,5
    • Oxford: TOEFL iBT 100/ IELTS 7,0

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa buka website resminya: www.jardine-foundation.org . Pendaftaran akan dibuka di bulan Oktober.

 

Chevening Scholarship (S2)

Beasiswa kedua, beasiswa Chevening merupakan Program beasiswa luar negeri di Inggris untuk memberikan kesempatan yang bagi calon pemimpin masa depan. Di samping itu, beasiswa ini didanai oleh pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office. Karena itu, program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa S2 untuk mengenyam pendidikan di universitas terbaik Inggris secara cuma – cuma.

Bagi penerima program beasiswa Chevening, berhak mendapatkan beberapa fasilitas berikut ini:

  1. Uang kuliah (Full tuition fee)
  2. Biaya hidup bulanan (living cost)
  3. Tiket pesawat PP ke Inggris
  4. Biaya tunjangan kedatangan
  5. Tunjangan tiket pulang
  6. Tunjangan transportasi
  7. biaya aplikasi visa

Kemudian, untuk persyaratan yang harus kamu penuhi sebagai berikut:

  1. Warga negara pilihan (termasuk Indonesia)
  2. Bersedia kembali ke negara asal minimal 2 tahun setelah berakhirnya masa studi
  3. IPK min 3,33
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal.2800 jam (2 tahun)

Lebih lanjut untuk informasi selengkapnya, dapat kamu kunjungi website resmi: www.chevening.org , dan pendaftaran dibuka pada bulan September hingga Oktober.

 

GATES Cambridge Scholarship (S2 dan S3)

Beasiswa ketiga, GATES Cambridge Scholarship merupakan program beasiswa yang telah ada sejak Oktober 2000. Program ini merupakan hasil donasi sebesar US$ 210 juta dari Bill dan Melinda Gates Foundation kepada University of Cambridge. Faktanya, donasi yang diberikan tersebut merupakan donasi terbesar yang pernah diterima oleh universitas di Inggris. Setiap tahunnya, Gates Cambridge menawarkan 80 beasiswa penuh bagi para pendaftar yang berasal dari luar Inggris.

Program beasiswa ini termasuk beasiswa penuh. Berikut cakupan beasiswa yang akan diperoleh ketika mendapatkan beasiswa ini:

  1. Biaya perkuliahan
  2. Uang saku sebesar £17.500 per tahun.
  3. Biaya transportasi dari dan ke Inggris
  4. Biaya visa dan imigrasi

Kemudian, untuk persyaratan yang harus diperhatikan dan dipenuhi sebagai berikut:

  1. Memenuhi persyaratan Cambridge
  2. Memiliki prestasi akademik
  3. Bukan warganegara Inggris

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website resmi www.gatescambridge.org Pendafatarn akan di buka pada bulan September – Desember.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Demikian, informasi singkat mengenai Beasiswa Penuh Inggris, gimana sahabat Meddy pasti mau dong kuliah di Inggris?? Yuk persiapkan segala dokumen pendaftarannya! Jangan khawatir, untuk perihal terjemahan atau legalisasi, kamu bisa gunakan layanan dari Mediamaz Translation Service lohhh.. Konsultasikan kebutuhan kamu kepada kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *