Beasiswa Penuh Jenjang S1, S2, dan S3 di Korea Selatan

Beasiswa Penuh Jenjang S1, S2, dan S3 di Korea Selatan

Selain terkenal dengan drama dan musik popnya ternyata Korea Selatan juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia loh. Hal ini tentunya menarik banyak pelajar dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi mereka ke Korea Selatan, dibutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Kemudian, hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan para pelajar mengurungkan niat mereka untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Disamping itu, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada banyak beasiswa penuh untuk kuliah di Korea Selatan loh!

 

Program AMA Scholarship Korea National University of Arts

Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa kuliah seni dengan beasiswa penuh, ada tawaran menarik dari salah satu universitas di Korea Selatan. Korea National University of Arts (K-Arts) merupakan universitas seni terkemuka di Korea Selatan dan saat ini kembali menawarkan Program Art Major Asian (AMA) Scholarship bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 atau S2 seni dengan fully funded.

Program studi yang ditawarkan cukup banyak, diantaranya: Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conduction, Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, Animation, Cinema Studies, Dance Performance, Choreography, Dance Theory, Fine Arts, Design, Art Theory, Architecture dan masih banyak lagi.

Adapun cakupan program ini:

  1. Gratis biaya kuliah perkuliahan S1 atau S2 (Full tuition fee)
  2. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea Selatan pada saat awal dan akhir penerimaan beasiswa
  3. Tunjangan bulanan senilai 800.000 won (±Rp 10 juta) setiap bulan
  4. Gratis pelatihan bahasa Korea selama 4 bulan sebelum masa perkuliahan
  5. Asuransi kesehatan

 

Global Korea Scholarship

Beasiswa selanjutnya, program beasiswa yang satu ini termasuk ditunggu-tunggu oleh para peminatnya. Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) atau Global Korea Scholarship (GKS) kembali ditawarkan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional di berbagai negara, termasuk Indonesia. Lebih lanjut, para pelamar dapat mendaftar pada program S2 dan S3 di universitas-universitas yang terdapat di Korea Selatan. Program yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, karena telah mencakup seluruh kebutuhan studi (FULL Scholarship).

Sementara, untuk pendaftaran Program KGSP terbagi menjadi dua jalur, yaitu jalur Kedutaan Besar Korea dan Jalur Universitas. Untuk tahun 2021, kuota untuk Indonesia yang disediakan oleh GKS pada masing-masing jalur adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, melalui Jalur Kedutaan Besar Korea (Embassy Track):
    – Kuota untuk Pelamar Umum: 26 orang
    – Kuota untuk Korean Language Teaching Professionals: 1 orang
  2. Kedua, Jalur Universitas (University Track):
    – Kuota untuk Research Program: 5 orang dari 76 negara (tidak ada kuota per negara. Untuk Research Program akan dipilih 5 kandidat dari 76 negara)
    – Kuota untuk General Program dan Jurusan Science & Engineering Regional University Program: 27 orang (General) dan 12 orang (Science & Engineering)

 

Cakupan program beasiswa tersebut:

  1. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea pada awal dan akhir masa penerimaan beasiswa.
  2. Tunjangan awal saat pertama kali tiba di Korea sejumlah 200,000 KRW (± Rp 2,5 juta).
  3. Tunjangan untuk Program Master dan Doktoral senilai 1,000,000 KRW (± Rp 12,6 juta) setiap bulan. Sedangkan untuk Program Riset diberikan tunjangan senilai 1,500,000 KRW (± Rp 18,9 juta) setiap bulan.
  4. Tunjangan penelitian sejumlah 210,000 s/d 240,000 KRW per semester.
  5. Biaya belajar bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan (tidak tersedia bagi pelamar Program Riset). Pihak NIIED menanggung sejumlah 800,000 KRW dan sisanya ditanggung oleh pihak universitas.
  6. Tanggungan penuh biaya perkuliahan.
  7. Penggantian biaya pencetakan tesis dan disertasi senilai 500,000 s/d 800,000 KRW.
  8. Asuransi kesehatan sebesar 20,000 KRW per bulan.

 

POSCO Asia Fellowship

Tidak seperti KGSP yang sangat terkenal dan memiliki begitu banyak pendaftar di setiap tahunnya. Belum banyak orang yang tahu tentang beasiswa yang diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation  ini. Padahal program yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. POSCO TJ Park Foundation merupakan sebuah yayasan yang didirikan oleh Park Tae Joon. Yayasan ini berada dibawah naungan perusahaan baja Korea bernama POSCO. 

Yayasan ini bergerak di bidang sosial yang memiliki misi untuk meningkatkan kemampuan, bakat dan talenta pemuda di kawasan Asia dalam bidang akademik dan budaya. Program beasiswa ini adalah salah satu dari program kerja POSCO TJ Park Foundation. Beasiswa ini dinamakan POSCO TJ PARK Foundation ASIA FELLOWSHIP untuk jenjang S2 dan S3. Beasiswa POSCO TJ PARK Foundation dibuka setahun satu kali pada semester musim gugur.

Cakupan program beasiswa:

  • Biaya semester selama program berlangsung (Minimal 3.00 setiap semester).
  • Tunjangan perbulan 1.000.000 KRW selama 22 bulan.
  • Tiket Pesawat, buku, dan  asuransi tidak ditanggung.
  • Tidak ada pelatihan bahasa (jika memiliki TOPIK 5, tunjangan akan ditambah).

 

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan untuk Mendaftar Beasiswa
  • Statement of Purpose.
  • Personal Introduction.
  • Ijazah.
  • Transkrip nilai.
  • CV
  • KTP.
  • Passport.
  • Kartu Keluarga.
  • Akta lahir.
  • TOEFL, TOEIC, atau IELTS

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Jadi, bagi sahabat Meddy yang ingin mendaftar beasiswa penuh ke Korea Selatan ini, dan bingung dalam mengurus dokumen yang harus diterjemahkan. Jangan khawatir! Mediamaz Translation Service menyediakan layanan jasa untuk segala kebutuhan kamu, seperti penerjemah tersumpah, legalisasi dan interpreter. Kami dapat membantu dalam menerjemahkan dokumen ke bahasa negara tujuan. Segerah hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *