Beasiswa S1 di Jepang, Mitsui – Bussan Scholarship 2021

Beasiswa S1 di Jepang, Mitsui – Bussan Scholarship 2021

Beasiswa S1 di Jepang, Mitsui – Bussan Scholarship 2021

Beasiswa S1 di Jepang, Mitsui – Bussan Scholarship 2021

Bagi kamu yang baru lulus dari bangku sekolah menengah dan mau melanjutkan studi di luar negeri, salah satunya Jepang. Ada berita bagus nih untuk kamu sebagai pelajar Indonesia, Jepang menyediakan beasiswa S1 yang bisa kamu coba, yakni beasiswa Mitsui – Bussan Scholarship untuk Indonesia. 

Beasiswa S1 Mitsui – Bussan ini merupakan salah satu beasiswa S1 yang diberikan oleh yayasan nirlaba berdasarkan dana yang disiapkan oleh Mitsui & Co. Ltd dengan merangkul salah satu lembaga Indonesia, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa ini disediakan untuk para pelajar Indonesia yang berkeinginan kuliah di Jepang.

Beasiswa S1 ini biasanya ditawarkan setiap tahun bersifat beasiswa penuh, yang mana bisa kamu gunakan selama masa kuliahmu. Pendaftaran Beasiswa S1 Mitsui – Bussan 2021 dibuka pada 18 Januari 2021. Beasiswa ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keinginan tinggi untuk mempelajari kebudayaan di Jepang. Dan penerima beasiswa tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada perkembangan bangsa indonesia setelah menyelesaikan pendidikan. 

Beasiswa S1 Mitsui – Bussan akan diberikan selama jangka waktu 5 ½ tahun, yang dimulai dari bulan Oktober 2021 hingga Maret 2027. Dengan rincian selama 1 ½ (18 bulan) tahun untuk kursus bahasa Jepang yang dilaksanakan pada Tokyo Japanese Language Education Center of Independent Administrative Institution, Japan Student Services Organization, Tokyo, Jepang  dan 4 tahun (48 bulan) untuk studi S1 di Universitas. 

 CAKUPAN BEASISWA S1 MITSUI – BUSSAN

Beasiswa S1 Mitsui – Bussan memberikan bebas biaya pendidikan selama kamu berkuliah di Jepang, bersumber dari website resmi Mitsui – Bussan Scholarship penerima beasiswa juga akan menerima biaya hidup selama disana. 

Cakupan beasiswa S1 lainnya yang akan kamu peroleh jika kamu mendapat beasiswa Mitsui – Bussan, yakni:

  1. Tunjangan hidup sebesar JPY 145.000 (± 19 juta rupiah perbulan sepanjang program beasiswa berlangsung) 
  2. Tiket pesawat kelas ekonomi PP Indonesia – Jepang, pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa
  3. Tunjangan kedatangan senilai 50.000 yen (± 6,7 juta rupiah) yang diberikan setiba sampai di Jepang
  4. Gratis biaya kuliah termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang
  5. Tunjangan akomodasi
  • Untuk 1,5 tahun pertama selama kursus bahasa Jepang, penerima beasiswa akan tinggal di asrama Japanese Language Center. Penerima beasiswa pun akan menerima subsidi lodging sebesar 5.000 yen (± 650 ribu rupiah perbulan)
  • Saat menjalani masa perkuliahan, penerima beasiswa dapat tinggal di asrama, kos atau apartemen yang telah ditentukan oleh Mitsui – Bussan Scholarship. Kemudian penerima beasiswa S1 Mitsui – Bussan akan mendapat subsidi sejumlah 25.000 yen per bulan.

     6.Tunjangan buku sesuai kurikulum Japanese Language Center dan saat masa kuliah di universitas.

  1. Asuransi. Program beasiswa S1 Mitsui – Bussan akan mempersiapkan asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi penerbangan selama masa beasiswa. (Asuransi kesehatan nasional di Jepang ditanggung oleh penerima beasiswa).

 PROGRAM STUDI YANG DAPAT DIPILIH UNTUK BEASISWA S1 DI JEPANG

1. Program studi untuk beasiswa S1 bidang Sains dan Teknik (masa perkuliahan 4 tahun) yang meliputi:

  • Mathematics, Physics, Chemistry, Information & Computer Science, Biology, Biophysics & Biochemistry, Geology, Etc.
  • Civil Engineering, Architecture, Urban Engineering, Environmental Engineering, etc. Mechanical Engineering, Precision Engineering, etc.
  • Ship Building & Ocean Engineering, Aeronautics, etc.
  • Electrical Engineering, Electronics, Information & Communication Engineering, etc.
  • Metallurgy, Materials Science, etc.
  • Applied Chemistry, Chemical Engineering, etc.
  • Industrial Engineering, Factory & Production Management, Plan Management, etc.
  • Agricultural Engineering, Forest & Fishery Science, Agricultural Chemistry, Agro Biology, Food Engineering, etc.

2.Program studi untuk beasiswa S1 bidang Ilmu Sosial, Bisnis dan Niaga (masa perkuliahan 4 tahun) yang meliputi:

  • Civil Law, Public Law, Political Science, etc.
  • Economic Theory, Economic History, Economic Policy, etc.
  • Enterprise Management, Accounting, Commerce & Marketing, Finance, Insurance, Industrial Relations, Econometrics, International Economics, etc.
PERSYARATAN BEASISWA S1 MITSUI – BUSSAN

Adapun persyaratan dan dokumen yang harus kamu ketahui dan persiapkan sebelum kamu mendaftar program beasiswa S1 Mitsui – Bussan ini.

  1.  Merupakan Warga Negara Indonesia
  2.  Berusia kurang dari 20 tahun per tanggal 1 April 2021
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani masa beasiswa
  4. Telah lulus SMA, jurusan IPA atau IPS (Pelamar dari SMK atau SMA/MAN jurusan bahasa tidak dapat mendaftar bahasa ini)
  5.  Jurusan IPA, nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris minimal 80, nilai minimal dilihat pada dua semester terakhir
  6. Jurusan IPS, nilai Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Bahasa Inggris minimal 80, nilai minimal dilihat pada dua semester terakhir
  7. Bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan mendapatkan pendidikan di universitas dalam bahasa Jepang, sementara level skor JLPT (N1-N5) dianggap sebagai nilai plus.
  8. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki penyakit menular

Pendaftaran Beasiswa S1 Mitsui – Bussan 2021 dibuka hingga 19 Februari 2021. Untuk tahun ini, pendaftaran dilakukan full secara online dikarenakan jumlah pendaftar yang semakin meningkat di tahun – tahun sebelumnya. Berkas atau dokumen yang harus kamu persiapkan dan lengkapi untuk pendaftaran Beasiswa S1 Mitsui – Bussan.

  1. Untuk mendaftar beasiswa S1 silahkan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi https://www.mbkscholarship-id.com/ kemudian setelah mengisi formulir yang terdapat di laman resmi, fotocopy formulir pendaftaran dengan menyertakan nomor pendaftaran peserta (1 lembar)
  2. Pas foto 4×3 dari 6 bulan terakhir (2 lembar)
  3. Nilai rapor untuk semua semester dari kelas 10, 11 dan 12 yang telah dilegalisir. Notes: Jika nilai untuk kelas 12 semester 2 belum ada, maka hanya sampai semester 1 saja (1 lembar)
  4. Fotocopy nilai ujian akhir nasional, jika sudah ada (1 lembar)
  5. Surat rekomendasi yang dibuat oleh kepala sekolah dalam bahasa inggris (1 lembar)

Kemudian, semua berkas untuk pendaftaran beasiswa S1 yang sudah dikumpulkan tersebut diupload pada lama resmi https://www.mbkscholarship-id.com/ Seluruh berkas pendaftaran di atas harus sudah diterima oleh pihak panitia sebelum tanggal 19 Februari 2021.

Informasi layanan

Dalam membantu persiapan dokumen – dokumen untuk pendaftaran beasiswa S1, sangat membutuhkan legalisasi dokumen. Legalisasi dokumen itu sendiri guna untuk mengesahkan dokumen – dokumen, jika dalam bidang pendidikan seperti ijazah, sertifikat bahasa atau kebutuhan dokumen lainnya untuk melengkapi alur pendaftaran beasiswa.

Dengan berbagai kemudahan dan manfaat, Anda tidak perlu repot mengurus dokumen dan mengkhawatirkan dokumennya akan rusak/terbaca isinya dengan orang lain. Anda dapat daftarkan dan persiapkan dokumen yang sudah disebutkan di atas. Anda dapat juga berkonsultasi perihal hal lain dengan menghubungi kami.

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.