Beasiswa Turki – Middle East Technical University (METU) 2021

Beasiswa Turki – Middle East Technical University (METU) 2021

Beasiswa Turki – Middle East Technical University (METU) 2021

Turki merupakan salah satu negara yang menganut sistem pendidikan Eropa. Meskipun kualitas pendidikan di Turki tergolong sangat baik, tapi untuk biaya hidup dan biaya kuliah tergolong cukup rendah dibandingkan negara-negara dengan kualitas pendidikan yang sama. Turki juga terkenal dengan sejarah peradaban Islam serta sejarah masa-masa kerajaan Usmani. Selain itu, pemerintah Turki sangat terbuka kepada para pelajar internasional. Nah, salah satu universitas terbaik di Turki yakni Middle East Technical University (METU). Yuk kita bahas lebih dalam mengenai universitas dan beasiswa Turki ini.

 

Middle East Technical University (METU)

Dalam Bahasa Turki yakni ODTU (Orta Doğu Teknik Üniversitesi)  atau juga yang dikenal dengan METU (Middle East Technical University) adalah universitas milik pemerintah yang didirikan pada tahun 1956. METU  menampung lebih dari 1.500 mahasiswa asing dari 80 negara yang berbeda. METU memiliki 40 program S1 dalam 5 fakultas, 5 program pascasarjana dengan 97 program master dan 62 program doctoral yang dilengkapi kelas persiapan Bahasa Inggris.

Universitas ini juga mempunyai 13 program sarjana termasuk 1 program kelas internasional yang ditawarkan dalam bentuk kerjasama dengan kampus ODTU yang terletak di Cyprus Utara. Bahasa inggris menjadi Bahasa pengantar di semua program sarjana sehingga membuat METU berhasil dalam mengakomodasi keinginan dari mahasiswa internasional dan para peneliti. The Times Higher Education World Reputation Rankings 2014 yang diikuti oleh seluruh universitas dan institut pendidikan di dunia merilis METU masuk dalam jajaran 80 top universitas di dunia dan masuk dalam list “Most Reputable 100 Universities of the World

Fakultas teknik merupakan fakultas utama dan paling populer di METU, namun terdapat berbagai fakultas lain di universitas ini seperti fakultas arsitektur, ekonomi, ilmu administrasi, sains, sosial, dan pendidikan. Universitas ini kerap kali membuka program beasiswa untuk mahasiswa internasional loh termasuk Indonesia. 

 

Cakupan Beasiswa

METU memberikan beasiswa berupa pengurangan (50%) atau pembebasan (full) biaya kuliah untuk mahasiswa internasional sesuai dengan keberhasilan akademik mereka. Untuk mendapatkan beasiswa, kamu tidak perlu membuat aplikasi khusus. Setiap tahunnya, mahasiswa dievaluasi untuk mendapat pengurangan atau pembebasan biaya sesuai dengan keberhasilan akademis mereka. Mereka yang mendapatkan hak beasiswa ini akan diinformasikan melalui email.

 

Hubungi tim marketing kami di sini.

 

Persyaratan bagi Pelamar

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa dari universitas tersebut, perhatikan persyaratan berikut ini.

  1. Merupakan warga negara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warga negara Turki tidak dapat mendaftar).
  2. Sebelumnya tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.
  3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2021. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2021 juga bisa mendaftar.
  4. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.
  5. Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  6. Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

 

Dokumen Aplikasi yang Dibutuhkan

Kemudian, yang paling penting adalah persiapkan dokumen dari jauh – jauh hari. Jangan sampai ada yang tertinggal ya! Berikut dokumen yang dibutuhkan.

  1. Pas foto ukuran 4.5 x 6 cm, berwarna, dan diambil maksimal 6 bulan lalu
  2. Paspor
  3. Ijazah SMA dan terjemahan resminya. Apabila belum ada ijazah dapat disertakan surat keterangan lulus sementara
  4. Transkrip akademik dan terjemahan resminya
  5. Salah satu hasil ujian terstandarisasi, dengan minimal skor sebagai berikut:
    • American College Testing (ACT) minimal 27 untuk Kampus Ankara & minimal 25 untuk Kampus Northern Cyprus
    • SAT minimal 1200 untuk Kampus Ankara & minimal 1000 untuk Kampus Northern Cyprus
    • International AS and A Levels minimal AAB untuk Kampus Ankara & skor antara A* dan C untuk Kampus Northern Cyprus
    • International Baccalaureate (IB) minimal 33 untuk Kampus Ankara & minimal 28 untuk Kampus Northern Cyprus
    • Memiliki medali emas, perak, atau perunggu di International Science Olympiads.
    • BTEC – QCF Diploma minimal DDD untuk Kampus Ankara & minimal DMM untuk Kampus Northern Cyprus
    • Advanced Placement Test (AP) minimal 14 (5, 5, 4) untuk Kampus Ankara & minimal 12 (4, 4, 4) untuk Kampus Northern Cyprus
    • Hasil Ujian Nasional (UN) Indonesia minimal 53 atau 8.5 di SKHUN untuk Kampus Ankara & minimal 40 atau 6.5 di SKHUN untuk Kampus Northern Cyprus

Masa pendaftaran untuk program S1 di METU berlangsung pada tanggal 1 – 18 Juli 2021. Dan informasi selengkapnya dapat dilihat di: https://application.metu.edu.tr/ 

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Siapa yang nggak tertarik kuliah secara gratis di Turki dengan beasiswa yang ditawarkan tersebut? Yuk segera daftarkan diri kamu. Persiapkan segala dokumennya, untuk kebutuhan terjemahan kamu bisa menggunakan layanan jasa dari kami. Konsultasikan kebutuhan kamu dengan tim marketing kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275