Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Berkenalan Lebih Dalam Mengenai Fenomena Cosplay

Berbicara mengenai cosplay, hal satu ini merupakan sebuah fenomena yang berawal dari Jepang. Budaya Jepang yang semakin tersebar secara luas di dunia, membuat cosplay ini menjadi salah satu hal yang ikut berkembang dan digemari oleh banyak orang. Keunikan, kreatifitas, daya seni yang tertuang dalam cosplay tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sehingga tidak heran bahwa fenomena cosplay tersebut disukai oleh banyak orang terutama mereka generasi muda. 

Tetapi mungkin banyak masyarakat di luar sana yang belum memahami betul mengenai fenomena cosplay itu sendiri. Sehingga simak artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai fenomena cosplay!

cosplay

iStock

Apa itu Cosplay?

Dilansir dari Koranmemo.com, cosplay atau yang disebut kosupure oleh orang Jepang merupakan istilah bahasa Inggris buatan yang berasal dari gabungan dua kata “costume” dan “play”. Cosplay dapat diartikan sebagai sebuah hobi untuk mengenakan pakaian serta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan oleh tokoh-tokoh anime, manga, atau lainnya. Dengan kata lain, cosplay merupakan hobi seseorang untuk meniru suatu karakter tokoh yang mereka idolakan. Orang yang melakukan cosplay adalah seorang cosplayer

 

Beberapa Fakta Unik Cosplay

Kreativitas, keunikan, dan juga daya seni yang tertuang menjadikan sebuah daya tarik tersendiri mengenai cosplay. Berikut beberapa fakta unik lainnya mengenai cosplay yang bisa membuat Anda terpukau. 

1. Cosplayer itu Multi Talented

Cosplay tidak hanya sekedar menggunakan pakaian dan merias wajah menyesuaikan karakter tokoh yang kita gemari. Melainkan, menjadi seorang cosplayer juga harus terlibat dalam proses pembuatan pakaian, aksesoris, serta pendalaman karakter dan lainnya yang berkaitan. Sehingga nantinya dapat memberikan penampilan yang maksimal saat tampil. Mereka mengeluarkan effort terbesar mereka dimana harus mampu mendalami dunia seni peran hingga belajar untuk menghasilkan sebuah cosplay yang sesuai. 

2. Cosplayer memiliki bakat akting 

Menjadi seorang cosplayer harus mendalami peran tokoh tersebut agar memberikan penampilan terbaik dan sesuai dengan karakter yang mereka perankan. Saat berada di atas panggung, mereka harus menirukan karakter yang dipilihnya dari mimik wajah, gerakan, hingga intonasi dengan menampilkan beberapa potongan adegan yang dapat menginterpretasikan karakter tersebut. Membuat mereka tentu mempunyai bakat akting yang baik sebagai seorang cosplayer

3. Cosplay menjadikan Anda orang yang kreatif

Menjadi cosplayer membuat Anda dituntut untuk memiliki pemikiran kreatif. Anda akan belajar membuat kostum dan aksesoris yang beragam bahkan hal-hal kecil semua disiapkan sendiri meskipun kostum tersebut tampak sulit untuk dibuat. Namun, semua hal itu mereka lakukan untuk memberikan penampilan yang maksimal. 

4. Hobi yang menghasilkan uang

Menjadi cosplayer akan membuat Anda memiliki relasi yang besar. Anda dapat menjual pernak-pernik lucu yang berkaitan dengan cosplay kepada para cosplayer dan hal itu akan menghasilkan uang yang cukup besar. 

Event cosplay menjadi tempat Anda untuk mendapat penghasilan tersebut. Bukan hanya kepada para cosplayer saja melainkan juga kepada para pengunjung yang hadir di sana. Banyak sekali orang yang akan datang dan tentu tertarik dengan barang jualan Anda. Asalkan Anda mencoba terlebih dahulu, hobi tersebut bisa menjadi ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.

Kategori Cosplay

Berikut beberapa kategori cosplay yang disesuaikan dengan karakter tokoh:

1. Cosplay Anime / Manga

Jenis yang satu ini biasanya menirukan karakter dari Anime maupun Manga. Manhwa juga termasuk dalam kategori ini. 

2. Cosplay game 

Jenis yang satu ini biasanya menirukan karakter di game. Sehingga cosplayer akan membuat dirinya menjadi karakter yang biasa muncul dalam game. 

3. Cosplay Tokusatsu 

Kategori cosplay satu ini berasal dari karakter film tokusatsu seperti ultraman, kamenrider, power ranger, dan masih banyak lainnya yang biasa mereka tiru. 

4. Cosplay Gothic 

Kategori ini mengambil konsep gelap atau gothic untuk mereka tiru.

5. Cosplay dongeng

Beberapa costume play terkadang terinspirasi dari tokoh-tokoh heroik maupun dongeng daerah setempat untuk mereka contoh.

Event Cosplay di Jepang 

Di Jepang, banyak sekali acara-acara cosplay yang diadakan. Acara tersebut memiliki tingkat kehadiran yang tinggi karena memiliki atmosfer yang menyenangkan. Membuat tidak jarang banyak wisatawan yang rela untuk terbang ke Jepang hanya untuk menghadiri beragam event tersebut. Berikut beberapa event yang ada di Jepang dan bisa Anda kunjungi saat berlibur di sana:

1. Comiket 

Acara paling besar adalah Comiket yang merupakan singkatan dari “comic” dan “market”. Disini adalah surga bagi Anda yang menyukai anime dan manga. Akan banyak cosplayer yang datang ke sini untuk sekedar bertemu. Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak tenant yang menjual banyak merchandise handmade. Banyak cosplayer profesional yang juga membuka tenant unik di sini. 

Acara ini biasanya diadakan dua kali dalam setahun, yakni pada saat musim panas dan musim dingin. Sehingga bagi Anda yang ingin melihat acara ini, bisa memilih antara kedua waktu tersebut. 

2. Anime Japan

Acara besar lainnya yang bisa Anda hadiri adalah Anime Japan. Kegiatan ini tidak hanya untuk acara cosplay saja, melainkan juga menampilkan special effect dan teknologi seputar animasi. Biasanya acara ini berada di Tokyo International Exhibition Center. Event ini merupakan kombinasi dari Anime Contents Expo dan Tokyo International Anime Fair. Sehingga tentu akan banyak orang yang datang dengan kostum unik mereka. 

3. Jump Festa

Acara ini merupakan surga di mana manga dan anime baru dari antologi Jump ditayangkan. Jump Festa ini juga menjadi tempat berbagai perusahaan produksi game terkenal, sehingga acara ini menjadi tempat penampilan teaser, footage gameplay, serta konsep dari game-game keluaran terbaru mereka. Membuat banyak cosplayer menganggap event ini sebagai kesempatan bagus untuk berdandan sebagai karakter anime, manga, dan lainnya karena sesuai dengan tema acara tersebut. 

 

Jasa Penerjemah Mediamaz TS

Apabila Anda ingin pergi ke Jepang untuk merasakan euforia event cosplay tersebut secara langsung di negaranya. Namun, tidak paham mengenai bahasa dari dokumen perjalanan yang harus Anda siapkan? Mediamaz Translation Service hadir membawa solusi untuk Anda. Kami adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia.

Mediamaz Translation Service sejauh ini telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah atau non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

Layanan penerjemah kami sudah terjamin keabsahannya oleh SK Gubernur, Kemenkumham, dan bersertifikat resmi dari HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Selain itu, penerjemah tersumpah kami adalah mereka yang ahli dalam bidangnya. Mediamaz TS juga memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hasil penerjemah dokumen dari kami.

Tunggu apalagi? Jika Anda membutuhkan layanan jasa penerjemah tersumpah kami dapat segera mengunjungi situs resmi kami di sini atau menghubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003.

 

 

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *