Biaya Kuliah di Korea Selatan

Biaya Kuliah di Korea Selatan

Dunia musik dan entertainment bukanlah salah satu industri yang maju di Korea Selatan. Negara ginseng ini juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Setiap tahunnya, banyak pelajar dari seluruh dunia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan mereka disana.

Berapa biaya kuliah di Korea Selatan?

Kamu akan menemukan bahwa universitas mengenakan biaya berbeda tiap jenis program mereka dan juga bergantung pada jenis institusinya. Setiap universitas mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan sebesar £15 per bulan.

Faktor lain seperti jenis kursus yang ditawarkan, modul atau prestise program juga mempengaruhi biayanya. Berikut gambaran umum, berikut adalah kisaran biaya kuliah berdasarkan jenis institusi di Korea Selatan.

1.Universitas Swasta

Biaya kuliah per semester (dalam Poundsterling dan Rupiah)

£2100 – £4300 (program S1) – IDR 40 – 34 juta (Program S1)

£2600 – £5000 (program S2) – IDR 50 – 98 juta (Program S2)

2.Universitas Negeri dan Nasional

Biaya kuliah per semester (Dalam Poundsterling dan Rupiah)

£1400 – £3200 (program S1) – IDR 27 – 62 juta (program S1)

£1700 – £3600 (program S2) – IDR 33 – 70 juta (program S2)

Pada akhirnya biaya akan tergantung pada apa yang akan kamu pelajari, dan universitas serta kursus mana yang paling cocok bagi kamu. Pada umumnya, jurusan kedokteran memakan biaya yang lebih mahal dibanding sastra.

Biaya Hidup di Korea Selatan

Berapa biaya untuk tinggal di Korea Selatan pastinya sangat berbeda dari negara asal. Bagaimana perbandingan bergantung pada dari mana kamu berasal dan wilayah Korea Selatan mana yang akan kamu pilih.

Kasarnya, biaya hidup di Korea Selatan sebagai mahasiswa paling umum sebesar 300,000 – 400,000 won atau sekitar IDR 4-5 juta,

Tips Menghemat di korea Selatan

Ketika kamu ingin lanjut kuliah di Korea Selatan, pasti kamu akan merasa was – was dengan biaya kuliah serta biaya hidup selama disana. Ternyata ada nih tips menghemat selama kamu disana. Berikut tips menghemat di Korea Selatan.

1.Akomodasi

Terdapat beberapa pilihan tempat tinggal yang dapat kamu pertimbangkan jika kamu kuliah di Korea dan ingin berhidup hemat. Bagi pelajar Internasional, pilihan yang paling populer dan terjangkau adalah tinggal di asrama sekolah atau Goshiwons.

Goshiwons merupakan kamar yang sebagian besar dipertuntukkan bagi pelajar dan biasanya terletak di dekat universitas. Biasanya akan dikenakan biaya sekitar 260.000 KRW – 500.000 KRW (IDR 3,215,940 – 6,184,500), tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, fasilitas dan fitur ruangan. 

2.Makanan

Korea terkenal dengan kulinernya yang beragam, kamu bisa mendapatkan makanan hampir dimana saja dan kapan saja. Camilan kecil tapi mengenyangkan seperti kimbap, harganya hanya 1500-2000 KRW (IDR 18,553 – 24,738).

Makanan sederhana seperti bibimbap akan dikenakan biaya 5.000 – 7.000 KRW (IDR 61,845 – 86,583). Bahan makanan di Korea pun untuk sehari – hari juga cukup terjangkau.

3.Hiduplah seperti orang lokal

Sebagai pelajar internasional, janganlah menghabiskan uang seperti turis yang makan malam di kota setiap malam. Belanjalah di pasar lokal dan masaklah di rumah. Selain berhemat, ini juga dapat membantu kamu bertemu orang – orang baru, mempelajari resep baru dan menjelajahi daerah – daerah yang belum kamu kunjungi.

Sedangkan dalam hal transportasi, untuk sebagian besar lokal, transportasi umum adalah sarana termurah untuk bepergian. Pelajari kebiasaan – kebiasaan lokal dan kamu pasti dapat menghemat uang. 

Rekomendasi Universitas

Sebelum memutuskan melanjutkan pendidikan di Korea Selatan, tentu Anda harus tahu dulu gambaran biaya yang dibutuhkan ketika tinggal di sana. Jangan sampai nanti Anda malah keteteran ketika sudah tinggal di sana.

Pertama-tama, mari bahas soal biaya kuliah. Sebagai gambaran, kita pakai biaya kuliah di universitas top Korea Selatan.

Ada tiga universitas negeri yang terkemuka di Korea Selatan yang biasa disebut SKY, yakni Seoul  University, Korea University dan Yonsei University. Sedang universitas yang cukup terkenal dengan bidang studi teknik adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

Biaya kuliahnya bervariasi. Saat ini, biaya kuliah di Korea berkisar KRW 2,5 juta hingga KRW 7 juta per semester.

Jadi bagaimana tertarik untuk lanjut kuliah di Korea Selatan? dengan perkiraan besaran biaya hidup dan biaya kuliah yang akan kamu tanggung selama berada di Korea Selatan. Nggak usah khawatir juga, terdapat beasiswa untuk beberapa universitas di Korea,lho!

Dengan berbagai kemudahan dan manfaat, Anda tidak perlu repot mengurus raport, ijazah, serta dokumen pendukung kamu jika belum menggunakan bahasa yang sesuai untuk daftar ke universitas. Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan layanan ekspress yang Meggy miliki. Jangan panik dengan tenggat waktu, Meggy bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *