Budaya India & Festival Unik Yang Jarang Diketahui

Negara India merupakan bagian dari Asia Selatan yang memiliki budaya dan adat istiadat yang sangat beragam. Selain terkenal karena ragam budayanya, India juga terkenal karena hasil rempah-rempahnya yang melimpah ruah. Salah satu yang menjadi ikon wisata di India adalah Taj Mahal, Taj Mahal ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1983. Karena budaya India sangat beragam , maka hal inilah yang menjadi perhatian bagi dunia terutama bagi wisatawan asing yang menjadikan India sebagai destinasi wisata dan budaya pilihan mereka. 

Budaya India

via pixabay.com

India tercatat sebagai negara terbesar di dunia urutan ke-2 dengan populasi lebih dari 1,2 miliar orang yang tersebar di seluruh dunia. Tahukah anda negara India menjadi pemegang subscriber Youtube terbanyak di dunia dengan nama chanel “T-Series”? T-series mendapat banyak subscribe dengan jumlah 204 juta. Ada banyak hal menarik yang harus anda ketahui mengenai India dan kebudayaannya, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai budaya India kepada anda. Simak informasi dibawah ini

KARAKTERISTIK NEGARA INDIA

Ibukota negara India adalah New Delhi dengan 3 kota utama yaitu Mumbai, Kolkata dan Chennai. India menjadi negara urutan ke-2 dengan jumlah populasi terbanyak di dunia yaitu 1,2 milyar setelah China yang berada di urutan nomor 1 dengan jumlah populasi 1,4 milyar. Luas negara India mencapai 3.287.263 km dengan mayoritas penduduk memeluk agama Hindu. 

TENTANG BUDAYA INDIA

Selain terkenal karena budayanya yang unik, India juga memiliki sistem kasta dimana masyarakatnya dipandang menurut kasta mereka masing-masing. Sistem kasta yang membagi umat Hindu menjadi 4 kategori utama yaitu Brahma, Kstaria, Waisya dan Sudra namun ada kasta yang dikategorikan menjadi kasta paling rendah dibawah Sudra yaitu Dalit. Kasta di India sangat penting sebab hal itu menjadi modal utama bagi masyarakatnya dalam mencari pekerjaan.

Namun pada tahun 1950, Konstitusi Independen India mulai melarang diskriminasi berdasarkan kasta dalam rangka memperbaiki ketidakadilan hak manusia dan memberikan kesetaraan terhadap rakyat India akan hal tersebut. Pemerintah India pada saat itu juga mulai melakukan sejumlah kebijakan terkait kasta dengan membuka kesempatan bagi siapa saja tanpa memandang kasta untuk mendaftar pekerjaan, dan membuka kuota Pendidikan. 

Meskipun kebijakan mengenai kasta telah dikeluarkan pemerintah dan banyak mengalami perubahan, identitas dari sebuah kasta masih tetap berlaku bagi beberapa masyarakat dan untuk penggunaan nama belakang kasta pun hingga saat ini masih menjadi hal yang penting bagi sebagian masyarakat di India. 

Budaya India bisa menjadi beberapa gabungan budaya, seperti missal wilayah Utara dengan Selatan tidak sama dalam hal memasak, wilayah tersebut memiliki ciri khas makanan khas masing-masing. Berikut hal-hal unik yang harus anda ketahui mengenai budaya di India 

Salam “Namaste” 

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan salam khas India “Namaste” ? Namun tahukah anda salam India tersebut umumnya dilakukan oleh umat Hindu yang paling umum dilakukan untuk menyambut tamu atau digunakan untuk orang yang lebih tua. Cara salam Namaste adalah dengan mengangkat kedua telapak tangan secara bersamaan dengan posisi di bawah wajah, salam Namaste merupakan salam untuk menunjukkan rasa hormat terhadap orang lain atau sebagai salam menyambut tamu yang datang. 

Keluarga & Adat Pernikahan

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari https://www.commisceo-global.com/resources/country-guides/india-guide mengenai sistem keluarga di India, bahwa budaya patriarki di India masih berlaku hingga saat ini dimana seorang wanita di dalam keluarga harus patuh kepada suami, ayah, dan putranya dimana laki-laki menjadi kepala rumah tangga. Budaya di India terkenal akan perjodohan dan pernikahan dini dimana calon pengantin wanita biasanya dijodohkan dan harus mengikuti saran dari pihak keluarganya. 

Namun di era globalisasi ini, masyarakat kelas menengah yang hidup di wilayah perkotaan sudah mulai menjauhkan diri mereka dari sistem perjodohan dan memilih untuk fokus terhadap masa depan mereka masing-masing. Secara tradisi, anak laki-laki adalah pemegang warisan terpenting dan anak perempuan sebagai penerima mas kawin yang paling besar. Di dalam keluarga India biasanya mereka sering hidup berdampingan dalam satu rumah dengan diisi oleh tiga hingga empat generasi. 

Seni & Budaya India

India memiliki banyak sekali symbol kaligrafi yang ditulis dalam bahasa sansekerta dengan aksara Devanagari. Naskah-naskah tradisional tersebut biasanya banyak digunakan untuk hal keagamaan seperti yang terdapat di dalam kitab suci India. Kisah-kisah mengenai cerita dewa ditulis langsung oleh seniman yang khusus bekerja di istana raja. Kerajinan tangan yang terkenal di India adalah permadani, logam, perunggu, ukiran batu dan kayu, serta macam-macam perhiasannya. India terkenal akan tari tradisionalnya yang menjadi ciri khas di negara mereka, tidak hanya Indonesia saja yang memiliki ragam jenis tari tradisional yang berbeda di setiap daerah, India juga demikian. 

Ada beberapa tarian khas daerah India seperti tari Bharatanatyam yang berasal dari daerah Tamil Nadu, Kuchi Pudhi yang merupakan tarian khas Andra Pradesh dan tari Kathak yang menjadi tarian khas India dan Pakistan. Selain memiliki ragam tarian daerah, India juga memiliki instrument music tradisional yang disebut dengan sitar atau gitar India. Alat musik sitar memiliki 20 senar namun biasanya hanya 6 senar saja yang biasa dimainkan. Instrument music sitar populer digunakan dalam music agama Hindu dan negara India lainnya seperti Pakistan, Bangladesh. Sitar mendapat pengaruh dari kecapi Mesopotamia yang berasal dari Persia.

Budaya India : Pakaian Tradisional & Perhiasan

Menurut informasi dari people.howstuffworks.com pakaian tradisional India dipengaruhi oleh sejarah dan lokasi dimana mereka tinggal. Dhoti atau Lungi merupakan celana pendek yang umumnya digunakan untuk laki-laki yang berada di wilayah pedesaan dengan cuaca yang relatif panas. Untuk wilayah perkotaan biasanya laki-laki menggunakan kemeja sehingga anda tidak perlu heran ketika mengunjungi India dan menemukan banyak laki-laki yang senang menggunakan kemeja sebab pakaian tersebut cukup populer disana.

Untuk pakaian tradisional wanita mereka biasa menggunakan sari yang terbuat dari bahan sutra atau katun dengan panjang kainnya hingga 6,5 meter. Salwar kameez merupakan gamis khas India yang merupakan kemeja panjang hingga mencapai lutut yang terbuat dari bahan kain ringan yang umumnya digunakan oleh wanita yang tinggal di perkotaan. 

Baik pria hingga wanita gemar menggunakan perhiasan ke tubuh mereka mulai dari tangan hingga kaki. Yang menjadi ciri khas bagi orang India adalah bindi atau tanda yang ditempelkan di sekitar dahi. Secara filosofi, bindi memiliki makna dalam mempertahankan energi dan untuk memperkuat konsentrasi, bindi juga mewakili arti dari mata ketiga bagi manusia. 

Budaya India : Makanan

Karena India mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, maka mereka tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari binatang sapi sebab mereka memiliki kepercayaan bahwa sapi adalah binatang yang suci. Di dalam kasta India, orang yang berasal dari kasta rendah diperbolehkan memakan semua jenis daging kecuali daging sapi sedangkan orang-orang kasta tinggi India umumnya adalah vegetarian bahkan sebagian dari mereka tidak mengkonsumsi telur. 

Ada hal menarik yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi India, di India dianggap tidak sopan jika anda berbagi peralatan makan atau mengambil makanan dari piring orang lain. Jangan berkata “terima kasih” di akhir santapan anda kepada orang India tapi pujilah makanan anda karena hal tersebut menunjukkan sebuah penghargaan yang akan diterima baik terutama bagi orang memasak makanan yang anda makan. 

Festival Budaya India 

Tanggal 15 Agustus merupakan hari memperingati kemerdekaan India, ada beberapa festival penting di India yang juga menjadi incaran bagi wisatawan dunia. 2 Oktober merupakan hari perayaan Mahatma Gandhi dan festival Holi merupakan festival untuk menyambut musim semi. Festival Nag Panchami biasanya jatuh antara bulan Juli dan Agustus dimana festival unik ini berawal dari mitologi cerita rakyat India. 

Festival nag Panchami dilakukan dengan memberikan persembahan susu, manisan dan bunga untuk diberikan kepada patung ular yang terbuat dari bahan kayu, batu atau perak dan terkadang menggunakan ular asli dalam perayaannya. 

Festival unik yang selanjutnya adalah Ambucachi Hindu Mela yang dilaksanakan setiap bulan Juni selama musim hujan berlangsung. Festival ini dirayakan untuk menghormati Devi Kamakhya yang merupakan Ibu Shakti atau Ibu kekuatan India. Festival ini dilakukan untuk memperingati rasa syukur masyarakat India akan tanah yang subur. 

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai keunikan budaya yang ada di India, apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke India atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan budaya unik tersebut? sebelum memiliki plan ke India ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal. Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke India. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *