Bukan Cuma Kebab, Ini Dia Makanan Khas Turki yang Bisa Kamu Coba di Sana!

Bukan Cuma Kebab, Ini Dia Makanan Khas Turki yang Bisa Kamu Coba di Sana!

Ke Turki Cuma Makan Kebab? Nih, Mediamaz Kasih Tau Makanan Khas Turki Lainnya yang Bisa Medizen Cobain!

Makanan adalah suatu kebutuhan bagi seluruh makhluk hidup di dunia. Ini karena makanan adalah sumber energi serta gizi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak sekali makanan yang berasal dari mancanegara yang mungkin ingin sekali kamu cicipi rasanya. Makanan-makanan dari berbagai belahan dunia sebenarnya sudah tersedia di beberapa restoran yang terdapat di tanah air. Namun, apakah rasanya akan seotentik saat kamu mencobanya di negara asalnya? Tentunya, makanan khas dari negara lain yang telah terjual di dalam negeri rasanya telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Ini menjadikan rasa dari makanan tidak orisinil. Sama halnya seperti salah satu makanan khas Turki yaitu Kebab yang sudah dijual dimana-mana. Mungkin rasa dari kebab di Indonesia dan kebab yang kamu santap di Turki akan terasa berbeda. Oleh karena itu, jika kamu ingin menyicipi rasa makanan yang otentik sesuai dengan rasa aslinya, kamu bisa terbang ke negara asalnya!

makanan khas turki

By Unsplash

Membicarakan soal makanan, negara Turki adalah salah satu negara dengan makanan khas yang cukup melimpah. Bahkan, makanan merupakan sebuah budaya di negara tersebut dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Hidangan-hidangan yang berasal dari Turki terkenal karena berbagai resep dan ragam cita rasanya. Ciri khas makanan Turki adalah bahan-bahan segar, lokal, dan musiman.

Ciri Khas Makanan Turki

Pastinya setiap negara memiliki ciri atau karakteristik dari segi hidangan. Begitu pula dengan Turki, yang memiliki ciri khas makanannya. Makanan asal Turki biasanya dihidangkan pada acara-acara sosial. Saat acara-acara seperti acara keagamaan berlangsung, biasanya masyarakat Turki akan memberikannya kepada keluarga serta teman-teman. Makanan adalah sebuah tali yang menghubungkan erat persaudaraan dan hubungan bermasyarakat di Turki.

10 Makanan Asal Turki

Setelah mengetahui ciri khas makanan Turki, pastinya Medizen semakin tidak sabar untuk mengetahui apa saja sih makanan khas Turki yang bisa kamu coba saat berkunjung ke negara Kekaisaran Ottoman tersebut? Inilah daftarnya! Dijamin bikin ngiler! Simak baik-baik ya!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Italia

1. Kofta

By Pinterest

Makanan khas Turki yang pertama adalah Kofte. Kofte merupakan olahan daging khas Turki. Daging yang digunakan untuk membuat Kofta adalah daging sapi, ayam, dan kambing yang telah tergiling dan dibentuk seperti steak namun dengan ukuran yang lebih kecil. Saat mengolah Kofta, gilingan daging tersebut bercampur dengan bumbu dan rempah khas Turki yang membuat rasanya menjadi gurih dan pastinya lezat saat kamu menyantapnya. Orang Turki umumnya menghidangkan Kofta dengan nasi putih hangat dan salad serta siraman dari saus khas yang akan menambah kenikmatan rasa dari Kofta.

2. Manti

turki makanan

By Pinterest

Masih makanan yang berbahan dasar daging-dagingan. Inilah Manti, salah satu makanan khas Turki yang terbuat dari daging sapi ataupun domba dan terbungkus dengan kulit yang menyerupai pangsit. Setelah terbungkus, biasanya Manti akan dimasak dengan digoreng maupun direbus. Manti biasanya dihidangkan dengan siraman saus yang terbuat dari yoghurt. Saat kamu menyicipi Manti, kamu akan merasakan sensasi unik serta lezat dari makanan yang satu ini.

3. Simit

Free Close Up Photography of Bagels Stock Photo

By Pexels

Makanan khas Turki selanjutnya adalah Simit. Simit merupakan hidangan manis berbentuk cincin layaknya donat dengan taburan wijen di semua sisinya. Roti Simit ini adalah makanan yang bisa kamu santap saat waktu sarapan dan menjadi hidangan sarapan favorit di Turki. Simit sangat mudah kamu temui apabila berkunjung ke Republik Turkiye. Untuk penyajiannya, biasanya Simit akan dikombinasikan bersama sosis dan keju ataupun topping lainnya.

4. Pilav

By Pinterest

Pilav adalah salah satu makanan khas Turki yang terbuat dari beras. Hidangan ini ditumis dengan minyak atau mentega lalu diberi campuran rempah dan bumbu. Setelah itu, siraman kaldu akan dicampur lalu akan ditanak sampai matang. Selain itu, kacang polong juga bisa kamu campur dengan hidangan yang satu ini. Sekilas seperti nasi goreng, kan?

5. Lahmacun

makanan khas turki

By Pixabay

Makanan ini sekilas mirip dengan hidangan khas Italia yaitu Pizza. Sejatinya, Lahmacun juga terbuat dari roti yang tercampur dengan daging cincang setelah itu dipanggang dengan taburan topping di atasnya. Topping-topping tersebut antara lain seperti: tomat, bawang, daun peterseli, selada, acar, dan terong bakar. Tidak hanya itu, rempah-rempah juga akan diberikan ke hidangan yang satu ini, seperti: cabai rawit, paprika, kayu manis, dan jinten. Jika biasanya pizza kamu santap dengan memotongnya menjadi segitiga, berbeda dengan Lahmacun yang bisa kamu makan dengan cara di gulung menyerupai Kebab.

6. Pide

makanan khas turki

By Pexels

Hidangan yang satu ini juga mirip dengan Pizza. Sama seperti Lahmacun, Pide juga terbuat dari adonan roti. Namun, perbedaan antara keduanya ialah bentuk roti Pide yang memanjang lalu terlipat menyerupai daun dan pilihan topping yang lebih beragam. Pilihan-pilihan topping tersebut, antara lain: sosis, telur, daging sapi cincang, keju, sampai dengan sayur-sayuran. Pide biasanya disantap oleh masyarakat Turki untuk hidangan berbuka puasa.

7. Baklava

Foto gratis dari Pistachio baklava

By Pixabay

Baklava merupakan makanan khas atau pastry khas Turki. Ciri khas hidangan ini adalah tekstur lapisan-lapisan yang terlihat banyak. Bahan baku Baklava adalah kacang walnut dan pistachio lalu diberi pemanis seperti gula atau madu lalu dibungkus dengan adonan roti tipis. Karena rasanya yang manis, Baklava sangat cocok untuk kamu santap saat sore hari dengan temannya yaitu segelas teh hangat atau kopi.

8. Mercimek

makanan khas turki

By Pinterest

Hidangan yang satu ini merupakan makanan pembuka atau apptizer khas dari Turki. Mercimek merupakan sup yang terbuat dari kacang lentil kuning serta tambahan bumbu khas Turki dan biasanya penyajian Mercimek menggunakan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon dan potongan roti. Hidangan ini cocok sekali dinikmati saat udara sedang dingin.

9. Turkish Delight

Foto gratis dari Turkish delight Foto gratis dari Turkish delight

By Pixabay

Siapa yang tidak tau makanan khas Turki yang satu ini? Turkish Delight atau masyarakat Turkiye menyebutnya dengan Lokum merupakan makanan manis yang telah terkenal di banyak negara salah satunya Indonesia. Lokum terbuat dari tepung maizena dan tambahan gula halus lalu diberi perasan air jeruk lemon serta ekstra bunga mawar. Selain itu, Turkish Delight juga dapat menggunakan berbagai macam isian, seperti: kurma, hazelnut, walnut, pistachio, buah-buahan, kayu manis, jahe, dan lainnya.

10. Dondurma

turki makanan khas

By Pexels

Apakah Medizen sering melihat atau bahkan pernah membeli es krim Turki dengan penyajiannya yang unik karena atraksi dari penjualnya? Ya! Inilah Dondurma atau Es Krim khas Turki yang banyak sekali turis mancanegara buru saat bepergian ke Turki. Tidak hanya ingin merasakan kenikmatan rasa Dondurma, para pembeli juga ingin melihat atraksi yang penjual es krim ini pertontonkan saat menghidangkan es krim ini. Bahkan, Dondurma adalah es krim yang tidak cepat meleleh dan sangat elastis, loh! Ini karena bahan dasarnya menggunakan susu kambing dan Salep. Bukan salep untuk obat ya! Tetapi Salep yang dimaksud adalah akar tumbuhan anggrek liar.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Turki

Mau Cobain Hidangan Khas Turki Langsung di Negara Asalnya? Sini Mediamaz Bantuin!

Banyak sekali bukan makanan khas Turki yang bisa kamu cobain di negara Kekaisaran Ottoman atau Ustmaniyah tersebut? Kamu tertarik untuk berangkat ke Turki dan mencicip ke 10 makanan khasnya agar rasanya lebih otentik? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan kamu selama di Turki.

Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti passport, KTP, sertikat, dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Tunggu apalagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang ke Turki!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.