Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Cara Daftar dan Fakta Unik Universitas Cambridge

Universitas Cambridge merupakan universitas ternama yang ada di Inggris. Dan Inggris selalu menjadi negara sebagai destinasi studi paling favorit untuk banyak pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia. Daya tarik dari Inggris sebagai tempat tujuan studi karena oleh banyak faktor termasuk diantaranya tradisi akademik yang kuat, lingkungan yang sangat ramah bagi pelajar dan juga terhubung dengan negara lainnya di Eropa, durasi studi yang tergolong relatif lebih singkat daripada negara lainnya. Dan kualitas dari pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh berbagai universitas terbaik dunia di Inggris.

Berdasarkan dari daftar perguruan tinggi terbaik dunia pada Tahun 2023 oleh QS, Inggris memiliki 4 universitas terbaik yang berada deretan 10 besar universitas terbaik dunia, termasuk Universitas Cambridge yang saat ini menduduki peringkat ke-2 terbaik dunia dari QS 2023.

Untuk informasi menarik tentang apa saja yang perlu kamu ketahui dari Universitas Cambridge, berikut ini adalah ulasannya.

Letak Universitas Cambridge

Universitas Cambridge

Sumber: Pexels

Adapun dari letak Universitas Cambridge ini berlokasi pada Kota Cambridge itu sendiri. Salah satu kota tua Inggris yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kereta api dari London. Cambridge ini sendiri yang terkenal dengan bangunan bersejarah yang menghiasi penjuru kota (termasuk dari bangunan gedung Universitas Cambridge yang memang sudah berdiri pada tahun 1209), dan berbagai jenis museum menarik mulai dari Whipple Museum, Sedgwick Museum of Earth Sciences sampai Museum of Zoology dan lingkungan kota yang asri dan sangat tertata rapi.

Pelajar yang bersekolah di Universitas Cambridge ini bisa menikmati berbagai pengalaman unik dan juga menyenangkan di Kota Cambridge mulai dari mengunjungi berbagai toko buku yang legendaris terbesar Kota Cambridge hingga mengikuti tur Ghost Walk yang terkenal dan menelusuri banyak tempat bersejarah yang konon kabarnya berhantu pada kota ini.

Cara Daftar ke Universitas Cambridge

Kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Universitas  Cambridge?

Berikut ini merupakan garis besar prosedur pendaftaran universitas ini untuk jenjang Sarjana dan juga Pascasarjana.

Cara daftar ke Universitas Cambridge untuk jenjang Sarjana

Untuk calon mahasiswa jenjang S1, kamu bisa mendaftar ke Universitas Cambridge dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Memilih program yang kamu minati dari berbagai pilihan program studi yang ada.
  2. Pastikan kembali untuk persyaratan yang diminta oleh program studi yang diminati sebelum batas waktu pendaftaran ditutup. Sebagian dari program studi meminta calon mahasiswa mengikuti ujian masuk tertulis dari bagian proses aplikasi, dan sementara beberapa program studi lainnya meminta calon mahasiswa untuk menyertakan contoh tulisan.
  3. Memilih college, pada saat mengajukan berkas pendaftaran ke universitas ini pastinya kamu akan diminta untuk memilih salah satu dari 29 colleges yang tersedia di universitas ini yang akan menjadikan lokasi tempat tinggal selama berkuliah.
  4. Memasukan berkas pendaftaran melalui portal pendaftaran sebelum batas waktu pendaftaran habis. Dan terdapat setidaknya 2 hal yang harus kamu perhatikan pada tahapan ini:
  1. Dari beberapa program studi memiliki batas waktu pendaftaran dan juga formulir aplikasi pendaftaran yang berbeda.
  2. Kamu tidak boleh mendaftar ke universitas ini dan juga Oxford University pada tahun yang sama.
  3. Lalu, setelah melalui berbagai seleksi administrasi kamu akan diminta untuk mengikuti proses wawancara sebelum diterima menjadi mahasiswa di Universitas Cambridge.

Cara daftar ke Universitas Cambridge untuk jenjang Pascasarjana

Untuk calon mahasiswa dari jenjang pascasarjana, proses yang harus kamu lalui untuk mendaftar ke universitas ini juga kurang lebih sama antara lain sebagai berikut:

  1. Mencari tahu program studi yang kamu minati dari berbagai pilihan program studi yang ada.
  2. Mencari tahu batas waktu dari pendaftaran, baik batas waktu pendaftaran program studi maupun dari batas waktu pendaftaran beasiswa atau sumber pembiayaan lainnya.
  3. Memasukan berkas pendaftaran sesuai persyaratan ke dalam portal pendaftaran online yang tersedia.
  4. Harus menghubungi 2 orang referee yang akan memberikan rekomendasi akademis untuk mendukung dokumen pendaftaran ke universitas ini. Dan pihak universitas akan meminta pihak pemberi rekomendasi untuk bisa mengunggah surat rekomendasi secara langsung ke portal pendaftarannya.
  5. memilih college. pada saat kamu mendaftar, kamu bisa memilih sendiri salah satu college yang tersedia pada universitas ini atau meminta pihak universitas untuk memilih salah satu college yang sesuai.
  6. Harus mencari sumber pembiayaan. Kamu juga bisa mencodiba mencari ke alternatif sumber pembiayaan Universitas Cambridge melalui portal pendaftaran online.
  7. Pastinya harus membayar biaya dari pendaftaran. Setelah kamu melengkapi semua berkas pendaftaran dan dokumen pendukung yang diperlukan, kamu pasti diminta untuk membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu sebelum bisa memasukan berkas lamaran ke universitas ini.

Fakta Unik Universitas Cambridge

Tidak hanya kualitas pendidikan dan sejarahnya saja yang menjadikan daya tarik dari Universitas Cambridge ini. Ada beberapa fakta berikut ini yang buat kamu semakin ingin sekolah di universitas ini:

  1. Universitas ini menjadi lokasi syuting banyak film seperti The Theory of Everything, Sylvia dan The Caribbean. Dan total ada 71 film yang sudah dibuat di University of Cambridge
  2. Perpustakaan Cambridge yang mempunyai lebih dari 3 juta buka dari abad ke-13.
  3. Kampus yang sangat ramah dengan kucing.
  4. Mempunyai tradisi Panning, yaitu sebuah tradisi minum-minum dengan uang koin yang dilemparkan ke gelas. 
  5. Sangat terkenal sekali dengan teori gravitasi yang ditemukan oleh Sir Isaac Newton.

Apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar Universitas Cambridge mulai dari lokasi Universitas Bridge, hingga fakta unik tentang Universitas Bridge. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan Jepang). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu akan hal tersebut. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *