Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu dengan Cara Berikut!

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu dengan Cara Berikut!

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini telah membawa kita ke dalam era modernisasi. Keadaan ini membuat adanya perubahan di berbagai bidang, seperti bisnis, ekonomi, dan sektor pendidikan. Untuk menghadapi hal ini, ada baiknya kita membekali diri dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris. Dengan begitu, maka kita akan memiliki peluang lebih besar dalam memasuki dunia karir.

Walaupun saat ini penguasaan bahasa Inggris merupakan hal yang lumrah di antara masyarakat Indonesia, namun pada kenyataannya tak semua orang bisa menguasai bahasa asing ini loh. Banyak yang perlu mengambil kursus atau pelatihan tertentu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Padahal sebenarnya banyak cara yang lebih sederhana namun efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang bisa ditempuh. Berikut ini kami rangkumkan beberapa di antaranya:

1. Membaca

kemampuan bahasa asing

Source: Pinterest

Cara pertama yang efektif dalam mengasah kemampuan berbahasa Inggris mu adalah dengan banyak membaca literatur berbahasa Inggris. Misalnya apabila kamu gemar membaca berita atau gosip seputar dunia selebriti di koran dan majalah, kamu bisa beralih dengan membaca berita dari situs luar negeri. Atau jika kamu gemar membaca komik atau novel, kamu bisa menggantinya ke buku ataupun ebook yang berbahasa Inggris.

Tak masalah jika awalnya kamu merasa kesulitan dalam memahami apa yang kamu baca. Tak perlu sedikit-sedikit membuka kamus. Teruskan membaca hingga kamu sedikit demi sedikit memahami alur teks secara garis besar. Dengan begitu lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan struktur kalimat dan pemilihan katanya. Hanya butuh beberapa bulan saja untuk terbiasa dengan pola membaca seperti ini.

2. Mengamati

kemampuan bahasa asing

Source: Pinterest

Yang dimaksud ‘mengamati’ di sini tentu saja mengamati segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris di sekitar kamu. Misalnya jika kamu gemar menonton film, cobalah untuk mengamati tiap kata pada dialog yang ada tanpa sering melihat subtitle. Perhatikan dengan benar bentuk dari cara pengucapan yang ada, konteks percakapan, bahkan penggunaan beberapa frase tertentu yang diucapkan oleh para pemain film. Selain itu apabila kamu gemar mendengarkan lagu, cobalah cari tau arti dari lagu yang kamu dengar. Observasi seperti ini secara tidak langsung dapat memberikan kemudahan dalam memahami dan menambah pembendaharaan kosa kata guna meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

baca juga: Kegunaan Sertifikasi Penerjemah

3. Menulis

kemampuan bahasa asing

Source: Pinterest

Setelah banyak membaca literatur dan mengamati apa yang ada di sekitar, pemahamanmu akan bahasa Inggris tentunya akan lebih berkembang dari sebelumnya. Namun ini masih menjadikan kemampuan. bahasa Inggris yang kamu miliki kedalam kategori pengguna bahasa Inggris pasif. Untuk lebih meningkatkannya, cobalah berlatih menulis sesuatu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dengan menuliskan curhatan atau cerita keseharianmu menggunakan bahasa Inggris.

Tak masalah jika tata bahasa yang kamu miliki masih kacau. Yang terpenting adalah kamu bisa berlatih untuk membiasakan diri dalam menggunakan bahasa asing. Menuliskan kosakata yang baru kamu kenal adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menghapalnya. Dengan menuliskan rangkaian kalimat dalam bahasa Inggris, maka kamu akan jadi lebih mudah mengevaluasi kesalahan pada tata bahasa yang kamu miliki.

4. Praktek Berbicara

Source: Pinterest

Memiliki tata bahasa yang bagus tak akan ada artinya jika kamu tidak pernah melibatkannya ke dalam percakapan sehari-hari. Karena tujuan dari bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka kamu harus belajar untuk mengkomunikasikan maksud yang kamu miliki secara lisan dalam bahasa Inggris. Kuncinya adalah berusaha agar orang lain mengerti apa yang akan kamu sampaikan terlebih dahulu. Setelah terbiasa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, maka secara otomatis nantinya kamu akan belajar untuk memperbaiki tata bahasa yang kamu gunakan dalam berbicara.

baca juga: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Ikuti Bootcamp Penerjemah di Mediamaz

Jika kamu ingin lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, yuk ikuti Bootcamp Penerjemah di Mediamaz! Nantinya kamu akan diajarkan untuk menjadi seorang penerjemah yang berkompeten, profesional, dan bersertifikat. Pendaftaran batch 1 bootcamp telah dibuka pada tanggal 15 Agustus – 15 September 2022. Dapatkan potongan harga sebesar 15% dan mulai karirmu sebagai seorang penerjemah! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.