Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Cara Menjadi Penerjemah Freelance Terbaru 2023

Bekerja sekarang ini tidak hanya harus datang ke kantor saja, melainkan dari mana pun kita dapat melakukan pekerjaan. Termasuk dengan para pekerja freelance, mereka adalah para pekerja lepas yang tidak terikat dengan suatu perusahaan sehingga waktu serta tempat kerja dapat mereka atur sendiri. Banyak bidang pekerjaan yang sekarang ini terbuka untuk para pekerja freelance. Profesi penerjemah merupakan salah satunya. Intip di bawah ini mengenai cara menjadi penerjemah freelance!

Profesi Penerjemah

penerjemah

iStock

Penerjemah adalah mereka yang bekerja untuk menafsirkan suatu bahasa baik itu lisan atau tulisan ke dalam bahasa lainnya. Menjadi seorang penerjemah bukanlah sebuah profesi yang mudah. Pada dasarnya mereka perlu menguasai dua bahasa yaitu bahasa sumber dan bahasa sasaran serta mempertaruhkan hasil terjemahan mereka dengan isi dan makna dari dokumen terjemahannya. 

Tanggung Jawab Penerjemah

Sebelum mendalami tentang cara menjadi penerjemah freelance, Anda harus memahami terlebih dahulu tanggung jawab dari seorang penerjemah. Tanggung jawab tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Harus membuat terjemahan yang akurat. 
  2. Menulis dan memeriksa hasil ejaan dari terjemahan agar mudah untuk pembaca pahami.
  3. Menjaga rahasia klien dengan baik. 
  4. Memiliki komitmen untuk memastikan hasil terjemahan dan ketepatan waktu pengerjaan. 
  5. Berkonsultasi dengan seorang profesional yang ahli dalam bidang tertentu jika memerlukan informasi atau saran dalam proses terjemahan. 
  6. Berkomunikasi dengan editor untuk memastikan bahwa hasil terjemahan sudah sesuai dengan makna aslinya. 

Bekerja di bidang penerjemah memiliki pekerjaan yang cukup beragam, sektor bisnis, pendidikan, medis, pemerintahan, dan yang lainnya merupakan cakupan yang bisa terjangkau oleh seorang penerjemah. Kemajuan teknologi sekarang ini semakin mempermudah banyak bidang pekerjaan termasuk dalam bidang penerjemahan. Hal ini membuat pekerjaan penerjemah bukan hanya dari kantor saja tetapi dapat dari mana saja. Namun, kembali lagi bahwa mereka akan mendapatkan fleksibilitas untuk memilih pekerjaan yang cocok untuk mereka atau mendapat pekerjaan sampingan dengan menjadi penerjemah freelance.

Syarat Menjadi Penerjemah di Indonesia

Setelah mengetahui mengenai tanggung jawab dari seorang penerjemah, ada baiknya untuk memahami juga syarat-syarat menjadi seorang penerjemah di Indonesia. Berdasarkan permenkumham 4/2019 Pasal 4 Ayat (1), terdapat 8 syarat menjadi penerjemah di Indonesia. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  2. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia);
  3. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945; 
  4. Berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di Kantor Kedutaan/Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; 
  5. Sehat secara jasmani dan rohani; 
  6. Telah lulus ujian kualifikasi penerjemah yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang dibentuk oleh Organisasi Profesi atau Perguruan Tinggi; 
  7. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; dan 
  8. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat atau tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap. 

Menjadi seorang penerjemah tersumpah harus melakukan ujian sertifikasi dan lulus dengan nilai 80-100 (Grade A). Sesuai dengan poin ke-enam, maka calon penerjemah harus mengikuti ujian kualifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang menjalin kerja sama dengan Organisasi Profesi seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) atau Perguruan Tinggi UI (Universitas Indonesia). 

Cara Menjadi Penerjemah Freelance

Menjadi seorang penerjemah freelance sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari kerja sampingan serta ingin lepas dari suasana kantor. Simak cara di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjutnya!

  • Memiliki kemampuan berbahasa yang baik

Kemampuan pertama yang harus seorang penerjemah miliki tentu kemampuan berbahasa yang baik. Anda harus fasih dalam berbahasa asing dan pastikan bahwa Anda sudah benar-benar lancar menguasai bahasa tersebut. Sebab, menjadi seorang penerjemah wajib untuk menguasai sumber dan bahasa sasaran.

Selain itu, Anda juga harus menguasai dan memahami kosa kata serta tata bahasa dan kebudayaan setempat agar hasil penerjemahan memiliki makna yang sama dengan pesan yang ingin penerjemah sampaikan. Dalam hal ini, seorang penerjemah juga harus memiliki kemampuan menulis dan membaca yang baik karena mereka harus membaca keseluruhan isi pesan sebelum melakukan penerjemahan dan menulis penerjemahan tersebut dalam bahasa sasarannya. 

  • Memiliki sertifikasi penerjemah

Pada dasarnya menjadi seorang penerjemah tidak perlu memiliki sertifikasi asalkan mereka cukup kredibel dan menguasai bidang penerjemahan. Namun, dengan mereka memiliki sertifikasi atau akreditasi tentu akan semakin meningkatkan kualitas Anda sebagai penerjemah. Klien pun akan mempertimbangkan kredibilitas Anda jika memiliki sertifikasi yang sah menyatakan bahwa Anda adalah seorang penerjemah profesional. 

  • Memfokuskan jenis terjemahan

Setelah Anda menguasai bahasa asing, Anda juga harus memahami jenis terjemahan apa yang Anda secara pribadi kuasai. Anda dapat secara spesifik menargetkan jenis terjemahan Anda pribadi, apakah itu bisnis, film, komik, promosi, dan lainnya. Melakukan spesifikasi jenis penerjemahan akan membuat Anda terlihat kredibel di mata klien. 

  • Memasarkan jasa terjemahan

Setelah menguasai kemampuan berbahasa serta terjemahan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasarkan jasa yang Anda sediakan kepada klien. Bekerja menjadi seorang freelancer berarti Anda tidak terikat dalam suatu perusahaan. Sehingga, Anda sendiri yang harus memasarkan jasa tersebut, Anda dapat memasarkan jasa penerjemahan Anda kepada platform yang menawarkan jasa pekerjaan freelance

Mediamaz Translation Service di sini menjadi salah satu agensi penerjemah yang menyediakan jasa penerjemah freelance. Sehingga bagi Anda yang berminat bisa segera bergabung dengan kami!

Keuntungan Penerjemah Freelance di Mediamaz 

Mengenai keuntungan jika Anda bergabung dengan Mediamaz sebagai penerjemah freelance, Mediamaz TS memiliki kelebihan dari platform freelance lainnya sebagai berikut:

  1. Memiliki tim quality control sendiri yang akan menjamin kualitas serta garansi kepada klien. 
  2. Setiap penerjemah yang bergabung, sudah menjalani tes dari perusahaan sehingga sudah pasti bersertifikat. 
  3. Jika klien memiliki proyek besar, kami akan membentuk tim konsultasi untuk membantu menyelesaikan proyek tersebut.

Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS

Mungkin tidak terlalu dibahas bahwa menjadi penerjemah freelance tidaklah hanya mereka dari lulusan sastra saja. Melainkan siapa saja bisa bekerja di bidang ini. Namun bagaimana caranya bekerja di bidang penerjemahan tetapi tidak memiliki ilmu dasar akan hal tersebut?

Program kelas penerjemah atau bootcamp penerjemah adalah solusi akan hal tersebut. Program bootcamp merupakan sebuah kelas insentif yang tersedia untuk mempersiapkan Anda menjadi seorang penerjemah. Kelas pelatihan yang berlangsung selama 2 bulan dengan total 16 kali pertemuan bersama para mentor-mentor berpengalaman akan membantu Anda mencapai impian tersebut. 

Terdapat beberapa program kelas penerjemah yang Mediamaz TS buka, di antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kelas Penerjemahan Bahasa Inggris 
  2. Kelas Penerjemahan Bahasa Jepang 
  3. Kelas Penerjemahan Bahasa Arab 
  4. Kelas Penerjemahan Bahasa Mandarin 
  5. Kelas Penerjemahan Bahasa Korea

Jika Anda berminat untuk bergabung dalam salah satu program bootcamp di Mediamaz, program ini dibuka dengan harga yang terjangkau. Setiap kelas memiliki harga mulai dari Rp2.000.000 dan akan ada banyak promo serta harga eksklusif yang bisa Anda dapatkan.

Segera Bergabung dengan Kami!

Mediamaz menjadi salah satu agensi yang menyediakan jasa penerjemah freelance, bagi Anda yang tertarik dapat segera daftarkan diri Anda karena Mediamaz sedang membuka lowongan jasa penerjemah freelance. Namun, bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan berbahasa Anda sebelum bekerja di bidang penerjemah. Bootcamp penerjemah Mediamaz menjadi salah satu solusi bagi Anda. Mediamaz menjadi satu-satunya agensi yang menyediakan kelas penerjemahan. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan bergabung bersama Mediamaz.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan kami untuk menjadi penerjemah freelance! Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi WhatsApp  082123335003 atau cek website kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *