Menjadi Penerjemah Online: Profesi Menjanjikan yang Selalu Dibutuhkan!

Menjadi Penerjemah Online: Profesi Menjanjikan yang Selalu Dibutuhkan!

Bidang penerjemah merupakan salah satu industri yang tidak akan pernah mati. Selalu akan ada pihak yang membutuhkan jasa menerjemahkan dokumen dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Terkait hal tersebut, hanya seorang penerjemahlah yang dapat menjembatani adanya permasalahan tersebut. Kini di era digitalisasi yang serba canggih, muncul istilah penerjemah online. Sebenarnya pengertian istilah penerjemah online tidak jauh berbeda dengan penerjemah pada umumnya. Pembeda diantara keduanya hanya terletak pada platform yang digunakan. Lantas bagaimana cara menjadi penerjemah online? Simak ulasan selengkapnya!

menjadi penerjemah online

Source: Pinterest

Cara Menjadi Penerjemah Online

Secara sederhana, profesi seorang penerjemah tidak hanya sekedar mengganti teks, melainkan menyampaikan informasi dalam teks menggunakan pilihan kata yang tepat. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi penerjemah online:

1. Memiliki Kemampuan Berbahasa yang Baik

Memiliki kemampuan berbahasa yang baik adalah syarat utama untuk menjadi seorang penerjemah. Dalam hal ini kamu harus fasih dalam menguasai bahasa asing hingga benar-benar lancar. Selain itu poin penting lainnya adalah menguasai kosa kata, tata Bahasa dan ketangkasan dalam menjelaskan makna yang dimaksudkan secara akurat dan tepat. Jika semuanya sudah bisa kamu kuasai, maka kamu bisa menjadi penerjemah yang hebat,

2. Memiliki Sertifikasi Bahasa Asing

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk dapat menjadi seorang penerjemah ialah memiliki sertifikasi bahasa asing. Kamu bisa mengambil kursus Bahasa untuk mempelajarinya secara menyeluruh. Hal ini tentu bermanfaat untuk mu dalam mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi ini kemudian dapat membuat kesan profesional terhadap dirimu. Kamu hanya perlu mencari lembaga ataupun tempat kursus mana yang menyediakan layanan sertifikasi terbaik.

Baca juga: Jasa Interpreter Bahasa

3. Fokus Pada Jenis Terjemahan

Jika kamu sudah memiliki kemampuan menguasai bahasa asing dengan baik, kamu bisa mulai menargetkan industri apa yang ingin kamu tuju. Menguasai Bahasa asing tertentu tidak selalu berarti kamu akan memahami terminologi relevan yang akan kamu artikan suatu saat nanti. Jadi pastikan kamu menambahkan fokus tambahan untuk peristilahan pada industri tertentu. Sebagai contoh, kamu telah memikirkan untuk mempelajari kata-kata yang ada dalam industri medis dan obat-obatan, bisnis, pemerintahan, ekonomi ataupun edukasi.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Kamu bisa mencari kursus untuk mempelajari kerjaan pada bidang yang spesifik. Sebagai contoh ada banyak kursus untuk medis Indonesia dan sumber yang tersedia. Kamu bisa mengambil kursus online sendiri atau mempelajari buku relevan. Jika kamu sudah mempelajarinya, buatlah catatan dan daftar kata-kata penting yang bisa kamu baca ulang kapanpun. Namun jika kamu ingin studi yang lebih intensif, cari guru les privat yang bisa memberikan kursus kepadamu. Dengan demikian mungkin saja mereka bisa menyediakan training spesial agar kamu dapat mempelajari kosa kata khusus.

4. Memperbanyak Pengalaman

Segala sesuatu harus kita mulai dari suatu tempat. Semakin cepat kamu memperbanyak pengalaman, semakin cepat pula kamu juga akan menemukan klien yang tepat. Tidak ada satupun orang yang terlahir sebagai seorang penerjemah yang hebat. Oleh karenanya kamu harus mulai membiasakan dirimu untuk melatih skill penerjemahan yang kamu miliki sesering yang kamu mampu. Jika sudah lebih percaya diri, kamu bisa mulai mencari lowongan kerja. Pada awalnya akan susah, namun Anda bisa selalu menjadi volunteer pada projek tertentu untuk membangun portfolio dan testimonial.

5. Memanfaatkan Platform Digital

Bagi kamu yang memang berminat untuk menjadi penerjemah, kamu bisa memulai karirmu dengan memanfaatkan platform digital yang ada. Keberadaan platform digital ini akan sangat memudahkanmu untuk mencari pengalaman dan menjadikannya sebagai batu loncatan dalam memulai karir. Jangan bingung dan risau, saat ini terdapat sebuah agensi perusahaan penyedia layanan penerjemah bernama Mediamaz Translation Service yang menyediakan jasa penerjemah freelance yang dapat membantu kamu untuk menjadi penerjemah online.

Baca juga: Tips Mencari Jasa Penerjemah Resmi dan Tersumpah

Menjadi Penerjemah Online di Mediamaz

Mediamaz Translation Service memiliki kelebihan dari platfrom freelance lainnya, antara lain:

  1. Jika klien memiliki projek besar, kami akan membentuk tim konsultasi untuk membantu menyelesaikan projek tersebut.
  2. Kami memiliki tim Quality Control sendiri yang akan menjamin kualitas serta garansi kepada klien.
  3. Setiap penerjemah yang bergabung, sudah menjalani tes dari perusahaan sehingga sudah pasti bersetifikat.

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu untuk menjadi penerjemah online bersama kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.