Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Memulai Karier Menjadi Translator

Di era globalisasi seperti saat ini, bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang bahkan Korea merupakan salah satu yang penting dan harus dikuasai sebagai media komunikasi baik lisan maupun tulisan. Tetapi, tidak semua orang bisa berbahasa asing, maka dari itu banyak yang membutuhkan jasa dari translator untuk membantu menerjemahkan. 

Profesi di bidang penerjemahan ini cukup menjanjikan dan selalu dibutuhkan. Bahkan, menjadi translator merupakan salah satu profesi yang diincar oleh para lulusan bahasa asing dan banyak orang. Nah, jika Anda penasaran bagaimana menjadi translator, berikut adalah penjelasan dari Mediamaz untuk Anda. Simak sampai selesai ya!

Apa itu Profesi Translator?

menjadi translator

iStock

Translator adalah seseorang atau penyedia layanan jasa yang bertugas menerjemahkan berbagai dokumen dari bahasa sumber ke bahasa target. Selain itu translator juga harus mampu mamahami konteks dan budaya dari kedua bahasa agar menghasilkan terjemahan yang akurat, jelas dan natural.

Translator terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Penerjemah Tersumpah dan Penerjemah Biasa. Jika Anda ingin mengetahui perbedaan kedua jenis translator ini, Anda dapat membacanya di Artikel Mediamaz.

Kemampuan yang Harus Translator Miliki

Menjadi translator termasuk pekerjaan yang tidak mudah karena bukan hanya mengandalkan kemampuan berbahasa asing saja. Berikut kemampuan yang harus dimiliki jika Anda ingin menjadi translator:

  • Bahasa

Seorang translator harus mampu menguasai setidaknya dua bahasa dengan baik dan benar, yaitu bahasa sumber dan bahasa target. Selain itu, translator juga harus mampu memahami kosakata dan idiom yang khas dari kedua bahasa.

  • Keterampilan Penerjemahan

Menjadi translator harus mampu melakukan penerjemahan secara baik dan akurat. Ini dapat meliputi kemampuan menguasai terminologi teknis atau istilah khusus yang digunakan pada konteks tertentu.

  • Pengetahuan Bidang Tertentu

Beberapa klien kebanyakan memerlukan penerjemah ahli dalam bidang tertentu, seperti hukum, keuangan, teknik atau medis. Maka dari itu, translator harus memiliki pengetahuan yang memadai dari salah satu bidang spesifikasi.

  • Kemampuan Membaca dan Menulis

Untuk menjadi translator juga harus mampu membaca dan menulis dengan baik dalam bahasa sumber dan bahasa target. Kemampuan membaca dan menulis yang tepat akan membantu translator untuk memahami konteks dan menghasilkan penerjemahan yang akurat.

  • Kemampuan Berpikir Analitis

Kemampuan penting yang translator miliki ini akan translator gunakan dalam menafsirkan teks, seperti memahami konteks, tujuan dan audiens dari teks yang translator terjemahkan.

  • Kemampuan Komunikasi

Menjadi Translator juga memerlukan kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan klien dan rekan kerja. Hal ini meliputi kemampuan untuk menanyakan pertanyaan yang tepat dan memberikan jawaban yang jelas.

  • Keahlian Manajemen Waktu

Translator juga mesti memiliki kemampuan dalam mengelola waktu dengan baik sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang telah ditetapkan.

Lowongan Kerja Translator Mediamaz TS

Mediamaz Translation service merupakan agensi jasa penerjemah tersumpah, legalisasi dan interpreter fokus terhadap industri pendidikan membantu menghantarkan para pelajar untuk meraih mimpi tinggi. Bahasa yang bisa Anda terjemahkan pun beragam ada bahasa Inggris, Mandarin, Arab, Korea, dan lain-lain. Mediamaz TS melayani jasa di bidang pendidikan, hukum, bisnis, pemerintahan serta keuangan. 

Jika Anda tertarik menjadi translator dan ingin bergabung menjadi bagian dari Mediamaz TS, berikut informasi kualifikasi translator yang dibutuhkan:

Kualifikasi Translator Mediamaz TS 

  1. Membaca atau mendengarkan materi dalam satu bahasa, memastikan pemahaman tentang makna dan konteks materi tersebut. Selanjutnya mengubah menjadi bahasa kedua, dengan memastikan untuk mempertahankan makna aslinya.
  2. Menerjemahkan surat & dokumen dalam situasi real time
  3. Menerjemahkan berbagai dokumen termasuk materi sastra, hukum, penelitian, teknis, ilmiah, pendidikan, dan komersial.
  4. Berkonsultasi dengan ahli materi pelajaran dan kolega lain untuk memahami konsep spesialisasi dan menerjemahkannya dengan tepat.
  5. Dapat berspesialisasi dalam industri tertentu di mana ia memiliki relevansi.

Untuk informasi detail lowongan kerja translator, Anda dapat melihatnya di sini.

Cara Meningkatkan Kemampuan Sebagai Translator

Apabila Anda ingin berkarier menjadi translator, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan sebagai translator:

  1. Peningkatan kemampuan bahasa, dengan belajar dan memperdalam bahasa-bahasa yang ingin dipelajari, translator dapat meningkatkan kemampuan bahasa mereka.
  2. Meningkatkan pemahaman tentang budaya, memahami budaya dari bahasa sumber dan bahasa target sangat penting untuk dapat menghasilkan terjemahan yang akurat dan natural.
  3. Membaca banyak materi dalam bahasa asli, dengan membaca banyak materi dalam bahasa asli dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang bahasa dan budaya serta membantu meningkatkan kosakata dan keterampilan menulis.
  4. Mengikuti pelatihan dan kursus, dengan mengikuti pelatihan dan kursus dapat membantu meningkatkan kemampuan sebagai translator, baik dalam hal keterampilan bahasa maupun pengetahuan budaya.
  5. Berlatih dengan memperbanyak terjemahan, dengan latihan memperbanyak terjemahan dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam menerjemahkan, translator juga dapat memperdalam keterampilan bahasa dan memperbaiki struktur kalimat.

Program Bootcamp Penerjemah Mediamaz

Mediamaz Translation Service saat ini sedang membuka pelatihan bagi Anda yang ingin mewujudkan mimpi Anda menjadi seorang penerjemah. Program tersebut merupakan Bootcamp Penerjemah Mediamaz TS.  Bootcamp Translator adalah pelatihan bagi Anda yang ingin menjadi penerjemah profesional dengan bimbingan langsung dari tim pengajar yang terdiri dari Penerjemah Tersumpah, Penerjemah Senior, dan Dosen Perguruan Tinggi Negeri Ternama di Indonesia. Bootcamp ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta untuk menunjang karier penerjemah Anda. Pelatihan ini menjadi jembatan untuk Anda memulai karier sebagai seorang translator dalam waktu yang singkat.

Berikut adalah program Bootcamp penerjemah Mediamaz TS yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda :

  1. Kelas Penerjemah Bahasa Inggris
  2. Kelas Penerjemah Bahasa Jepang
  3. Kelas Penerjemah Bahasa Arab
  4. Kelas Penerjemah Bahasa Mandarin
  5. Kelas Penerjemah Bahasa Korea

Siapa pun dapat mengikuti program ini baik itu pemula, pelajar, mahasiswa, sampai profesional dapat mengikuti bootcamp penerjemah Mediamaz TS.

Semua program ini pun akan berlangsung secara daring dan mendapatkan modul terlengkap yang bisa Anda akses dan review secara berulang dengan pembagian sebagai berikut:

  • Hari Senin dan Rabu (2x per minggu)
  • Pukul 19.00 – 20.30 WIB
  • Total 16x pertemuan

Baca Juga:

Translator Bootcamp – Mediamaz Translation Service

Rincian biaya Bootcamp Penerjemah di Mediamaz

Jika Anda berminat untuk mengikuti serangkaian program bootcamp penerjemah dari Mediamaz TS, tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal. Program ini menyediakan 4 kelas berbeda, yakni untuk menjadi penerjemah Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Arab. Setiap kelas memiliki biaya mulai dari Rp2.000.000 dan akan ada banyak promo serta harga eksklusif yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini rincian biaya yang Anda butuhkan untuk mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz TS.

Yuk Segera Daftarkan Diri Anda Pada Bootcamp Penerjemah !

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz. Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama. Sehingga, Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda para calon translator yang akan kursus di bootcamp penerjemah Mediamaz TS. Untuk informasi selengkapnya, hubungi WhatsApp 082123335003 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *