Cara Mudah Legalisasi Dokumen di Kemenag Terbaru 2022!

Cara Mudah Legalisasi Dokumen di Kemenag Terbaru 2022!

Kebutuhan untuk pengesahan suatu dokumen biasanya membutuhkan proses legalisasi dari lembaga-lembaga resmi seperti Kemenlu, Kemenkumham, dan Kemenag. Lalu, Apa itu proses legalisasi? dan Bagaimana proses legalisasi tersebut? Simak artikel selengkapnya!

legalisasi kemenag

source: freepik

 

Pengertian Legalisasi

Dilansir dari laman kemenlu, Legalisasi adalah proses pengesahan terhadap suatu dokumen dan hanya dilakukan terhadap tanda tangan dan tidak mencakup kebenaran isi dokumen. Proses legalisasi hanya merupakan pengesahan atas tanda tangan dan stempel/segel dan bukan atas isi dokumen sehingga, semua yang menyangkut kebenaran isi dokumen bukan tanggung jawab lembaga terkait.

Dokumen yang biasanya memerlukan legalisasi bermacam-macam mulai dari akta kelahiran, sertifikat, surat nikah, surat pernyataan, atau dokumen lain yang memerlukan proses legalisasi. Penggunaan dokumen untuk legalisasi tersebut biasanya untuk kepentingan klien baik itu bekerja, tinggal atau bahkan menjadi siswa di negara tujuan.

Kepentingan dari Legalisasi

Kepentingan adanya proses legalisasi adalah untuk mengesahkan tanda tangan pejabat yang berwenang, sticker, dan/atau stempel resmi pada suatu dokumen pemohon berdasarkan verifikasi tanda tangan, sticker dan/atau stempel dengan suatu instansi atau lembaga-lembaga terkait seperti Kemenlu, Kemenag, dan Kemenkumham. Jenis dokumen yang memerlukan proses legalisasi tersebut ialah antara lain :

1. Dokumen Indonesia yang memiliki keperluan untuk penggunaan di luar negeri.

2. Dokumen asing yang memiliki keguaan untuk keperluan di Indonesia perlu adanya legalisasi oleh instansi yang berwenang. 

Bagaimana Proses Legalisasi di Kementrian Agama (Kemenag) ?

Kementrian Agama adalah kementrian yang berwenang untuk menaungi berbagai bentuk urusan keagamaan di Indonesia. Beberapa layanan masyrakat yang berada di bawah naungan Kemenag adalah Kantor Urusan Agama (KUA), Madrasah, kegiatan haji dan umroh, sertifikasi halal, dan sebagainya. Selain itu, Kemenag juga melayani proses legalisasi dokumen untuk masyarakat yang mempunyai kepentingan tertentu. Bentuk pelayanan legalisasi di Kemenag di antara lain adalah legalisasi buku nikah atau kutipan akta nikah, akta cerai atau keterangan status lajang, legalisasi surat keterangan nikah luar negeri, bukti kelulusan dari madrasah, dan masih banyak lagi. 

Proses Legalisasi yang Harus Anda Ikuti adalah Sebagai Berikut :

  1. Pemohon mengisi formulir pendaftaran legalisasi.
  2. Selanjutnya Pemohon menyerahkan persyaratan dokumen kepada petugas legalisasi dokumen nikah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Jl. MH. Thamrin 6 Jakarta, lantai 9.
  3. Lalu kemudian petugas memeriksa dan memverifikasi keabsahan dokumen (jika lengkap dan sah maka kemenag akan memproses, jika tidak, maka kemenag akan mengembalikan dokumen ke pemohon).
  4. Setelah itu Pemohon menunggu proses legalisasi dokumen.
  5. Dan Pemohon mendapatkan legalisasi surat keterangan dari kemenag.

sumber : dki.kemenag.go.id 

Legalisasi Kemenag dengan Mudah Hanya di Mediamaz Translation Service

legalisasi kemenag

 

Dalam proses pengajuan legalisasi di Kemenag, tentunya banyak proses yang harus anda lewati. Mulai dari menyerahkan dokumen hingga menunggu persetujuan prosesnya. Tidak sedikit dari anda yang kebingungan atau bahkan tidak memiliki waktu dalam mengikuti proses legalisasi dokumen. Maka dari itu, Mediamaz TS hadir untuk membantu anda menyelesaikan proses legalisasi dokumen anda di Kemenag!

Mediamaz TS sebagai perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia menyediakan jasa penerjemah tersumpah, legalisasi dokumen serta intepreter yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan proses legalisasi dokumen anda dengan mudah, cepat, dan juga terpercaya.

  1. Karena Mediamaz TS sendiri telah bekerja sama dengan Kedutaan serta Kementrian sehingga proses legalisasi di kemenag dengan mudah.
  2. Serta Mediamaz TS juga memiliki staf khusus untuk urusan penerjemahan dan legalisasi di Kementerian dan Kedutaan agar proses legalisasi berjalan dengan baik.
  3. Mediamaz TS memiliki staf-staf yang bersertifikat dan mampu bekerja secara professional untuk membantu kamu mengetahui cara legalisasi kemenag.

Mengapa Harus Legalisasi di Mediamaz TS?

  • Proses mudah, karena persyaratan yang dibutuhkan akan kami informasikan secara lengkap dan detail dan update proses pengerjaannya setiap hari.
  • Biaya yang murah, dengan penawaran harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
  • Waktu pengerjaan yang cepat, karena perusahaan kami sudah terdaftar di Kementerian termasuk Kemenag dan Kedutaan sehingga kami dapat menyesuaikan deadline waktu pengerjaan dengan waktu yang anda miliki.
  • Dokumen yang aman dan rahasia, karena tim legalisasi akan menjaga serta merahasiakan dokumen-dokumen anda.
  • Mempunyai tim Quality Control, sehingga dokumen legalisasi anda minim kesalahan.

Hasil Legalisasi yang Akan Anda Dapatkan dari Mediamaz TS

  1. Hard Copy (Dokumen fisik serta tanda tangan, cap atau stempel basah kemenag hasil legalisasi).
  2. Soft Copy (Dokumen file legalisasi yang sudah di stempel kemenag berbentuk scan).

Bagaimana Cara Ordernya?

Untuk informasi lanjut mengenai legalisasi dokumen di Kementerian Agama atau Kementerian lainnya, anda dapat langsung menghubungi kami disini !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *