Cara Legalisasi Kemenlu Tahun 2022

Cara Legalisasi Kemenlu Tahun 2022

Dalam beberapa kepentingan tertentu, Anda akan memerlukan legalisasi pada dokumen Anda. Legalisasi bertujuan untuk meresmikan dokumen Anda. Terdapat 3 jenis legalisasi yang dapat Anda lakukan yaitu Legalisasi Kemenag, Legalisasi Kemenkumham, dan Legalisasi Kemenlu. Namun meskipun seringkali diperlukan, masih banyak warga Indonesia yang kurang memahami bagaimana cara melegalisasikan dokumen, khususnya di Kementerian Luar Negeri. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang pengertian legalisasi hingga cara yang paling mudah untuk melegalisasikan dokumen Anda di Kemenlu.

legalisasi kemenlu

freepik.com

Pengertian Legalisasi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai legalisasi, akan lebih baik jika kita mengetahui pengertian legalisasi itu sendiri. Legalisasi adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengesahkan atau meresmikan tanda tangan dari pejabat yang berwenang, stiker, maupun stempel resmi dalam sebuah dokumen. Legalisasi tersebut juga merupakan pengesahan pada tanda tangan sang pejabat saja, bukan atas isi dokumen. Maksudnya adalah, apabila dokumen Anda ternyata merupakan dokumen yang tidak mengandung kebenaran maka legalisasi yang telah Kemenlu berikan tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.

Tujuan Legalisasi Kemenlu

Seperti pengertiannya, legalisasi jelas bertujuan untuk mengesahkan atau meresmikan tanda tangan seorang pejabat yang berwenang dalam sebuah dokumen. Namun, tidak semua dokumen memerlukan legalisasi. Legalisasi ini bertujuan untuk hal-hal tertentu. Dokumen tersebut terbagi menjadi dua jenis di antara lain sebagai berikut:

1. Dokumen Indonesia yang akan digunakan di luar negeri

Dokumen Indonesia ini merupakan dokumen yang telah dilegalisir di Direktorat Perdata dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2. Dokumen asing yang akan digunakan di Indonesia

Dokumen Asing ini merupakan dokumen yang telah dilegalisasikan oleh Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri atau Perwakilan Luar Negeri di Indonesia.

Contoh dokumen terkait dua jenis dokumen resmi tersebut antara lain Akta Kelahiran, Sertifikat, Akta Kematian, Surat Nikah, Surat Pernyataan, Surat Izin Mengemudi, Surat Kuasa, Surat Perilaku Baik, Sertifikat Asal, Certificate of Origin, dan dokumen lainnya. Beberapa kepentingan yang memerlukan jasa Kemenlu untuk melegalisasikan dokumen antara lain sebagai berikut:

  1. Melegalisasikan dokumen untuk bersekolah dan/atau berkuliah di luar negeri,
  2. Dokumen yang berguna untuk menunjang bisnis di luar negeri,
  3. Legalisasi dokumen untuk kunjungan kerja ke luar negeri,
  4. Menikah dengan Warga Negara Asing, dan lain-lain.

Cara Mudah Legalisasikan Dokumen Anda di Kemenlu 

Tentunya, terdapat prosedur khusus untuk melegalisasikan sebuah dokumen di Kementerian Luar Negeri. Namun, Anda memiliki pilihan lain untuk melegalisasikan dokumen Anda secara cepat dan terjamin kualitas serta kerahasiaan dokumen Anda. Anda dapat menggunakan jasa legalisasi di Mediamaz Translation Service untuk melegalisasikan dokumen penting Anda.

Anda tentunya tidak perlu khawatir mengenai dokumen penting Anda. Khusus untuk urusan penerjemahan dan legalisasi dokumen, Mediamaz Translation Service menyediakan staf dan tim terpercaya di kementerian dan kedutaan supaya proses legalisasi dokumen Anda dapat berjalan dengan baik. Anda bahkan tidak hanya dapat menggunakan jasa Mediamaz TS dalam legalisasi dokumen di Kemenlu, namun juga untuk Legalisasi Kemenag dan Legalisasi Kemenkumham.

Perusahaan ini merupakan perusahaan penyedia jasa penerjemahan dan legalisasi dokumen dengan one stop solution. Prinsip ini memudahkan Anda untuk mengurus dokumen Anda. Anda dapat mengonsultasikan kebutuhan Anda pada staf Mediamaz TS. Berikut ini merupakan prosedur dan alur dalam melegalisasikan dokumen Anda di Kementerian Luar Negeri.

Mediamaz Translation Service

Dari alur di atas, terlihat bahwa prosedur melegalisasikan dokumen dapat Anda permudah dengan menggunakan layanan Legalisasi Kemenlu di Mediamaz TS. Anda hanya perlu memesan layanan legalisasi dan menggunakan waktu Anda untuk mengurus kepentingan yang lain. Layanan legalisasi dokumen di Mediamaz TS sangat mudah yaitu sebagai berikut:

1. Hubungi Mediamaz TS

Tentunya untuk memesan layanan legalisasi dokumen, Anda harus menghubungi admin kami. Anda dapat menghubungi perusahaan kami secara online sehingga menghemat waktu, biaya, dan tenaga Anda. Kami dapat terhubung melalui WhatsApp, Website, maupun alamat E-mail.

2. Konsultasi

Kabar baiknya, Anda dapat berkonsultasi dengan komunikasi dua arah mengenai keperluan Anda secara gratis. Anda dapat menjelaskan layanan apa yang ingin Anda gunakan serta tim kami akan menjelaskan prosedurnya kepada Anda dengan layanan yang terbaik. Bahkan, Anda akan mendapatkan informasi untuk tahapan proses pengerjaan oleh tim legalisasi kami setiap sore.

3. Mengisi Formulir

Untuk memperjelas data Anda dan menghindari miskomunikasi, staf kami akan meminta Anda untuk menuliskan data Anda seperti nama lengkap dan bagaimana kami dapat menghubungi Anda. Serta, Anda juga akan mengirimkan dokumen yang Anda butuhkan untuk dilegalisasi di Kemenlu.

4. Selesai

Pemesanan akan berakhir pada tahap ini. Anda akan mendapatkan kabar apabila dokumen Anda telah terlegalisasi oleh Kementerian Luar Negeri. Hasil dari dokumen Anda nantinya akan Anda dapatkan berupa soft-copy dan hard-copy.

Demikianlah prosedur memesan jasa atau layanan legalisasi kemenlu di Mediamaz Translation Service. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi perusahaan kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.