Visa Digital Nomad: Definisi, Keuntungan, dan Cara Membuatnya

Visa Digital Nomad: Definisi, Keuntungan, dan Cara Membuatnya

Ingin menjadi digital nomad di luar negeri? Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuat visa digital nomad. Digital nomad merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang bekerja sambil liburan. Seorang digital nomad bisa bekerja di mana saja termasuk di luar negeri sambil liburan. Profesi digital nomad menjadi salah satu profesi impian banyak orang karena kamu bisa bekerja sambil liburan tanpa harus datang ke kantor. Saat ini kamu bisa menjalani profesi sebagai digital nomad sambil liburan ke luar negeri. Sudah banyak negara yang mengeluarkan visa jenis ini. Kamu juga bisa dengan mudah membuatnya. Nah, apa saja syarat dan bagaimana cara membuat visa ini? Simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Visa Digital Nomad?

Digital nomad

Source: Unsplash

Visa digital nomad adalah visa khusus untuk kamu yang menjalani profesi sebagai pekerja remote atau freelancer yang ingin bekerja sekaligus berlibur. Jenis visa ini berbeda dengan visa pada umumnya. Secara sederhana, visa ini merupakan perpaduan antara visa kerja dengan visa liburan. Tentu saja ada banyak perbedaan antara visa ini dengan visa biasa atau visa pekerja.

Perbedaan visa digital nomad dan visa biasa salah satunya adalah masa berlakunya. Masa berlaku visa biasa hanya sekitar 30-180 hari saja, sedangkan visa jenis ini bisa berlaku sampai 1 sampai 2 tahun. Pada umumnya orang akan membuat VoA atau Visa on Arrival jika ingin ke luar negeri. Masa berlakunya hanya sekitar 30 saja. Kamu yang ingin tinggal lama di luar negeri harus memperbaharui visa agar bisa tinggal lebih lama. Nah, dengan menggunakan visa khusus digital nomad ini, kamu tidak perlu lagi memperpanjang visa. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki visa ini.

universitas yale

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Thailand Paling Indah, Wajib ke Sini!

Keuntungan Memiliki Visa Digital Nomad

Digital nomad

Sumber: Pinterest

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki visa digital nomad ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Tidak Perlu Bayar Pajak Penghasilan

Dengan memiliki visa ini kamu tidak perlu lagi membayar pajak penghasilan di luar negeri. Kamu juga bisa aman bekerja sekaligus liburan di luar negeri.

2. Bebas Tinggal Lama untuk Bekerja Sekaligus Liburan

Seperti yang sudah dijelaskan visa jenis ini mempunyai masa berlaku yang lebih lama. Banyak negara yang memberlakukan masa tinggal maksimal 1 tahun, ada juga yang 2 tahun. Dengan demikian kamu tidak perlu repot mengurus visa tinggal.

3. Bisa Bekerja sambil Liburan di Luar Negeri

Tahukah kamu bekerja di luar negeri dengan visa travelling adalah hal yang ilegal. Oleh karena itu, kamu yang ingin bekerja di luar negeri harus tetap membuat visa kerja. Dengan adanya visa khusus digital nomad ini kamu bisa liburan sekaligus bekerja di luar negeri secara legal.

Negara yang Sudah Menerbitkan Visa Digital Nomad

Sumber: Freepik

Tahukah kamu belum semua negara mengeluarkan visa jenis ini. Sampai saat ini ada sekitar 40 negara yang baru mengeluarkan visa ini. Berikut ini adalah daftar negara dengan visa digital nomad:

1. Afrika Selatan
2. Spanyol
3. Sri Lanka
4. Taiwan
5. Andora
6. Angilla
7. Jerman
8. Yunani
9. Hungaria
10. Islandia
11. Indonesia
12. Italia
13. Antigua
14. Aruba
15. Argentina
16. Bahama
17. Barbados
18. Belize
19. Bermuda
20. Cabo Verde
21. Kepulauan Cayman
22. Kroasia
23. Curacao
24. Siprus
25. Republik Dominika
26. Dubai
27. Ekuador
28. Estonia
29. Georgia
30. Latvia
31. Malta
32. Mauritius
33. Meksiko
34. Montenegro
35. Montserrat
36. Makedonia Utara
37. Norwegia
38. Panama
39. Romania
40. Saint Lucia
41. Seychelles
42. Republik Ceko

Apakah negara-negara ini menjadi salah satu tujuan kamu untuk menjadi digital nomad? Salah satu negara yang ramah dengan para digital nomad adalah Jerman. Atau, kamu yang ingin bekerja sambil liburan di negara tropis dengan banyak pantai indah bisa ke negara Bermuda.

Negara-negara ini memutuskan untuk membuka visa khusus digital nomad untuk meningkatkan perekonomiannya. Semakin banyak wisatawan yang datang dan tinggal lebih lama tentu pendapatan negara tersebut bisa meningkat.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang membuka akses untuk visa jenis ini. Salah satu tempat di Indonesia yang banyak diminati oleh para digital nomad adalah Bali. Selain banyak tempat wisata yang indah, Bali juga mempunyai suasana yang nyaman untuk bekerja.

Baca juga: Cara Tepat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris 

Persyaratan Membuat Visa Digital Nomad

Digital nomad

Source: Unsplash

Bagaimana, apakah kamu tertarik membuat visa khusus digital nomad? Untuk membuat visa ini tidak seperti visa liburan yang bisa jadi hanya dalam beberapa hari saja. Membuat visa ini membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan. Kamu yang ingin menjadi digital nomad di salah satu negara yang sudah disebutkan, harus mulai membuat visanya dari sekarang. Syarat visa digital nomad sebenarnya tidak jauh berbeda dengan visa pada umumnya. Hanya saja ada 3 syarat khusus yang wajib kamu penuhi agar bisa mendapatkan visa ini, yaitu:

  • Berusia lebih dari 18 tahun.
  • Mempunyai penghasilan bulanan tertentu. Jumlahnya bervariasi tergantung dari negara yang akan kamu tuju.
  • Memiliki pekerjaan yang dapat dilakukan di mana saja di seluruh dunia atau bekerja secara remote.

Semua jenis pekerjaan bisa mendapatkan visa jenis ini, asalkan bisa dikerjakan di mana saja tanpa terikat tempat. Pekerjaan paling populer digital nomad adalah content creator dan website developer. Selain itu, social media marketer dan digital entrepreneur juga profesi yang bisa mendapatkan visa ini.

Selain 3 syarat khusus ini kamu juga harus melengkapi dokumen persyaratan pembuatan visa. Adapun dokumen yang perlu kamu siapkan yaitu:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan
  • Foto terbaru
  • Asuransi kesehatan
  • Bukti pendapatan finansial
  • Bukti kerja jarak jauh, bisa berupa kontrak kerja, surat dari client, dan izin usaha.
  • Akta kelahiran

Cara Membuat Visa Digital Nomad

Smiling asian girl tourist in medical mask posing near suitcase showing passport tickets for vacatio...

Source: Freepik

Setelah semua dokumen siap, kamu bisa langsung membuat visa ini. Berikut ini adalah cara membuat visa digital nomad secara umum:

1. Mengisi formulir aplikasi. Kamu bisa mendapatkannya secara online atau mengambil langsung di kedutaan atau konsulat negara yang akan kamu tuju.
2. Setelah itu, buatlah janji temu dengan kedutaan atau konsulat negara yang akan kamu tuju.
3. Selanjutnya bawa dokumen persyaratan dan formulir aplikasi.
4. Bayar biaya pembuatan visa.
5. Lakukan wawancara dan tunggu sampai visa kamu keluar.

Ini hanyalah cara membuat visa digital nomad secara umum. Nah, setiap negara mempunyai prosedur yang mungkin berbeda. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang cara membuat visa ini sesuai dengan negara tujuan.

Yang terpenting dalam pembuatan visa ini adalah membayar biaya pembuatan visa. Biaya visa digital nomad sangat beragam, paling murah biayanya adalah 200 USD atau sekitar Rp2.900.000. Sedangkan biaya termahal adalah 3.000 USD atau sekitar Rp43.500.000.

Urus Beberapa Keperluan Dokumenmu di Mediamaz!

Itulah beberapa penjelasan terkait profesi digital nomad dan cara pembuatan visanya! Gimana nih, apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satunya? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan kamu selama di luar negeri? Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti Passport, KTP, Visa, dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Jadi tunggu apa lagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang ke luar negeri!

universitas yale

Baca juga: Mau Liburan Ke Jepang? Berikut Peraturan Baru Soal Turis Asing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.