Distrik Gangnam dengan Segala Pesona Kemewahannya

Distrik Gangnam dengan Segala Pesona Kemewahannya

Bagi kamu penggemar setia drama Korea, pasti sudah tidak asing dengan lingkungan yang muncul di setiap drama kesayangan kamu. Gemerlap malam hingga suasana pagi di setiap daerah yang terlukis indah, menghipnotis siapapun yang melihatnya.  Sebagai salah satu daerah populer, distrik Gangnam mempunyai keistimewaannya tersendiri dibanding yang lainnya.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke distrik Gangnam. Selain untuk memanjakan diri  kamu sambil menikmati kemewahan yang dihadirkan tiap sudutnya. Gangnam juga punya sisi lain yang tidak selalu membahas kemewahan maupun kasta sosial.

Tidak hanya terkenal sebagai distrik mahal, berikut ini fakta-fakta unik tentang Gangnam yang perlu kamu ketahui:

1. Sejarah singkat Distrik Gangnam

Sejarah singkat - distrik gangnamphoto by freepik

Gangnam-gu (강남구) atau terkenal dengan distrik Gangnam merupakan salah satu distrik terbesar ketiga di Kota Seoul dengan luas wilayah sebesar 39,5 km2. Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010, mencatat bahwa populasi distrik ini mencapai 527,641 jiwa dan menjadi distrik terpadat urutan 4 di Seoul. Pembagian wilayah administratif, distrik Gangnam terbagi menjadi 22 dong (lingkungan), yaitu :

  • Apgujeong
  • Cheongdam
  • Daechi 1,2,3,4
  • Dogok 1,2
  • Gaepo 1,2,4
  • Irwon 1,2
  • Irwon bon
  • Nonhyeon 1,2
  • Samseong 1,2
  • Segok
  • Sinsa
  • Suseo
  • Yeoksam 1,2

Terkenal sebagai wilayah dengan standar hidup yang berkelas, menjadikan Gangnam bersanding dengan kota-kota besar lainnya seperti Beverly Hills, California. Untuk bisa memiliki tempat tinggal di Gangnam, kamu harus merogeh kocek yang tidak sedikit. Pada tahun 2011, rata-rata biaya apartemen pada wilayah seoul sekitar US$5,500 per m2. Namun untuk wilayah Gangnam menyentuh hampir dua kali lebih tinggi sekitar US$10,000 per m2.

Meskipun terkenal dengan harga real estate yang melambung tinggi, tidak mengecilkan peminatnya untuk mempunyai bisnis di wilayah tersebut. Banyak perusahaan besar, yang menjalankan bisnisnya di wilayah ini, sebut saja Hyundal Departement Store Group, GS Group, KEPCO, Hansol, SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment, Pandora TV, KT & G, maupun pemukiman yang terkenal menjadi rumah bagi sejumlah pejabat terpilih hingga selebriti. Banyak  juga perusahaan internasional yang mengoperasikan kantor utama mereka di Gangnam, yaitu Google, IBM, Toyota, dan AMI.

Gangnam menjadi daerah yang paling berkembang di Seoul secara luar biasa. Selama 30 tahun terakhir telah menerima sebuah reputasi sebagai daerah yang paling makmur, dinamis dan berpengaruh.

2. Distrik Gangnam dengan sejuta kemewahan yang mengelilinginya

gambar 2 Photo by Freepik

Seperti yang sudah kamu tahu, ketika mendengar kata “Gangnam” pasti identik dengan serba mahal, mewah, branded, gedung-gedung, dan masih banyak lagi. Memang tidak bisa dipungkiri, kehidupan sehari-hari pada distrik ini selalu kelilingi oleh kemewahan dan kemegahan. Tak ayal, banyak orang yang bermimpi untuk bisa menjadi bagian dari daerah ini dan merasakan kehidupan penuh kemegahannya.

Dari 22 “dong” di distrik Gangnam, salah satu yang populer adalah lingkungan Apgujeong-dong. Menjadi trend center yang menghadirkan pusat perbelanjaan besar dengan banyaknya perusahaan agensi yang mengelilingi wilayah tersebut. Selain itu lingkungan ini juga terkenal dengan Cheongdam fashion yang menjual beragam brand-brand mewah dan terkemuka di dunia, sebut saja Louis Vuitton, Prada, Cartier, Dolce Gabana, Burbery dan masih banyak lagi.

Selanjutnya adalah ada banyak sekali salon-salon kecantikan, atau hal yang lumrah disana adalah melakukan operasi plastik. Gangnam menyediakan fasilitas terbaik untuk kamu yang tertarik dan ingin merasakan perawatan diri menggunakan alat terbaik dan dokter yang berkompeten, dan terkenal.

3. Sering menjadi setting dalam sebuah drama maupun acara varietas lainnya

photo by pinterest

Memiliki banyak tempat mewah dan megah, membuat distrik Gangnam banyak muncul dalam sebuah series drama. Entah karena bertemakan suasana Gangnam ataupun tempat tersebut sangat ikonik sehingga banyak acara-acara televisi yang syuting di sana. Contohnya, sebuah restoran bernama “wolfgang steak house” yang selalu hadir pada beberapa drama. Drama tersebut adalah Crash Landing on You, More than Friends dan Youth of May.

The Caffe Pascucci, sebagai kafe waralaba yang menjadi lokasi syuting drama SBS berjudul Beautiful Days. Stasiun kereta bawah tanah Gangnam juga pernah menjadi salah satu lokasi syuting film hollywood, The Bourne Legacy. Sono Felice Banquet dan Convention Hall yang bertanggar pada tiga drama korea, yaitu : Find Me in Your Memory, Vincenzo sampai The Devil Jugde. Kemudian beberapa tempat berikut ini yang tidak kalah populer, ada:

  • Luka 511 terkenal dengan “palace in the city
  • Coex Atrium
  • Coex Mall
  • Trade Tower
  • Dosan Park
  • Coex Convention & Exhibition Center
  • Starfield Library
  • The Laville Wedding Venue
  • Kuil Bongeun
  • SM Entertainment
  • JYP Entertainment

4.  Festival – festival yang terselenggara di distrik Gangnam

festival di gangnam - distrik gangnam

photo by jakartapost

  • Festival Maraton perdamaian internasional pada bulan Oktober
  • Gangnam Fashion Festival terselenggara setiap bulan Oktober
  • Olahraga Festival Olahraga untuk warga distrik Gangnam setiap bulan Mei
  • Festival Daemosan setiap bulan Mei

5. Hunian Mewah untuk para pejabat hingga selebriti

hunian mewah - distrik gangnamphoto by koreabyme

Menjadi salah satu wilayah dengan huniah termahal di Korea Selatan, distrik Gangnam tidak pernah kehilangan pamornya menjadi daerah dengan gegap gempita kemewahan yang selalu bersinar di setiap sudut ruangnya. Hal tersebut semakin menarik perhatian, karena banyak sekali para tokoh pejabat, pengusaha besar, sampai selebriti yang memiliki aset berupa hunian di daerah bergengsi ini.

Artis-artis Korea Selatan yang diketahui memiliki hunian mewah di distrik Gangnam:

  • BoA

    menjadi penyanyi senior Korea Selatan, BoA sudah debut sejak usianya masih 1 tahun dan tetap eksis sampai hari ini. Berkat usaha dan kerja kerasnya ia memustuskan untuk membeli rumah mewah yang terletak di Sangji Ritzville. Harga villa yang ia miliki berkisar USD 1,8 juta atau lebih dari 20 miliar rupiah. Tidak sendiri, ia juga bertetangga dengan Jessica ex dari girl band SNSD yang hidup berdeketan dengannya.

  • Junsu

    Kim Junsu mempunyai villa Brown Stone Legend di Samseong-dong. Harga properti yang ia miliki mencapai USD 2,6 juta atau sebanyak 29,75 miliar rupiah.

  • Kim Hyun Joong

    Memiliki properti di Cheongdam-dong, Kim Hyun Joong memiliki aset sekitar USD 2 juta dan hunian tersebut pernah terpublish secara langsung pada program Barefoot Friends.

  • Jaejoong

    Termasuk dalam lingkup pemilik hunian di Brown Stone Legend dan bertetangga dengan Junsu. Tempat tinggal Jaejoong berukuran 298,51 meter persegi. Pemilihan hunian tersebut beralasan karena ia ingin tinggal secara aman tanpa bisa mendapat gangguan dari fansnya.

  • Jang Geun Suk

    Rumah mewah yang ia tempati berlokasi di kawasan Nonhyeon dengan kisaran harga mencapai USD 4 juta atau sekitar 45,78 miliar rupiah. Fasilitas yang ada pada rumahnya antara lain, Bioskop pribadi dan cafe. Terdiri dari bangunan 6 lantai dan basement dua lantai.

  • Jang Dong Gun & Go So Young

    Sebagai pemilik real estate yang cukup  mewah, Go So Young memiliki bangunan di Cheongdam-dong dan mendapat penghargaan arsitektur pada tahun yang sama dengan penghargaan yang won bin dapatkan. Tidak hanya di Gangnam, kedua pasangan ini membeli villa di heukseok-dong yang mencapai 20 miliar won.

  • Han Chae Young

    Setelah menikah dengan Choi Dong Joon yang tergolong keluarga kaya di Seoul dan lulusan UC Berkley di Amerika. Pasangan ini tinggal di Cheongdam-dong dan termasuk pada golongan rumah mewah. Hunian tersebut mencapai angka USD 5 juta atau sebanyak 57,22 miliar rupiah. Rumah yang menawarkan pemandangan dari sungai Han yang indah, banyak orang memberikan julukan sebagai dream villa.

  • Suga BTS

    Memiliki hunian di kawasan UN Village, Suga BTS memiliki sebuah villa dengan rata-rata sekitar 3 miliar won atau sebesar 35,5 miliar rupiah. Kabarnya ia memberi satu unit pada kawasan tersebut secara tunai.

Ingin Menjelajahi Distrik Gangnam di Korea Selatan? dan Menikmati Liburan yang Menyenangkan?

Kamu bisa menyiapkan visa dan paspor atau dokumen yang sejenis sesuai dengan ketentuan. Jika Kamu membutuhkan jasa penerjemah dokumen tersumpah. khususnya bahasa Korea. Tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS akan siap membantu.

Kamu bisa mengandalkan kami, karena tim kami terdiri dari orang-orang yang berpengalaman serta profesional di bidangnya. Sehingga segala bentuk terjemahannya akan sah secara hukum dan terbukti keabsahaan nya.  Tim penerjemah kami juga telah memiliki izin dari pemerintah, SK Gubernur, Kemenkumham, HPI serta terdaftar di kedutaan besar maupun Kementerian Luar Negeri.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi  tim kami dan dapatkan berbagai promo menarik khusus untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *