Jangan Cuma ke Seoul! Datangi 5 Distrik di Korea Selatan Ini

Jangan Cuma ke Seoul! Datangi 5 Distrik di Korea Selatan Ini

Jangan Cuma ke Seoul! Datangi 5 Distrik di Korea Selatan Ini

Korea Selatan adalah negara yang sangat terstruktur dalam mengatur segala sistem untuk digunakan masyarakatnya. Sehingga semua sistem berada pada tatanan yang baik, mulai dari pengaturan untuk kode nomor telepon, rute bis, rute kereta, hingga penomoran daerah untuk distrik di Korea Selatan.

Terkenal karena menjadi negara dengan tata kota terbaik di dunia, terdapat 101 distrik yang tersebar di seluruh wilayah Korea Selatan. Adapun cara pembagian divisi di tingkat kotamadya Korea Selatan adalah dengan membagi kota metropolitan (-gu), kotamadya (-si), dan kabupaten (-gun).

Sehingga, untuk sebutan “distrik” di Korea Selatan setara dengan sebutan “kota” di negara lain. Selanjutnya distrik akan memiliki akhiran -gu di setiap penamaannya. Contohnya adalah Gangnam-gu, yang berarti distrik Gangnam.

Selanjutnya, jika Anda adalah pecinta K-drama, maka sudah tidak asing lagi pastinya dengan fakta banyaknya distrik di Korea Selatan yang sangat terkenal. Ada distrik yang terkenal karena menjadi pusat perbelanjaan tren mode, ada juga beberapa yang terkenal karena sifat estetiknya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan rekomendasi tempat terbaik di 5 distrik Korea Selatan, yuk simak ulasan lengkap berikut!

1. Itaewon, Distrik Yongsan-gu, Kota Seoul

distrik-itaewon-unsplash

© Unsplash.com

Berada pada distrik Yongsan-gu, Itaewon adalah sebuah distrik komersial di Korea Selatan. Itaewon selanjutnya menjadi nama distrik yang terkenal di dunia karena mengambil bagian latar dari drama “Itaewon Class”.

  • Sejarah Distrik Itaewon, Korea Selatan

Itaewon sudah lama terkenal sebagai lingkungan yang mayoritasnya adalah orang asing di Korea Selatan. Bukan karena globalisasi pada era ini, tetapi nama Itaewon telah memiliki citra yang demikian sejak lebih dari empat abad yang lalu.

Menurut Seoul Museum of History, citra Itaewon masa kini bermula setelah daerah Yongsan berubah menjadi Yongsan Garrison of the United States Forces Korea (USFK) pada tahun 1945. Saat itu, nama Itaewon memiliki arti yang merujuk kepada wanita Korea yang tinggal di Itaewon dan mengincar tentara AS untuk mengubah status sosial mereka.

Sejak saat itu, Itaewon menjadi tempat dengan identitas budaya di Korea Selatan yang tidak mudah untuk didefinisikan. Karena di sanalah tempat orang dari berbagai negara bertemu, bercampur, dan berbaur membentuk citra terbuka yang terkenal seperti saat ini.

  • Rekomendasi Tempat dan Kegiatan 

Menjadi tempat wisata populer bagi para turis asing saat mengunjungi distrik di Korea Selatan, Itaewon merupakan rumah bagi jajanan ringan unik. Ada beberapa kegiatan yang menjadi rekomendasi saat berada di Itaewon, seperti berbelanja aksesori antik, baju vintage, mencicipi makanan internasional dengan sentuhan Korea Selatan, hingga mengunjungi landmark terkenal di sana.

Adapun jika ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah yang ada di Itaewon, maka Kuil Bugundang bisa menjadi pilihan yang tepat karena berhadapan langsung ke Namsan Tower. Selanjutnya bagi para muslim, pastikan untuk mengunjungi Seoul Central Mosque yang terletak di Itaewon karena merupakan masjid terbesar di Seoul.

BACA JUGA: Tempatnya 8 Distrik Kece! 10 Fakta Memukau Kota Seoul

2. Hongdae, Distrik Mapo, Kota Seoul

distrik-hongdae-unsplash

© Unsplash.com

Sama seperti Itaewon, Hongdae juga merupakan distrik komersial di Korea Selatan yang terkenal dengan atraksi seni urban dan budaya indie. Selain itu, Hongdae juga terkenal dengan toko-toko unik dan tempat hiburan malamnya.

  • Sejarah Distrik Hongdae, Korea Selatan

Hongdae adalah singkatan dari Universitas Hongik (dalam bahasa Korea, Hongik Daehakgyo). Berada tepat di depan Universitas Hongik, sejarah Hongdae bermula sekitar 30 tahun yang lalu.

Pada saat itu, harga properti di Korea Selatan masihlah sangat rendah. Selanjutnya karena Universitas Hongik adalah tempat belajar terkenal bagi program seni rupa, sejak itu banyak seniman muda mulai mendirikan studio di sekitar Hongdae.

Berawal dari itu, banyak mahasiswa lainnya yang mengikuti untuk membuka kelab dan bar kecil di sekitar Hongdae. Sehingga pada akhirnya, Hongdae sangat populer di kalangan anak muda sebagai daerah yang trendi dan estetik.

  • Rekomendasi Tempat dan Kegiatan

Di Hongdae, semua toko perbelanjaan, kelab, dan lingkungannya telah didesain dengan selera anak muda. Sehingga sering menjadi rumah singgah bagi para anak muda di Korea Selatan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Adapun pengunjung yang datang ke Hongdae bisa berjalan santai melihat-lihat suasana Universitas seni rupa terbaik di Seoul. Selanjutnya saat menyusuri pertokoan yang berjajar rapi di pinggir jalan, bisa juga untuk berhenti sejenak menikmati pertunjukan para musisi dan klub menari jalanan.

Ada juga Meerkat Café yang sangat populer karena dipenuhi oleh hewan seperti rubah kutub, rakun, anak kucing, genet, dan walabi. Selain itu juga, jangan sampai melewatkan lukisan mural yang terpampang indah di sepanjang jalan Hongdae.

3. Distrik Gangnam, Kota Seoul

distrik-gangnam-unsplash

© Unsplash.com

Banyak faktor yang menjadikan distrik Gangnam sebagai area terkenal di Korea Selatan. Salah satunya adalah fenomena “Gangnam Style” yang dipopulerkan oleh penyanyi PSY. Selanjutnya juga karena Seoul National University, universitas terbaik di Korea Selatan berada di distrik Gangnam.

  • Sejarah Distrik Gangnam, Korea Selatan

Gangnam secara harfiah berarti “selatan sungai”. Selanjutnya, Gangnam pertama kali terkenal sebagai lingkungan gaya hidup mewah pada saat tren “Gangnam Style” mulai menarik perhatian di dunia.

Menurut sejarahnya, dulunya distrik Gangnam merupakan bagian dari Provinsi Gyeonggi selama periode Joseon. Namun berakhir memisahkan diri sejak bergabung dengan Pemerintah Metropolitan Seoul pada tahun 1963.

  • Rekomendasi Tempat dan Kegiatan

Telah menarik perhatian dunia, Gangnam banyak menyediakan tempat terkenal. Salah satunya adalah perpustakaan Starfield yang berada di COEX Mall. Di sana para pengunjung bisa beristirahat dan berfoto-ria dengan landmark unik jejeran buku di rak.

Selanjutnya, bisa juga mengunjungi kuil Bongeunsa saat berkunjung ke Gangnam. Jika ingin berbelanja, maka bisa mengunjungi toko seperti Garosugil atau Apgujeong Rodeo Street. Terakhir jika mengunjungi distrik Gangnam Korea Selatan pada malam hari, maka bisa mengunjungi street food di Banpo Han River Park.

4. Hannam-dong, Distrik Yongsan, Kota Seoul

distrik-hannam-unsplash

© Unsplash.com

Hannam merupakan distrik mewah terkenal di kota Seoul, Korea Selatan. Banyak selebriti dan para eksekutif perusahaan bergengsi di Korea Selatan yang tinggal di lingkungan itu. Adapun perumahan mewah yang paling terkenal diantaranya adalah apartemen UN Village, The Hill, dan NINE ONE.

  • Sejarah Distrik Hannam-dong, Korea Selatan

Distrik Hannam dengan cepat menjadi lingkungan mewah paling populer di Korea Selatan. Mulai tahun 2010-an, daerah Hannam telah berkembang menjadi hotspot trendi pada siang dan malam hari.

Terus berkembang dan selalu menjadi spot favorit untuk nongkrong bersama teman, membuat banyak bisnis mulai berdatangan di Hannam. Lingkungan di Hannam juga dirancang dengan sangat baik sehingga berhasil mengundang banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

  • Rekomendasi Tempat dan Kegiatan

Distrik Hannam berada tepat di seberang sungai daerah Gangnam dan di Utara kota Seoul. Tersedia banyak tempat mewah di Hannam seperti Leeum Samsung Museum of Art. Museum biasanya memamerkan pameran seni modern dan kontemporer internasional.

Kemudian, tempat populer selanjutnya adalah Hyundai Card’s: The Music Library. Di sana, terdapat mural yang menjulang megah di dinding ruangan dan menjadi tempat penyimpanan lebih dari 13.000 buku.

BACA JUGA: 10 Daftar Tempat Wisata Gaul & Tradisional di Korea Selatan

5. Myeongdong, Distrik Jung, Kota Seoul

distrik-myeongdong-unsplash

© Unsplash.com

Myeongdong adalah distrik komersial Korea Selatan yang menjadi pusat perbelanjaan utama di Seoul. Biasanya kisaran harganya pada toko di Myeongdong adalah menengah ke atas.

  • Sejarah Distrik Myeongdong, Korea Selatan

Berasal dari dinasti Joseon, Myeongdong dulunya bernama Myeongryang. Pada era Jepang, namanya pun berbeda yaitu Myeong Jeong. Selanjutnya, Myeongdong resmi menjadi distrik di Korea Selatan pada tahun 1946.

Keadaan ekonomi dan keuangan Korea Selatan semakin berkembang membaik, daerah Myeongdong pun berkembang pesat dengan renovasi besar-besaran. Akibatnya banyak terdapat pusat perbelanjaan dan toko mode kelas atas yang menjadi kiblat anak muda di tahun 1970-an

  • Rekomendasi Tempat dan Kegiatan

Menjadi tempat berjajarnya toko trendi seperti pakaian, kosmetik, hingga kafe-kafe lucu, kegiatan yang bisa dilakukan di Myeongdong adalah seputar belanja. Selain itu jika ingin mengunjungi tempat bersejarah terkenalnya, maka bisa coba mengunjungi Katedral Myeongdong. Itu adalah gereja Katolik tertua di Korea Selatan. Menurut sejarahnya juga, Katedral Myeongdong pernah menjadi tempat demonstrasi politik dan protes pada 1980-an dan 1990-an.

Sudah Siap untuk Studi di Korea Selatan? Yuk, Selesaikan Dokumen Persiapan dengan Cepat!

Tidak perlu khawatir lagi! Bagi Anda yang sedang mempersiapkan dokumen untuk keperluan belajar ataupun wisata ke Korea Selatan, kini ada jasa penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS. Setelah menggunakan jasa penerjemah tersumpah kami, Anda juga bisa menggunakan jasa legalisasi dari Mediamaz.

Sehingga dengan satu kali pesan, semua keperluan Anda pun bisa langsung selesai. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan dapatkan juga banyak penawaran potongan harga khusus yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.