Sebelum Kuliah di Luar Negeri, Berikut Dokumen Penting yang Harus Disiapkan

Sebelum Kuliah di Luar Negeri, Berikut Dokumen Penting yang Harus Disiapkan

Siapa sih yang gak mau kuliah di luar negeri? Pasti hal tersebut menjadi salah satu impian bagi beberapa mahasiswa. Selain bisa mendapatkan kualitas ilmu yang lebih baik, kita juga bisa meningkatkan koneksi internasional, sekaligus bisa jalan-jalan gratis loh. Meski begitu, kamu harus mengurus beberapa dokumen penting yang harus dibawa sebagai persyaratan selama berada di negara tujuan. 

Dokumen Penting

Source: Pinterest

Dokumen Penting yang Harus Disiapkan:

Ketika kamu hendak melanjutkan studi di luar negeri, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan beberapa dokumen yang harus dibawa. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan persiapan yang lumayan rumit sehingga kamu harus mempersiapkannya dari jauh hari. Berikut rangkuman dokumen yang harus di siapkan:

1. Paspor

Paspor adalah dokumen yang wajib dibawa saat bepergian ke luar negeri karena hampir semua negara mewajibkannya. Pastikan paspor kamu memiliki halaman yang cukup saat hendak ke luar negeri, utamanya jika mengunjungi lebih dari satu negara. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot memperbarui paspor di tengah perjalanan karena lembaran yang tersedia habis. 

2. Visa Pelajar

Untuk membuat visa pelajar, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan Letter of Acceptance dari universitas yang akan dituju. Selama pengurusannya, kamu juga harus melunasi biaya administrasi. Bukti pembayaran ini harus disimpan guna berjaga-jaga ketika diminta oleh petugas imigrasi di bandara.

3. Letter of Acceptance

Letter of Acceptance atau LoA merupakan surat yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di universitas yang akan kamu tuju untuk melanjutkan studi disana. Selain digunakan sebagai bukti keabsahan, surat ini dapat difunakan sebagai pengajuan beasiswa dan visa pelajar.

4. Dokumen identitas

Dokumen identitas wajib dibawa baik saat kuliah di luar negeri. Hal ini berfungsi untuk memastikan asal negara atau daerah seseorang. Sangat disarankan untuk memiliki salinan dokumen identitas tersebut. Jadi, ketika kamu membutuhkan salinan dokumen identitas untuk diserahkan kepada pihak tertentu, kamu tidak mengalami kesulitan. Selain itu, sebaiknya kamu juga menyimpan dokumen identitas seperti KTP maupun akta kelahiran dalam bentuk digital di handphone.

5. Pas Foto

Meskipun tidak selalu digunakan, biasanya pas foto masih digunakan untuk beberapa keperluan. Agar tidak merepotkanmu selama di luar negeri, maka tidak ada salahnya kamu menyimpan beberapa pas foto dalam berbagai ukuran.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Istanbul

6. Transkip Nilai dan Ijazah

Kedua dokumen akademik ini sangat dibutuhkan dan penting untuk kamu persiapkan. Sebelum itu, jangan lupa untuk menerjemahkan dan melegalisir kedua dokumen ini.

7. Surat Bukti Kesanggupan Finansial

Untuk mendapatkan visa pelajar, biasanya kamu membutuhkan bukti kesanggupan finansial dan LoA. Surat ini berisikan pernyataan dari bank bahwasannya (keluargamu) memiliki kesanggupan dalam membiayai studimu selama di luar negeri.

8. Surat TOEFL/IELTS

Sebagai calon mahasiswa yang akan menjalankan studi di luar negeri, kamu harus mengambil test kelancaran bahasa Inggris seperti TOEFL  dan IELTS. Bahkan beberapa universitas mewajibkan dan jurusan mewajibkan kamu memiliki surat ini, jadi jangan lupa ya.

9. Laporan Medis

Beberapa negara mensyaratkan laporan medis sebagai salah satu dokumen administrasi yang dibutuhkan. Terlebih jika kamu memiliki riwayat penyakit yang lumayan parah. Surat ini sebagai salah satu surat perizinan dari dokter ketika kamu diharuskan membawa obat-obatan. Selain itu surat ini berguna untukmu ketika harus mendapatkan penanganan di waktu yang tepat sewaktu dibutuhkan di negara lain.

10. Asuransi perjalanan

Beberapa negara mewajibkan wisatawan asing memiliki asuransi perjalanan.  Oleh karena itu, pelancong sebaiknya mempersiapkan dokumen sertifikat asuransi perjalanan dalam bentuk cetak maupun digital. Pastikan kamu menyimpan kelengkapan dokumen asuransi perjalanan dalam ponsel maupun laptop. Selain itu, pastikan kamu juga meminta perusahaan asuransi menerbitkan dokumen sertifikat asuransi perjalanan setelah kamu membeli paket tersebut.

Baca Juga: Serba-serbi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Butuh Jasa Penerjemah untuk Dokumen Kamu? Mediamaz Jawabannya!

Untuk kuliah di luar negeri, kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti Passport, KTP, Visa, transkip nilai dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Mediamaz akan membantu untuk menerjemahkan serta melegalisasikan dokumen kamu agar berkas yang kamu miliki tetap mempunyai dasar hukum yang relevan dan valid. Karena penerjemah serta staff kami adalah orang-orang kompeten dan telah berpengalaman. Sehingga kamu bisa mempercayakan dokumen kamu mulai dari hasil penerjemahannya sampai kerahasiaannya yang akan selalu Mediamaz jaga dengan ketat dan aman. Tunggu apa lagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.