Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Dongdaemun Market, Salah Satu Destinasi Wisata Belanja di Korea Selatan

Destinasi wisata belanja merupakan hal wajib untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Korea Selatan. Salah satu pasar terkenal dan terbesar di Korea yaitu Dongdaemun Market. Pusat perbelanjaan ini merupakan perpaduan antara tempat belanja tradisional dan modern. Ini dikarenakan masih terdapat beberapa toko yang masih menjual makanan dan pakaian dengan mempertahankan bangunan lamanya.

Menariknya, di sepanjang jalan Dongdaemun juga terdapat pertunjukkan musik dari anak muda di Korea Selatan. Tak hanya itu, di sini juga sering mengadakan fashion show hingga perayaan lainnya di sepanjang tahun. Untuk kamu yang penasaran apa saja yang ada di Dongdaemun Market, simak pembahasannya di bawah ini, ya. 

Mengenal Dongdaemun Market

Dongdaemun Market

iStock

Dongdaemun Market merupakan pasar tradisional yang terletak di Distrik Jongno-gu, Seoul. Pasar ini terkenal karena menjadi pusat perdagangan grosir yang menyediakan berbagai macam produk. Dongdaemun terdiri dari beberapa bagian yaitu pasar malam yang beroperasi dari malam hari hingga dini hari dan pusat perbelanjaan modern yang menyediakan barang-barang mewah dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Dongdaemun memiliki sejarah yang pertama kali didirikan pada tahun 1905. Selama pendudukan Jepang di Korea Selatan pada tahun tersebut, Dongdaemun hanya sebagai pasar yang menjual kain dan tekstil. Tetapi selama perang Korea pada awal tahun 1950-an, Dongdaemun Market justru berperan penting dalam membantu membangun kembali perekonomian Seoul dengan industri tekstil dan garmen.

Baru mulai tahun 1970-an, pasar ini semakin berkembang sebagai pusat mode dan perdagangan. Pengembangan Dongdaemun Market ditandai dengan adanya gedung-gedung baru untuk perbelanjaan. Hal ini dilakukan karena permintaan barang dari pasar ini yang terus meningkat.

Apa Saja yang Ditawarkan Dongdaemun Market?

Dongdaemun Market 1

Freepik

1. Pakaian

Pasar yang terletak di Seoul ini merupakan salah satu pasar terbesar di dunia dengan lebih dari 20 bangunan yang menjual berbagai barang, termasuk pakaian. Kamu dapat menemukan berbagai jenis pakaian mulai dari fashion Korea tradisional hingga merek internasional. Pasar ini menawarkan pakaian yang berkualitas dengan harga yang relatif murah.

2. Aksesoris

Dongdaemun Market pun disebut sebagai surga bagi penggemar aksesori. Di pasar ini, kamu akan menemukan berbagai jenis aksesoris tradisional maupun modern seperti kalung, anting-anting, gelang, ikat pinggang, dan banyak lagi.

3. Elektronik

Tak ketinggalan, Dongdaemun Market pun menawarkan berbagai produk elektronik. Beberapa jenis produk elektronik yang bisa ditemukan di sana antara lain gadget, komputer, aksesoris, telepon seluler, dan peralatan audio dan kamera.

Terdapat beberapa area di dalam pasar yang menjual elektronik. Ada area Pasar Pyeonghwa yang menjual bagian-bagian dan aksesori komputer, sedangkan area Mal Migliore menawarkan berbagai macam telepon seluler dan aksesorisnya. Yang terakhir, area Menara Doosan untuk belanja elektronik seperti produk-produk kamera dan peralatan audio.

4. Kosmetik

Ada banyak toko yang menawarkan produk kosmetik dan toko produk perawatan kecantikan yang terletak di dalam Dongdaemun Market. Beberapa toko kosmetik populer di Dongdaemun antara lain:

  • Doota Duty-Free

Toko ini menawarkan berbagai produk kosmetik dari merek-merek populer Korea Selatan seperti Etude House, Tony Moly, Innisfree, dan lain-lain. Toko ini berada di Mall Doota.

  • Migliore

Salah satu tempat belanja kosmetik yang populer juga di Dongdaemun Market. Migliore menawarkan berbagai merek kosmetik dengan harga terjangkau.

  • Hello apM

Tempat belanja ini dikenal dengan kosmetik dan produk perawatan kulit yang dari merek-merek populer Korea.

  • Shu Uemura

Toko dengan merek Jepang yang menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit yang mewah.

  • Olive Young

Salah satu toko yang menjual perawatan kecantikan Korea dengan berbagai produk kosmetik, perawatan kulit, dan perawatan rambut mulai dari merek lokal hingga internasional.

5. Jajanan Kuliner

Pasar ini menjadi tujuan belanja populer di Seoul karena menawarkan berbagai macam kelezatan jajanan kaki lima Korea. Berikut adalah beberapa makanan populer yang harus kamu coba saat mengunjungi Dongdaemun Market:

  1. Tteokbokki: Kue beras yang dimasak dengan gochujang dan memiliki rasa yang pedas.
  2. Kimbap: Nasi gulung khas Korea Selatan dengan berbagai isian, seperti sayuran, telur, dan daging.
  3. Ayam Goreng: Korea Selatan sangat terkenal dengan ayam goreng khas yang renyah di luar dan berair di dalam. Biasanya ada berbagai macam rasa untuk olahan ayam goreng ini.
  4. Mandu: Pangsit khas dari Korea Selatan dengan isi sayuran, daging, atau makanan laut.
  5. Twigim: Street food Korea seperti perkedel ikan, sayuran, dan udang.
  6. Bindaetteok: Pancake khas yang berisi kacang hijau yang renyah dan lembut.
  7. Hotteok: Pancake Korea dengan rasa yang manis karena berisi gula merah dan kayu manis.
  8. Odeng: Kue ikan yang penyajiannya dengan tusuk sate dan kaldu gurih.

Baca Juga: Makanan Khas Korea yang Wajib Dicoba

6. Pasar Bunga

Dongdaemun Market juga bisa menjadi tempat untuk menemukan berbagai macam bunga segar dan buket bunga yang indah. Di pasar bunga ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga seperti mawar, lily, tulip, dan lain-lain. Penawaran harga bunga di pasar ini pun cukup terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa membeli rangkaian buket bunga yang indah atau memilih bunga-bunga segar dan merangkainya sendiri.

Apa Saja yang Membuat Dongdaemun Market Menarik?

Dongdaemun Market 2

Pexels

Pasar Dongdaemun adalah tempat belanja populer di Korea Selatan yang juga terkenal karena keunikannya. Berikut hal yang membuat Dongdaemun Market diminati oleh warga lokal hingga wisatawan luar negeri:

  • Dongdaemun Market buka 24 jam setiap harinya
  • Pasar ini terkenal dengan harga grosirnya, ini sangat menarik terutama bagi pengecer dan pemilik usaha kecil yang ingin membeli barang untuk dagangan.
  • Menawarkan berbagai macam produk mulai dari pakaian, sepatu, dan aksesori hingga tekstil, kerajinan tangan, dan elektronik.
  • Dongdaemun Market juga menjadi landmark budaya di Seoul karena memiliki peran penting dalam perkembangan industri mode Korea Selatan.
  • Selain berbelanja, Pasar Dongdaemun pun menawarkan kehidupan malam yang menarik dengan banyak restoran, kafe dan bar yang buka hingga larut malam.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Korea Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Ingin ke Korea Selatan untuk mengunjungi Dongdaemun Market?

Kamu bisa menyiapkan visa dan paspor atau dokumen yang sejenis sesuai dengan ketentuan. Jika Kamu membutuhkan jasa penerjemah dokumen tersumpah, khususnya bahasa Korea. Tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS akan siap membantu.

Kamu bisa mengandalkan kami, karena tim kami terdiri dari orang-orang yang berpengalaman serta profesional di bidangnya. Sehingga segala bentuk terjemahannya akan sah secara hukum dan terbukti keabsahaannya.  Tim penerjemah kami juga telah memiliki izin dari pemerintah, SK Gubernur, Kemenkumham, HPI serta terdaftar di kedutaan besar maupun Kementerian Luar Negeri. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Mediamaz TS, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *