Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Empire State Building: Menara Pencakar Langit dengan Observatorium Pada Lantai Teratasnya

Siapa yang tidak tahu dengan Empire State Building salah satu gedung pencakar langit di dunia? Pasti banyak yang tahu tentang gedung satu ini karena salah satu kejadian yang pernah terjadi dan sempat menjadi bahan pembicaraan publik kala itu. Bahkan kejadian tersebut menjadi suatu cerita tersendiri hingga saat ini. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai gedung pencakar langit satu ini untuk tahu lebih dalam mengenai Empire State Building.

Empire State Building

sumber: istock

Empire State Building

Salah satu gedung pencakar langit di dunia ini mulai dibangun pada 17 Maret 1930 dan selesai pada 11 April 1931 dengan total 102 lantai di dalamnya. Terletak di daerah Midtown Manhattan, New York City, bangunan satu ini merupakan salah satu gedung pencakar langit paling populer di dunia. Di mana setiap tahunnya, gedung ini dikunjungi oleh lebih dari 4 juta orang karena merupakan salah satu ikon arsitektur yang ada di kota New York. 

Melihat dari waktu pembangunan yang singkat tentunya terdengar cukup tidak memungkinkan membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia pada masa itu dengan waktu 20 bulan mengingat teknologi konstruksi pada tahun 1930 masih belum modern seperti sekarang. Namun faktanya bangunan tersebut berhasil rampung hanya dengan memakan waktu pembangunan 1 tahun dan 45 hari saja. 

Sedikit fakta menarik dari Empire State Building ini, meskipun memiliki jumlah 102 lantai di dalamnya. Fakta lapangannya, hanya sampai lantai 85 saja yang mereka manfaatkan sebagai ruang kantor dan ruang komersial. Di mana selebihnya dari lantai tersebut merupakan bagian dari puncak menara yang terdapat sebuah observatorium pada lantai tertingginya yaitu lantai 102. 

Tetapi dalam gedung ini sebenarnya terdapat dua dek observatorium yang mana satunya terletak di lantai 86 serta lantai 102. Tempat ini bisa dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati indahnya kota Manhattan dari atas. Tentunya harus melakukan pembelian tiket terlebih dahulu untuk dapat masuk ke dalamnya. Harga tiket untuk masuk dalam observatorium tersebut juga tidaklah terlalu mahal dan Anda bisa melakukan pembelian tiket tersebut secara langsung atau melakukan pembelian melalui website travel yang ada. 

Baca Juga: “Nami Island, Disebut Pulau Cinta yang Indah untuk Wisata

Fakta Empire State Building

1. Dibangun untuk perlombaan

Tidak banyak yang tahu akan tujuan gedung pencakar langit satu ini di bangun kala itu. Hingga akhirnya terkuak sebuah fakta bahwa gedung ini dibangun untuk mengikuti perlombaan. Namun, perlombaan apa yang membuat gedung ini akhirnya dapat berdiri seperti sekarang? Yuk, temukan jawaban tersebut dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: “Kookmin University: Informasi Beasiswa untuk Pelajar Internasional

Jika melihat dari waktu pembangunan gedung pencakar langit satu ini yang sangat cepat dengan hanya memakan waktu 1 tahun 1 bulan hal itu tentu menjadi pertanyaan untuk banyak orang di luar sana. Mengapa bisa gedung setinggi itu hanya membutuhkan waktu satu tahun saja untuk merampungkan semuanya. 

Jadi pada akhir tahun 1920-an, perekonomian kota New York berada dalam kondisi yang sangat baik. Membuat banyak sekali orang berlomba-lomba untuk membangun menara pencakar langit dengan cepat. Namun awalnya, persaingan tersebut hanya terjadi antara dua gedung di New York yaitu Bank of Manhattan 40 Wall Street dan Chrysler Building.

Setelah melihat pertandingan yang sangat sengit tersebut, eksekutif General Motors yaitu John J. Raskob dan mantan Gubernur New York Al Smith ingin ikut serta bersaing dengan dua gedung tersebut dan mengumumkan rencana pembangunan Empire State Building pada bulan Agustus 1929.

Mendengar Empire State Building yang akan dibangun hingga mencapai ketinggian 305 meter. Chrysler kembali merubah rencana dan hendak memasang puncak pada menaranya. Namun, pemasangan tersebut hanya berhasil menambahkan sekitar 19 meter tinggi gedung tersebut dengan total tinggi bangunan 319 meter untuk Chrysler Building.

Sayangnya, ketinggian gedung tersebut masih kalah dengan Empire State Building yang memiliki total ketinggian 381 meter dan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di New York kala itu. Di mana rekor menara ini sebagai gedung pencakar langit bertahan selama 40 tahun hingga akhirnya tergantikan dengan menara WTC (World Trade Center).

2. Bentuk Bangunan yang Terinspirasi

Setelah mengumumkan untuk pembangunan Empire State Building, tentunya dibuat perencanaan terlebih dahulu hingga akhirnya mulai mendirikannya pada tahun 1930. Dalam hal ini, penyusunan model gedung juga mengalami banyak pertimbangan. 

Arsitek William Lamb yang mengambil alih dalam perancangan model gedung tersebut terinspirasi dari Winston Salem, Gedung Reynolds Caroline Utara yang juga merupakan bangunan rancangannya serta Carew Tower di Cincinnati.

3. Pembangunan Selesai dalam Waktu yang Singkat

Melihat ukuran bangunan yang sangat besar dan tinggi, Empire State Building hanya memakan waktu sekitar 20 bulan untuk merampungkan pembangunannya. Meskipun harus menghancurkan hotel Waldorf Astoria yang berdiri di lahan tersebut, kontraktor Starrett Brothers dan Eksen hanya membutuhkan waktu 410 hari untuk mendirikan gedung pencakar langit tersebut.

4. Tiang Tambat Kapal Udara

Jika melihat dari bentuk bangunan Empire State Building, terdapat tiang yang menjulang tinggi pada puncak gedung ini. Hal itu ternyata sebagai dok untuk penambatan kapal udara. 

Sejak perencanaan, mereka telah merancang skema manuver kapal udara di samping gedung kemudian menambatkannya pada alat derek. Nantinya penumpang dapat keluar melalui gangplank yang terbuka lalu check-in di kantor pabean kemudian dapat berkeliling kota Manhattan dalam waktu tujuh menit. 

Namun, karena angin kencang di atap gedung tersebut membuat pilot cukup sulit untuk mengendalikan kapal udara dan menambatkannya di sana. Akhirnya, rencana dok pesawat tersebut mereka tinggalkan karena tidak memungkinkan. Tetapi terdapat satu kapal udara kecil yang pernah berhasil menambatkannya di atas pada September tahun 1931.

5. Pernah Tertabrak Pesawat AD B-25

Sebagai salah satu gedung pencakar langit di New York tepatnya di kota Manhattan, Empire State Building pernah tertabrak oleh pesawat Angkatan Darat Amerika yaitu B-25 pada tanggal 28 Juli tahun 1945. 

Kala itu, pembom Angkatan Darat B-25 yaitu Letnan Kolonel William  F. Smith sedang menuju ke Bandara La Guardia New York. Namun, ketika berada di atas Midtown Manhattan beliau bingung karena berada di dalam kabut pada saat penerbangan tersebut. 

Beliau berhasil menghindar dari beberapa gedung pencakar langit yang ada, namun gagal saat hendak melewati Empire State Building. Hingga akhirnya pesawat tersebut menabrak lantai 78 dan 79 gedung dengan kecepatan 322 kilometer per jam yang menewaskan Smith serta dua awak pesawat lainnya serta 11 orang yang berada pada lantai gedung tersebut.

Baca Juga: “Everland Korea: Taman Hiburan Terbesar di Korea Selatan

Ingin Segera Berkunjung ke Empire State Building di Manhattan, New York?

Jika Anda ingin berkunjung ke Manhattan New York untuk pergi berkunjung ke observatorium di Empire State Building. Tentu perlu untuk mempersiapkan beberapa dokumen perjalanan seperti paspor dan visa agar dapat berkunjung. Visa merupakan salah satu dokumen wajib yang harus Anda sertakan jika hendak pergi ke luar negeri, baik itu untuk wisata, liburan, bekerja, ataupun sekolah. Dokumen tersebut berguna sebagai surat izin untuk masuk ke dalam sebuah negara. Maka dari itu, penting untuk Anda mempersiapkan dokumen tersebut dengan benar. Jika tidak, Anda akan dikira ilegal untuk memasuki negara tersebut. Sehingga kemungkinan deportasi sangat besar jika dokumen tersebut tidak Anda miliki. Maka dari itu, pengurusan di tempat yang benar menjadi hal penting agar visa tersebut dapat Anda gunakan ketika bepergian. 

Mediamaz Translation Service sebagai salah satu perusahaan jasa penerjemah selain hanya menyediakan hal tersebut, juga menyediakan layanan seperti legalisasi, proofreading dan juga pengurusan visa. Mediamaz dapat membantu Anda untuk mengurus berbagai visa baik itu Business Visa, Visa on Arrival, Single Visit Visa, Multiple Visit Visa dan juga Indonesia Spouse Visa

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa layanan Mediamaz, tentu kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website resmi Mediamaz di sini.

Baca Juga: “Times Square: 4 Fakta Menarik dan Mengejutkan untuk Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *