Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Fakta Dibalik Cantiknya Geisha Jepang

Jika Anda mendengar tentang Negara Jepang pasti Anda akan langsung teringat dengan Geisha Jepang. Geisha jepang merupakan pekerja seni tradisional Jepang, Geisha  wanita yang berdandan cantik menggunakan riasan cat putih dan mengenakan kimono. Untuk menjadi seorang Geisha tidak sembarangan, agar dapat menjadi seorang geisha dibutuhkan pelatihan ketat selama bertahun-tahun. Serta mereka harus bekerja keras untuk mengasah bakat bermain musik dan menari.

fakta dibalik cantiknya geisha Jepang

sumber: istock

Sejarah Geisha Jepang

Awal mula Geisha muncul sekitar pertengahan zaman Edo (1600-1868) Geisha yang pertama adalah laki-laki atau bisa di sebut dengan Hokan atau  Taiko-mochi. Wanita pertama yang menjadi seorang Geisha di sebut dengan Onna Geisha. Seiring berjalannya waktu Geisha berubah menjadi pekerjaan untuk wanita sehingga Geisha menjadi sebutan untuk geisha wanita serta Otoko Geisha untuk Geisha laki-laki.

Banyak orang yang menyangkut pautkan Geisha sebagai pekerjaan prostitusi, faktanya Geisha tidak menjual tubuhnya untuk para tamu. Para Geisha bekerja bergantian dengan Oiran atau pekerja prostitusi. Tugas Geisha adalah bermain music, menari, dan menghibur tamu yang sedang menunggu Oiran datang.

Awal mula stigma negatif Geisha ini di mulai pada akhir perang dunia ke-II. Saat itu banyak pekerja prostitusi Jepang yang mendatangi anggota militer AS dan mengaku sebagai geisha. Mereka memancing anggota militer AS dengan fantasi eksotis dari geisha. Ketika kekalahan Jepang atas sekutu pada perang dunia ke-II banyak wanita yang putus asa dan rela tidur dengan musuh hanya agar bisa mendapatkan makanan. Hal ini menjadikan para Geisha memiliki semboyan “kami menjual seni, bukan tubuh. Kami tak pernah menjual diri, tubuh kami, demi uang.” Pada abad ke-19.

Tahapan Menjadi Seorang Geisha Jepang

Menjadi seorang Geisha tidak semudah yang di bayangkan. Agar dapat menjadi seorang Geisha harus melewati tahapan proses terlebih dahulu agar dapat menyandang stetus sebagai seorang Geisha. Berikut adalah tahapan menjadi seprang Geisha:

1. Minarai

Minarai atau yang dapat disebut dengan tahap awal menjadi Geisha. JIka seorang minarai ingin mendapat status sebagai seorang Geisha, maka ia harus melewati tahap Minarai ini. Contohnya adalah anak perempuan yang berumur 10-12 tahun bekerja di Ochaya atau kedai minum the yang dimana geisha biasa menghibur tamunya. Mereka harus bekerja sebagai Shikomi-san yaitu sebagai pelayan kedai the serta melakukan observasi untuk terhadap  Maiko dan Geiko

2. Maiko

Saat sudah naik tahap menjadi seorang Maiko, di sini mereka harus mempelajari seni khususnya tarian, lagu dan alat musik tradisional Jepang.  Selain itu seni lain yang dapat dipelajari oleh Maiko adalah upacara minum teh, Shodou atau kaligrafi Jepang, Ikebana atau seni merangkai bunga, dan melukis.

3. Geiko

Seorang Maiko dapat berubah menjadi Geiko pada usia 20-21 tahun, atau ketika ia dinilai sudah cukup dewasa oleh okaasan. Okaasan adalah sebutan Ibu untuk seorang Maiko dan Geiko, namun ibu yang di maksud di sini bukanlah seorang ibu kandung.

Okaasan sangat berperan penting di dalam sebuah okiya. Okiya adalah rumah di mana Maiko dan Geisha tinggal. Okaasan mengatur semua kegiatan perekonomian dari geisha yang tinggal di okiya tersebut. Semua penghasilan yang di dapatkan oleh Geisha akan masuk ke dalam okiya, karena semua yang telah di dapatkan oleh seorang Geisha di okiya tersebut adalah di anggap sebagai hutang oleh okaasan. Apabila hutang-hutangnya belum lunas maka geisha tersebut tidak dapat meninggalkan okiya.

Mengapa Riasan Geisha Jepang Berwarna Putih?

Para Geisha identik dengan riasannya yang unik. Alasan Geisha menggunakan riasan dengan warna putih adalah agar terlihat lebih jelas ketika di sorot cahaya, terutama ketika berada di atas panggung. Sebelum ada lampu para Geisha tampil dengan di teriangi oleh cahaya lilin dan lampu minyak. Warna putih yang di gunakan oleh Geisha dulunya adalah bubuk timbal berbahaya yang di campur dengan tepung beras lalu di aduk hingga berbentuk cat kental. Namun, seiring berjalannya waktu penggunaan bahan riasan yang berbahaya tersebut sudah tidak di lakukan lagi.

Selain riasan putih seorang Geisha juga menggunakan kimono. Kimono yang dikenakan Maiko berwarna-warni atau biasa disebut dengan kimono hikizen. Geisha mengenakan kimono hikizen yang mempunyai lengan baju furisode. Furisode adalah bagian lengan yang sangat lebar dan menjuntai ke bawah yang menggantung dekat dengan mata kakinya, bagian sebelah atas dari lengan baju akan mempunyai suatu tuck semacam ikat pinggang yang fungsinya membentuk lekukan tubuh sepanjang lebarnya, dan bahunya juga mempunyai tuck. Geisha mengenakan lebih banyak kimono hikizuri yang di perhalus dengan panjang lengan baju lebih pendek atau di sebut dengan kimono homongi, kimono homongi adalah kimono formal untuk wanita yang bergambar lambang keluarga atau tidak.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin pergi ke Jepang namun Anda tidak mengerti  bahasanya atau ada dokumen yang harus di terjemahkan namun Anda tidak mengerti? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

 

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *