Tempatnya 8 Distrik Kece! 10 Fakta Memukau Kota Seoul

Korea Selatan adalah tujuan destinasi perjalanan wisata paling populer di benua Asia. Data dari CEIC menyatakan bahwa pada November 2021, turis yang datang ke Korea Selatan mencapai 92.954 orang yang mana mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. Merupakan destinasi favorit bagi turis asing, kota Seoul menjadi tempat yang paling populer di Korea Selatan.

Alasannya karena kota Seoul adalah surga bagi banyak makanan khas Korea yang lezat, menyimpan banyak tempat bersejarah, rumah bagi gedung pencakar langit, tempatnya pusat perbelanjaan berkumpul, dan sudah unggul dalam teknologinya yang modern.

Selain itu juga, kota Seoul sangatlah terkenal dengan kehidupan malamnya. Kota Seoul biasanya selalu sibuk di siang hari, sedangkan pada waktu malamnya menyuguhkan suasana menarik yang bisa membuat siapa saja ingin keluar dan menikmati keindahan kota.

Selanjutnya, wilayah ibu kota Korea Selatan ini berdiri seluas 605,2 km² dengan iklim kontinental yang lembab. Adapun, iklim kontinental menjadikan perbedaan suhu yang sangat ekstrim di musim panas dan musim dingin. Sehingga para turis yang ingin berkunjung ada baiknya untuk memperhatikan cuaca terkini di kota Seoul.

Setelah mengetahui sekilas tentang kondisi umumnya, berikut Mediamaz sajikan ulasan lengkap seputar 10 fakta memukau tentang kota Seoul. Yuk, cari tahu sekarang!

kota-seoul

10 Fakta Memukau Tentang Kota Seoul

1. Punya Bandara Terbaik dan Terbersih di Dunia

Hanya berjarak sekitar satu jam dari kota Seoul, Bandara Internasional Incheon adalah yang terbesar di Korea Selatan. Punya prestasi yang mendunia, Bandara Internasional Incheon telah menjadi bandara terbaik di dunia selama 16 tahun berturut-turut.

Menurut Telegraph, alasannya adalah karena di dalam bangunan megah yang menghubungkan para penumpang ke pesawat tersebut menyediakan fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung. Diantaranya adalah taman cantik di dalam ruangan dengan nuansa futuristik, Spa on Air yang menyediakan tempat shower untuk mandi gratis, sauna, penitipan bagasi, hingga kamar tidur.

Memiliki layanan dan fasilitas yang mengesankan, Bandara Internasional Incheon juga memegang predikat sebagai bandara terbaik ke-4 di dunia tahun 2021 dari World Airport Awards. Selain itu pula, bandara internasional Korea Selatan ini juga memiliki rute udara tersibuk di bumi mengalahkan bandara Inggris.

2. Rumah dari 2 Situs Warisan Dunia UNESCO

Korea Selatan memiliki total 14 situs bersejarah warisan dunia yang terdaftar di UNESCO, dua diantaranya berada di kota Seoul. Situs bersejarah tersebut adalah Kuil Jongmyo yang merupakan tempat suci untuk menampung roh para raja dan ratu Dinasti Joseon terdahulu.

Situs bersejarah selanjutnya yang berlokasi di kota Seoul adalah Istana Changdeokgung. Terletak di kaki gunung Bukhansan, Istana Changdeokgung adalah bangunan dengan keharmonisan alam yang sempurna. Para pendahulu merancang demikian dengan tujuan untuk meminimalisir gangguan alam di masa depan. Adapun simbol dari situs bersejarah tertua Korea Selatan ini adalah bagian Aula Injeongjeon.

BACA JUGA: 10 Daftar Tempat Wisata Gaul & Tradisional di Korea Selatan

3. Memiliki Pemandangan Malam Terbaik di Korea Selatan

Menjadi salah satu hal yang terus disanjung baik oleh para turis lokal maupun mancanegara, faktanya kehidupan malam di Korea Selatan adalah yang terbaik. Adapun pada malam hari di kota Seoul, banyak restoran, bar, dan cafe yang buka sepanjang malam.

Sehingga hal ini membuat ibu kota Korea Selatan ini tidak pernah benar-benar tidur. Selain tempat makanan yang telah disebutkan, kota Seoul juga banyak memiliki kedai street food yang sangat populer untuk dikunjungi. Contohnya adalah yang berada di Distrik Myeongdong.

4. Suhu di Kota Seoul Bisa Menjadi Sangat Ekstrim

Selain karena memiliki iklim tipe kontinental, perbedaan suhu yang bisa terjadi terutama pada musim panas dan dingin di kota Seoul ini juga berkaitan erat oleh peningkatan jumlah mobil dan pabrik.

Adapun menurut data dari The Korea Herald, suhu rata-rata Korea Selatan pada periode Januari-November tahun 2021 mencapai 14,4°C. Dimana hal ini menjadikan 2021 sebagai tahun terhangat dalam sejarah Korea Selatan.

5. Nikmati Keindahan Terbaik Pada Musim Semi/Gugur

Tergabung ke dalam negara yang memiliki empat musim berbeda sepanjang tahunnya, rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi kota Seoul adalah pada musim semi atau gugur.

Karena dengan demikian, pengunjung kota Seoul akan mendapatkan pengalaman terbaik mereka menikmati perjalanan wisata. Terdapat pula banyak rangkaian festival dan acara khusus di musim tersebut.

Adapun alasan lainnya adalah karena umumnya musim panas yang terjadi sangatlah panas dan musim dingin sangatlah dingin. Suhu yang ekstrim tersebut membuat kedua musim bukanlah rekomendasi terbaik untuk bisa menikmati kota Seoul bagi turis asing.

6. Lihat Pemandangan Terbaik dari Ketinggian Namsan Tower

Namsan Tower adalah destinasi favorit bagi para turis asing yang mengunjungi kota Seoul. Terletak di Namsan yang mana adalah pusat kota Seoul, Namsan Tower adalah tempat terbaik paling direkomendasikan untuk melihat keindahan kota dari ketinggian.

Buka pada hari Minggu hingga Sabtu dari pukul 10 pagi hingga 11 malam, para pengunjung bisa datang ke simbol ikonik kota Seoul dan masuk ke observatoriumnya. Dimana pada dek observasi utama, terdapat jendela besar yang mengelilingi ruangan. Dengan itu, para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang terhampar di bawahnya dari segala sudut.

7. Punya 8 Distrik Kece dan Estetik Banget

Saat mengunjungi kota Seoul, pastinya untuk tidak melewatkan datang ke tempat-tempat yang kece dan estetik. Selain merupakan rumah bagi gedung-gedung pencakar langit, kota Seoul juga merupakan rumah bagi 8 distrik paling populer di Korea Selatan.

Tiga diantaranya adalah Mullae Art Village, Hapjeong-dong, dan Ikseon-dong. Selanjutnya yang pertama adalah Mullae Art Village, yang memiliki lingkungan unik. Kebanyakan bangunan yang ada di “Desa Seni” Seoul ini memiliki nuansa tahun 70-an. Yang kedua adalah Hapjeong-dong, lingkungan yang tidak banyak turis tahu. Di dalamnya, terdapat banyak kafe trendi dengan jalan yang tenang.

Yang ketiga adalah Ikseon-dong, yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati suasana bersejarah Korea Selatan. Di Ikseon-dong terdapat banyak rumah hanok yang berdiri kokoh sepanjang jalan dan tersedia juga banyak penjual es krim, kafe, bahkan toko baju vintage.

8. Apartemen yang Jadi Rumah Berukuran Kecil dan Mahal

Umumnya, apartemen yang berada pada kota besar seperti Seoul memiliki banyak apartemen yang lebih kecil dari daerah lainnya. Menawarkan harga yang sangat mahal, mayoritas masyarakat Korea yang ingin mempunyai tempat tinggal akan menyewa apartemen.

Adapun ada empat tipe akomodasi di Korea, yaitu apartemen, officetel, vila, dan goshiwon. Sementara untuk tipe sewa akomodasinya adalah jeonse (bayar penuh dimuka) dan wolse (sewa bulanan).

BACA JUGA: Cancel Culture? Budaya Palli-Palli? Cek 13 Budaya Khas Korea Selatan

9. Hotel Jadi Tempat Staycation Populer

Hotel di kota Seoul adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan yang singkat bagi kebanyakan orang di Korea Selatan. Dengan banyaknya peminat, pihak hotel pun tidak kehabisan ide menarik untuk menyajikan tempat dengan nuansa yang unik.

Rekomendasi hotel unik di kota Seoul, Korea Selatan adalah Vista Walkerhill, JW Marriott Dongdaemun Square, Imperial Palace Seoul, Banyan Tree Spa and Club Seoul, dan Paradise City (yang menjadi sangat populer setelah dikunjungi oleh Rosé Blackpink tahun 2021).

10. Banyak Berjajar Taman Indah di Seluruh Kota Seoul

Memiliki banyak taman cantik yang bersih dan tertata di kota Seoul, pengunjung taman pun datang dari berbagai macam usia. Mulai dari anak muda yang ingin piknik santai bersama teman, keluarga yang ingin menghabiskan waktu bermain bersama di akhir pekan, hingga orang yang ingin mengajak jalan hewan peliharaannya.

Punya banyak taman indah, pastikan untuk mengunjungi Seoul Botanic Park, Olympic Park, Naksan Park, World Cup Stadium, Ttukseom Hangang Park, Seoul Forest, Yeouido Hangang Park, Namsan Park, dan Seoul Park.

Tertarik Studi Ke Korea Selatan? Ingin Cepat Menyelesaikan Dokumen Persiapan?

Tidak perlu khawatir lagi! Bagi Anda yang sedang mempersiapkan dokumen untuk keperluan belajar ataupun wisata ke Korea Selatan, kini ada jasa penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS. Setelah menggunakan jasa penerjemah tersumpah kami, Anda juga bisa menggunakan jasa legalisasi dari Mediamaz.

Sehingga dengan satu kali pesan, semua keperluan Anda pun bisa langsung selesai. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan dapatkan juga banyak penawaran potongan harga khusus yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *