Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Fakta Menarik SOPA, Sekolah Seni Populer di Korea Selatan

SOPA sudah terkenal menjadi salah satu SMA Swasta seni di Korea Selatan yang banyak menghasilkan idol K-pop. Namun, tidak banyak orang yang tahu terkait alasan mengapa sekolah ini menjadi salah satu pilihan mereka untuk bersekolah. Maka dari itu, yuk simak informasi di bawah ini untuk tahu lebih lanjut terkait alasannya!

SOPA

sumber: pinterest

Mengenai School of Performing Arts Seoul

School of Performing Arts Seoul (SOPA) merupakan salah satu SMA yang terletak di Gung-dong, Guro-gu, Seoul. Didirikan sejak 6 Maret 1966, sekolah ini sudah berfokus kepada pelatihan bidang seni sejak awal. Sistem pendidikan yang mendukung menjadi salah satu alasan sekolah ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin berkarier dalam industri seni termasuk kedalam industri entertainment Korea. Sehingga tidaklah heran jika banyak sekali idol K-pop yang merupakan lulusan dari sekolah ini. Seperti Jungkook BTS, SCOUPS Seventeen, Chani SF9, Mark NCT, Hyunjin Stray Kids, dan masih banyak lainnya merupakan lulusan dari sekolah ini. 

Baca juga: “Universitas Terbaik di Korea: SKY University dan Informasi Lainnya

Biaya Pendidikan SOPA

Meskipun yang terlihat dari sekolah ini adalah kebanyakan pelajar lokal. Namun faktanya, sekolah ini juga terbuka untuk para pelajar asing yang tertarik untuk mengambil pendidikan seni. Maka dari itu, informasi terkait dengan biaya untuk bersekolah di sini menjadi penting untuk diinformasikan. 

Jika melihat dari situs resmi SOPA, tidak banyak informasi terkait dengan biaya pendidikan untuk bersekolah di tempat ini. Namun, pada beberapa sumber dinyatakan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di sekolah ini adalah sekitar KRW 50.000 – KRW 10.000.000 atau kurang lebih sebesar 120 juta rupiah jika dikonversikan. Sehingga butuh biaya yang tergolong banyak jika Anda memiliki keinginan untuk bersekolah seni di tempat ini.

Baca Juga: “Korean Wave, Fenomena Budaya Korea Selatan yang Mendunia

Jurusan SOPA

Setelah informasi mengenai biaya pendidikan, tentu hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah mengenai jurusan yang tersedia di dalamnya. Dikarenakan SOPA merupakan sekolah yang berfokus pada bidang seni, tentu jurusan yang tersedia berkaitan dengan hal tersebut. Di mana terdapat 6 departemen atau penjurusan yang dapat Anda pilih menyesuaikan fokus yang Anda minati. Adapun departemen atau jurusan pendidikan di SOPA meliputi jurusan berikut.

  1. Theatre and Film 
  2. Theatre Arts
  3. Practical Dance
  4. Practical Music
  5. Stage Arts
  6. Broadcasting Arts

Dari keenam pilihan tersebut, Anda bisa memilih satu departemen untuk memfokuskan diri pada hal tersebut. Tetapi selain belajar seni, Anda juga tetap akan mendapatkan pelajaran dasar seperti Matematika dan Sastra seperti sekolah pada umumnya.

Baca Juga: “Hokkaido University Membuka Program Beasiswa Terbaru 2023

Fasilitas SOPA

Sebagai salah satu sekolah SMA swasta terpopuler di Korea Selatan dengan biaya yang tergolong mahal, tentu sekolah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Berikut adalah fasilitas yang ada di SOPA:

  1. Ruang Tari, Rap, Vocal, Acting, dan Song Writer 
  2. Dorm / Asrama 
  3. Gym 
  4. Laboratorium Komputer
  5. Auditorium 
  6. Gedung Olahraga 
  7. Kolam Renang 
  8. Kantin
  9. Pusat Kesehatan Sekolah

Baca Juga: “Universitas Terbaik di London: Rekomendasi Universitas di London

Sistem Pendidikan SOPA

Mungkin banyak orang diluaran sana yang bertanya-tanya tentang sistem pendidikan dari sekolah satu ini. Melihat dari para idol K-pop yang masih berstatus sekolah di SOPA namun selalu hadir dalam setiap kegiatan idol mereka. Pasti terdapat pertanyaan terkait dengan absensi mereka apakah hal tersebut akan mempengaruhi kelulusan atau yang lainnya. 

Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah sistem sekolah ini berbeda dengan sekolah pada umumnya. Di mana justru SOPA memaklumi akan alasan absensi tersebut karena mengetahui jadwal para idol yang sangat padat dan tidak akan mempermasalahkan hal tersebut. 

Sekolah ini juga bahkan mendukung para muridnya untuk mengambil kesempatan debut mereka. Sebagai sekolah seni, sekolah ini memang mendukung para muridnya untuk berkarier di dunia hiburan. Maka dari itu, pihak sekolah lebih fleksibel terkait dengan absensi jika memang hal itu berkaitan dengan karier murid mereka. Dikarenakan menghasilkan murid yang bisa debut menjadi idol atau mencapai karier yang mereka inginkan adalah salah satu tujuan dari sekolah ini. 

Baca Juga: “10 Wahana Terbaik di Lotte World Korea yang Wajib Kamu Coba

Siap untuk Sekolah di SOPA?

Sebelum pendaftaran, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen persiapan Anda sudah lengkap. Jika saat mempersiapkan dokumen, banyak dokumen yang butuh untuk dilegalisasikan ke lembaga pemerintahan, Mediamaz Translation Service menjadi solusinya. 

Mediamaz TS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerjemahan dan legalisasi dokumen dan masih banyak lainnya. Kami menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin bersekolah atau berkuliah di luar negeri karena mampu membantu melakukan penerjemahan  serta legalisasi dokumen tersebut. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. 

Dengan menggunakan jasa Mediamaz, Anda tidak perlu khawatir akan hasil dari jasa penerjemahan serta legalisasi kami. Penerjemah kami adalah mereka yang profesional di bidangnya dan sudah memiliki sertifikasi. Sehingga tentu dokumen Anda akan aman dan biaya yang Anda keluarkan pun terjamin dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Mediamaz TS, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Baca Juga: “3 SMA Terbaik di Seoul Korea Selatan, Sekolah untuk Idol K-pop!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *