Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Sejarah Berdirinya Menara London dan Kisah Misteri Dibaliknya

menara london

Sumber: Tripadvisor

Menara London atau lebih dikenal dengan nama “Tower of London” merupakan salah satu landmark sejarah yang sangat terkenal di Inggris. Terletak di tepi Sungai Thames, menara ini memiliki sejarah yang sangat kaya dan menarik untuk dibahas. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai hal menarik seputar Menara London, dari sejarahnya yang panjang. 10 fakta menarik, hingga misteri-misteri yang tersembunyi di dalamnya.

Baca Juga: Sungai yang Menyimpan Banyak Sejarah di Kota London

Sejarah dari Menara London

Sejarah Menara London mulai pada abad ke-11 saat Raja William sang Penakluk memerintahkan pembangunan sebuah benteng pertahanan di tepi Sungai Thames. Benteng ini sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh dan sebagai pusat kekuasaan. Konon, menara pertama yang ada di sini merupakan sebuah struktur kayu sederhana yang dikenal sebagai “White Tower“.

Seiring berjalannya waktu, menara ini mengalami perluasan dan perubahan fungsi. Pada abad ke-13, menara ini beralih fungsi sebagai penjara untuk tahanan politik. Banyak tahanan politik terkenal seperti Sir Thomas More dan Ratu Elizabeth I sempat berada di sini.

Selain itu, menara ini juga terkenal sebagai tempat eksekusi terhadap para penjahat pada abad ke-16. Beberapa tokoh terkenal yang dieksekusi di sini antara lain Anne Boleyn, istri kedua dari Raja Henry VIII dan Lady Jane Grey, yang hanya menjabat sebagai Ratu Inggris selama sembilan hari.

Menara London juga merupakan tempat penyimpanan harta karun kerajaan, termasuk permata mahkota. Beberapa peristiwa penting dalam sejarah Inggris juga terjadi di sini, seperti pengepungan pada menara ini selama Perang Saudara Inggris pada abad ke-17.

Selama berabad-abad, menara ini juga pernah berguna sebagai tempat penyimpanan binatang-binatang liar untuk hiburan kerajaan. Binatang-binatang ini kemudian memindahkan binatang-binatang tersebut ke Kebun Binatang London pada abad ke-19.

Kini, menara ini telah menjadi salah satu ikon budaya Inggris yang terkenal di seluruh dunia. Selain menjadi tempat wisata, menara ini juga masih berguna sebagai tempat penyimpanan harta karun kerajaan dan sebagai tempat upacara militer seperti pengambilan sumpah pengawal kerajaan. Menara ini juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1988.

Baca Juga: Sejarah Dibalik Big Ben dan 10 Fakta yang Jarang Diketahui

10 Fakta Menarik Seputar Menara London

Menara London adalah salah satu landmark paling terkenal di Inggris dan memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Berikut adalah 10 fakta menarik seputar Menara London:

1. Menara London memiliki 24 jam besar, masing-masing beratnya lebih dari satu ton. Jam-jam ini ada sejak tahun 1859 dan masih berfungsi hingga sekarang.

2. Salah satu bentuk hukuman di menara ini pada masa lalu adalah dipenjara di ruang yang disebut “Little Ease“, di mana orang tersebut tidak bisa berdiri, duduk, atau tidur dengan nyaman.

3. Di dalam Menara London terdapat sebuah museum yang menampilkan sejarah Inggris dan menara itu sendiri, termasuk koleksi senjata, perlengkapan militer, dan dokumentasi tentang peranan menara ini selama Perang Dunia I dan II.

4. Menara London adalah tempat di mana para “Beefeater” atau pengawal istana tinggal. Mereka memiliki julukan ini karena dulu tugas utama mereka adalah mempersiapkan daging untuk makanan raja dan keluarga kerajaan.

5. Salah satu daya tarik utama menara ini adalah koleksi permata mahkota yang terkenal, yang terdiri dari 23.578 permata, termasuk “Koh-i-Noor“, salah satu permata terbesar di dunia.

6. Menara London juga pernah menjadi rumah bagi binatang-binatang liar seperti beruang, harimau, dan singa pada masa lalu, yang menjadi hiburan raja dan keluarga kerajaan.

7. Menara ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1988.

8. Menara London menjadi tempat upacara militer, seperti pengambilan sumpah pengawal kerajaan.

9. Menara London merupakan lokasi syuting dalam berbagai film dan serial TV, termasuk film James Bond “Skyfall” dan serial TV “Doctor Who“.

10. Menara London merupakan tempat yang paling banyak pengunjung di Inggris, dengan lebih dari 2,8 juta pengunjung setiap tahunnya.

Baca Juga: 15 Fakta Unik Tentang Wembley Stadium di London, Inggris

Misteri yang Terdapat di Menara London

Menara London memiliki banyak misteri yang tersembunyi di dalamnya, yang menambah daya tarik dan keunikan dari landmark ini. Berikut adalah beberapa misteri yang terkait dengan Menara London:

1. Hantu

Menara London terkenal sebagai salah satu tempat yang paling berhantu di Inggris. Beberapa hantu yang konon menghantui menara ini antara lain “Anne Boleyn”, “Sir Walter Raleigh”, “Ratu Elizabeth I”, dan “Lady Jane Grey”. Pengunjung dan karyawan sering melaporkan pengalaman aneh seperti suara-suara aneh, bau tidak sedap, dan kehadiran mahluk halus.

2. Permata Mahkota

Permata Mahkota yang tersimpan di Menara London merupakan salah satu harta karun terbesar dan paling berharga di dunia. Namun, pada tahun 1671, permata mahkota hilang dari menara ini karena seorang penjahat bernama Thomas Blood. Beruntung, pencurian itu gagal dan permata mahkota berhasil dikembalikan ke tempat asalnya.

3. Kamera Tersembunyi

Pada tahun 1940-an, sebuah kamera tersembunyi ditemukan di dalam menara. Kamera tersebut dipasang oleh seorang agen Soviet untuk memata-matai Inggris selama Perang Dunia II.

4. Dinding Senjata

Dalam sebuah ruangan yang dikenal sebagai “The Salt Tower“, terdapat sebuah dinding yang penuh dengan senjata-senjata dari berbagai zaman dan jenis. Konon, senjata-senjata ini digantung di dinding sebagai pengingat akan kekuatan Inggris dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di menara ini.

5. Kapal Hantu

Di dekat Menara London, sering terlihat penampakan kapal hantu yang muncul dari Sungai Thames. Kapal ini konon merupakan peninggalan dari zaman dahulu yang dipercayai membawa arwah para tahanan yang dieksekusi di menara ini.

Baca Juga: Sejarah dan 5 Objek Wisata Terkenal di Kota Manchester

Apakah Anda Ingin Mengunjungi Inggris?

Apakah Anda memiliki rencana untuk mengunjungi negara Inggris dalam waktu dekat ini? Jika iya, tidak ada salahnya untuk berkunjung juga ke Menara London. Karena menara ini merupakan tempat yang tepat untuk menjadi destinasi wisata bagi keluarga. Terutama, untuk memperkenalkan sejarah dan budaya dari kerajaan Inggris kepada anak-anak. Namun, perlu diketahui, untuk dapat berkunjung ke negara Inggris terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan.

Hal tersebut seperti dokumen perizinan seperti Visa dan Paspor karena kalau tanpa dokuemen tersebut Anda dan sekeluarga tidak bisa mengunjungi negara Inggris. Maka dari itu, Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi Anda untuk dapat memiliki atau memperpanjang dokumen perizinan seperti Visa atau Papor.

Tidak perlu khawatir, layanan kami sudah memiliki izin resmi dari beberapa lembaga resmi seperti Kementrian dan Kedutaan asing di Indonesia. Jadi sudah dapat dipastikan hasil dokumen dari layanan kami bisa dipergunakan untuk pergi keluar negeri secara resmi.

Jadi tunggu apalagi. Segera daftarkan dokumen Anda kepada kami melalui website kami di sini dan juga dapat menghubungi kami melalui nomor kami di 021 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *