Fakta Tentang Laut Merah di Arab

Fakta Tentang Laut Merah di Arab

Laut Merah terkenal karena legenda dari Nabi Musa AS yang membelah lautan dengan tongkatnya. Banyak hal menarik mengapa laut ini bisa di namakan laut merah, ada yang mengatakan bahwa hal tersebut karena banyak binatang yang mati di laut sehingga darah yang membuat lautnya menjadi merah, lalu ada pula yang mengatakan laut tersebut berwarna merah karena pantulan dari karang yang ada di dalam laut. Mari simak sejarah tentang laut merah yang berada di Arab Saudi.

laut merah

sumber: istock

Tentang Laut Merah

Laut merah yang berada di Jazirah Arab selalu mengundang rasa penasaran karena berbagai faktor. Mulai dari warnanya hingga sejarahnya dalam kehidupan Nabi Musa AS. Laut Merah merupakan sebuah teluk di bagian barat Jazirah Arab yang memisahkan Benua Asia dan Benua Afrika. Laut ini membentang sepanjang 1900 km dari Semenanjung Sinai dan Terusan Suez di utara hingga melewati Babul Mandab dan teluk Aden di selatan. Seperti namanya, Laut Merah memiliki air berwarna merah pada saat-saat tertentu karena ledakan pertumbuhan ganggang Trichodesmium erythraeum.

Laut ini memiliki sirkulasi air yang baik sampai dengan di kedalaman sehingga memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Sirkulasi tersebut terjadi karena massa air Laut Merah mengalami pertukaran dengan laut luas di Laut Arab dan kemudian Samudera Hindia, melalui Teluk Aden. Sejak tahun 1950, Laut ini biasa di gunakan sebagai tempat untuk snorkeling dan diving.

Pembentukan Laut Merah disebabkan karena pergerakan lempeng tektonik saat terjadi pemisahan Jazirah Arab dari Benua Afrika pada 30 juta tahun lalu. Suhu rata-rata permukaan air Laut Merah cenderung konstan di angka 21-25 derajat celcius. Iklim Laut Merah merupakan perpaduan dari angin timur laut dan angin barat daya yang terjadi karena perbedaan pemanasan antara permukaan daratan dan laut.

Kisah Laut Merah dan Nabi Musa AS

Nabi Musa AS membelah laut merah

sumber: istock

Laut Merah merupakan salah satu perairan yang disebut dalam kitab-kitab suci seperti Alkitab dan juga Al-Qur’an. Laut ini erat kaitannya dengan perjuangan Nabi Musa As dalam menyelamatkan Bangsa Yahudi dari kekejaman Firaun. Saat Nabi Musa AS memimpin Bangsa Yahudi melarikan diri menuju Yerusalem, langkahnya terhalang oleh Laut Merah. Atas izin tuhan, hanya dengan ketukan tongkat Nabi Musa AS, Laut tersebut terbelah membuka sebuah jalan menuju sisi wilayah Jazirah Arab.

Firaun dan pasukannya mengejar Nabi Musa AS, namun ketika pasukan Firaun tengah melintasi laut merah, laut tersebut kembali menyatu, menghantam dan menenggelamkan Firaun dan juga pasukannya. Hal ini bukan semata-mata hanya dongeng saja, telah di temukan bukti seperti tulang belulang kuda dan juga kereta perang yang di gunakan untuk mengejar Nabi Musa AS yang di temukan di dasar perairan laut tersebut.

Fakta-Fakta Tentang Laut Merah

Berikut adalah fakta-fakta tentang laut merah yang harus Anda ketahui:

1. Merupakan Laut Terasin di Dunia

Laut merah merupakan laut terasin di dunia dan bersuhu paling panas di dunia. Laut ini memiliki penguapan yang tinggi dengan curah hujan yang sedikit di setiap tahunnya, alasan mengapa laut ini menjadi sangat asin karena kadar garam atau salinitas berkisar antara 3,6% hingga 4,1% yang berarti ada sekitar 36 hingga 41 gram garam dalam satu liter airnya. Sementara umumnya salinitas rata-rata untuk air laut adalah 3,5%.

2. Laut Merah Di Kelilingi Oleh Gurun

Laut merah berada di wilayah yang di kelilingi oleh gurun. Iklim laut ini merupakan hasil dari dua musim muson, yaitu muson timur laut dan muson barat daya. Angin muson terjadi karena perbedaan pemanasan antara daratan juga lautan. Di pengaruhi oleh temperatur permukaan yang sangat tinggi menjadikan laut ini sebagai salah satu badan air laut yang paling hangat di dunia. Suhu air permukaan rata-rata  laut merah selama musim panas adalah sekitar 26 sampai 30 derajat celcius dan selama musim dingin bersuhu sekitar 25 derajat celcius.

3. Memiliki Ekosistem Yang Kaya dan Beragam

Pada laut merah ada lebih dari 1200 spesies ikan yang tercatat, dan sekitar 10% di antaranya tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Selain berbagai macam spesies yang tinggal di sana, laut ini juga menjadi tempat bagi beberapa spesies hewan laut yang langka dan unik, seperti hiu martil, hiu paus, ikan badut, dan ikan pari. Karena keanekaragaman hayati di dalamnya laut ini menjadi tempat populer bagi para peneliti dan pecinta alam.

4. Menjadi Salah Satu Tempat Terbaik Untuk Menyelam

Laut ini juga di kenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan penyelaman, hal ini karena laut ini memiliki keindahan terumbu karang dan juga keanekaragaman hayati di dalamnya. Di dasar laut merah terdapat terumbu karang yang berusia ribuan tahun dan juga bangkai kapal kuno yang menjadi rumah bagi berbagai spesies laut.

5. Menjadi Legenda Laut Mati

Laut merah adalah tempat di mana legenda laut mati berasal. Laut mati adalah danau asin yang terletak di antara Israel dan Yordania, dan ada cerita legenda mengenai laut mati yang di hubungkan dengan laut merah melalui sungai Yordania.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin mencoba langsung mencoba melihat keindahan laut merah di Arab namun Anda tidak tahu apa saja dokumen yang harus di terjemahkan secara legal? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami di percaya dan di akui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *