Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

7 Fakta Unik Negara Rumania: Istana Bagi Drakula Hingga Beruang Cokelat!

Pernahkah kamu mendengar bahwa drakula berasal dari negara Rumania? Istana Transylvania yang identik dengan tempat tinggal drakula teryata tak hanya fiksi belaka! Terletak di negara Rumania, Ternyata selain identik dengan drakula, Negara Rumania mempunyai banyak fakta menarik yang tak banyak orang tahu! Simak artikel ini selengkapnya!

Kunjungi website mediamaz.co.id atau kunjungi website blog mediamaz.co.id/artikel

Sejarah Negara Rumania

Rumania atau biasa orang menyebutnya dengan Romania adalah sebuah negara yang terletak di Eropa, tepatnya bagian Eropa Timur. Meskipun Rumania tidak se-terkenal negara yang berada di Eropa Barat lainnya, bukan berarti negara ini tidak penting. Nama “Rumania” sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “Romanus” yang berarti “warga Kekaisaran Romawi”. Ibu kota dari Rumania adalah Bucharest yang merupakan kota paling besar ke-6 di Uni Eropa. Rumania merupakan negara dengan wilayah terluas ke-9 dan dengan jumlah penduduk terbesar ke-7 di Uni Eropa. Berdasarkan sejarahnya, negara ini pernah dikuasai oleh beberapa kekaisaran, mulai dari Bangsa Dacia, Kekaisaran Romawi, kemudian Kekaisaran Bulgaria, lalu Kerajaan Hongaria, hingga Kesultanan Utsmaniyah. Berkat penyatuan dari dua wilayah yaitu Wallachia dan Moldavia, Rumania terbentuk pada tahun 1859 sebagai sebuah bangsa yang berdaulat.

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Rumania mendapat pengakuan atas kemerdekaan negaranya setelah mendukung Rusia pada masa Perang Rusia-Turki pada 1877-1878. Kemajuan negara ini mulai tampak dan stabil selama periode 1878 hingga 1914. Dalam bukunya yang berjudul Historia, Herodotus menulis tentang keberadaan suku Getae yang konon dipercaya sebagai nenek moyang bangsa Rumania. Setelah Perang Dingin antara dua blok berakhir, hubungan antara Rumania dengan Eropa Barat kian berkembang. Tepatnya pada 2004, Rumania resmi bergabung bersama NATO. Pada tanggal 1 Januari 2007, Rumania pun bergabung bersama Uni Eropa.

Jasa Penerjemah Tersumpah

Letak, Luas, dan Batas Wilayah Rumania

source elviajerofeliz.com

Dengan luas 92.043 mil persegi (238.391 kilometer persegi), Rumania menjadi negara terbesar di Eropa Tenggara. Ukurannya kira-kira sama dengan Inggris Raya dan sedikit lebih kecil dari negara bagian Oregon. Melansir laman geologinesia, letak Rumania secara astronomis terletak di antara garis 43°LU – 48°LU dan 20°BT – 29°BT. Sehingga negara ini masuk ke dalam zona waktu EET (UTC+2) dan EEST (UTC+3) pada waktu musim panas.

Secara geografis, Rumania berbatasan dengan Ukraina dan Hungaria di sebelah utara, Serbia dan Hongaria di sebelah barat, Republik Moldova dan Laut Hitam di sebelah timur, dan di sebelah selatan dengan Bulgaria. Negara ini memiliki iklim sedang dengan empat musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Baca Juga : 5 Destinasi Favorit di Vienna, Ibu kota Austria Untuk Liburan Musim Panas

Setelah mengetahui sedikit sejarah tentang Rumania, Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang mungkin belum Kamu ketahui mengenai negara Rumania:

Fakta-Fakta Menarik Tentang Negara Rumania

Jasa Penerjemah Tersumpah

1. Istana Drakula di Kota Transylvania

Jasa Penerjemah Profesional

transylvania rumania

source trafalgar.com

Istana Bran yang terletak di Transylvania ini terkenal karena melahirkan legenda vampir asli Count Drakula. Jauh sebelum vampir gemerlap Twilight, makhluk penghisap darah asli pada malam hari itu konon katanya berkeliaran di aula gelap Istana ‘Drakula’ Transylvania ini. Beberapa orang mungkin masih mengira bahwa Transylvania adalah tempat fiksi, namun nyatanya Transylvania merupakan salah satu kota yang ada di daerah pegunungan barat Rumania. Istana Bran ini berdiri megah di atas bukit berbatu di antara pegunungan Bucegi dan Piatra.

Tempat yang terkenal sebagai istana drakula ini pernah menjadi benteng pertahanan dan pusat komando militer sebelum menjadi rumah untuk Queen of Rumania dan Vlad drakula. Nama Dracula berasal dari ordo yang dimiliki ayah Vlad Tepes yaitu “Dracul” atau Naga. Vlad ini yang dikenal dengan nama anak drakula. Drakula sendiri sebenarnya tidak menghisap darah manusia, melainkan kisah tentang kekejaman Vlad selama pemerintahannya di Wallachia, Transylvania. Karena dia memiliki kelakuan sadis yaitu menusuk sate orang-orang yang menentangnya dari dubur sampai kepala.

Fakta-fakta lain tentang kota Transylavania di antaranya adalah :

  • Penulis Dracula tidak pernah benar-benar mengunjungi Istana Transylvania
  • Penduduk setempat mempercayai adanya dracula
  • Ada jalan rahasia di dalam Istana
  • Korban Vlad mencapai 100.000 orang
  • Para wisatawan menyebut tempat ini sebagai kastil paling angker di Eropa

2. Kota Bucharest Yang Menjadi “Little Paris”

source purevacations

Bucharest atau Bukares mendapat julukan “Paris Kecil” sekitar tahun 1900, tidak hanya karena arsitekturnya yang elegan, tetapi juga karena fakta bahwa penduduk setempat saling menyapa dalam bahasa Prancis. Berawal ketika Rumania mendapat perintah dari Raja Carol I, dan aristokrasi Rumania menggunakan kata-kata Prancis untuk saling menyapa dan mengenakan mode Paris terbaru, Bucharest dikenal sebagai Little Paris of the East. Bucharest adalah permata kecil Eropa. Arsitekturnya terinspirasi oleh struktur Paris, butik-butiknya apik, dan penduduk setempatnya elegan, berpendidikan, dan dinamis. Bucharest adalah ibu kota hijau. Rumah bagi taman yang indah dan teras yang apik, Bucharest tahu bagaimana membuat penduduk setempat senang selama musim panas. Herăstrău adalah taman terbesar di Bucharest, terletak di sekitar danau yang indah, dan rumah bagi banyak taman dan teras yang indah di dekat air atau di atas ponton yang bagus.

3. Orang Rumania Terobsesi dengan Bawang Putih

bawang putih rumania

source bbc.com

Masyarakat Rumania memiliki tradisi turun-temurun yaitu memakan bawang putih yang mereka percaya dapat melindungi manusia dari jiwa-jiwa negatif.  Seperti roh jahat orang yang sudah meninggal yang akan menghantui anggota keluarga yang masih hidup. Bawang putih juga menjadi obat-obatan untuk sejumlah penyakit seperti batuk dan juga demam. Selain itu, strigoi yang mereka yakini senang menghisap susu dari sapi dan para ibu yang baru saja melahirkan. Untuk para ternak, masyarakat Rumania terbiasa mengoleskan bawang putih di tanduk hewan mereka. Namun di luar cerita itu, bawang putih sebenarnya juga sering mereka gunakan di hampir setiap makanan bagi masyarakat Rumania. Saat banyak orang menghindari makanan yang mengandung bawang putih karena takut berbau mulut, justru orang-orang Rumania menggemari tanaman itu. Mereka mempunyai prinsip semakin banyak bawang putih, maka makanan itu akan semakin lezat.

4. Negara Terkaya di Eropa dengan Sumber Daya Emas

tambang emas rumania

source reuters

Terletak di jajaran Metalliferous dari Pegunungan Apuseni di barat Rumania, Roșia Montan menampilkan kompleks penambangan emas bawah tanah Romawi bawah tanah yang paling signifikan, luas, dan beragam secara teknis yang dikenal pada saat prasasti. Sebagai Alburnus Maior, itu adalah situs penambangan emas yang luas selama Kekaisaran Romawi. Beberapa abad yang lalu, penambangan emas masih dengan metode primitif. Pekerjaan di tambang dan kegiatan lain yang berkaitan dengan penggalian dan pengolahan bijih dilakukan melalui tenaga kerja manual. Membawa keranjang anyaman untuk menaruh bijih lalu mereka tempatkan di kedua sisi kuda atau bahkan di punggung anak-anak.

Para penambang bekerja di poros, dan mereka yang menggali bijih ke portal tambang disebut “rânzari”. Cara pengambilan emas ini berlangsung sampai tahun 1948 ketika undang-undang nasionalisasi menutup tambang dan para penambang emas kehilangan hak penambangannya. Setelah nasionalisasi, Mulailah penambangan skala besar dengan gerobak logam dengan mesin canggih lainnya. Program eksplorasi ekstensif mengungkap sejumlah besar deposit yang mengesankan. Ini adalah bagaimana pertambangan skala besar di Rumania lahir.

5. Memiliki Transfagarasan Sebagai Jalan Terindah di Dunia

source tripadvisor 

Jalanan terindah di dunia ini juga mempunyai label “Jalan Menuju Langit”, “Jalan Menuju Awan”, dan bahkan juga “Jalan Mengemudi Terbaik di Dunia”. Transfagarasan merupakan jalanan untuk mendaki, berkelok-kelok, dan turunan melalui Moldoveanu dan Negoiu sebagai puncak tertinggi di Pegunungan Fagaras dan di Rumania. Pada tahun 1970-1974, Nicolae Caucescu sebagai pemimpin komunis Rumania memerintahkan untuk membangun jalanan ini sebagai tujuan militer. Memiliki fungsi untuk memudahkan transportasi alat-alat militer Rumania sebagai antisipasi invasi Uni Soviet ke wilayah pegunungan Rumania.  Transfagarasan ini menghubungkan dua provinsi bersejarah Rumania, Transylvania (Pusat) dan Walachia (Selatan) melalui serangkaian lima terowongan, 27 jembatan dan 831 jembatan kecil .

Transfagarasan memiliki ketinggian sekitar 1.630 kaki di Cartisoara hingga hampir 6.700 kaki di Balea Lac. Jalan itu berada di bawah garis pohon yang memiliki ketinggian sampai sekitar 5.000 kaki. Perancangan jalan Transfagarasan ini memiliki kemiringan yang tidak terlalu curam, sehingga banyak tikungan tajam. Pembukaan jalanan ini mulai resmi pada tanggal 20 September 1974. Selama off-season dan hari kerja, jalanan Transfagarasan masih relatif tidak terlalu ramai. Namun, jalan yang indah ini bisa menjadi cukup ramai selama bulan-bulan liburan (Juli dan Agustus) dan akhir pekan.

6. Sebagai Tempat Setengah Populasi Beruang Cokelat di Eropa

source mossy.earth

Rumania menjadi rumah bagi 60% beruang coklat Eropa. Terdapat lebih dari 200.000 beruang coklat di dunia, 6.000 di antaranya berkeliaran di hutan Rumania di Pegunungan Carpathian. Berada di dalam hutan belantara terakhir yang benar-benar tersisa di Eropa, masih hidup salah satu makhluk paling menawan yaitu Beruang Coklat Rumania (Ursus arctos). Serangkaian serangan dalam beberapa tahun terakhir telah memicu gerakan melawan spesies simbol ini untuk melindungi pemukiman manusia di Pegunungan Carpathian. Pendukung gerakan ini mengklaim peningkatan populasi beruang adalah penyebabnya, namun, penelitian ilmiah membantah hal ini dan mengarahkan kita untuk mempertimbangkan perambahan manusia terhadap habitat beruang coklat sebagai akar penyebab konflik.

Beruang coklat Eropa dapat mencapai ukuran tinggi lebih dari 7 kaki (2,20 m) dengan berat antara 100-350kg, meskipun mereka lebih kecil dari ‘coklat besar’ Amerika Utara di pantai Alaska, yang dapat tumbuh hingga 8 kaki dan 540kg. Meskipun menjadi karnivora terbesar di Eropa, mereka sangat cepat dan dapat berlari dengan kecepatan 30mph. Mereka juga menjadi pemanjat pohon yang hebat. Menjadi beruang yang paling banyak tersebar di dunia, membuktikan spesies unik ini oportunistik dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca Juga : Tempat Hiburan Seru yang Ada di Tokyo Dome!

7. Tambang Garam Tertua Yang Kini Menjadi Taman Hiburan Bawah Tanah

source planswift.com

Salina Turda, merupakan tambang garam tertua yang berada di Turda, sebuah kota di Transylvania, Rumania. Tambang garam ini mempunyai kedalaman 122 meter, telah menjadi tempat penambangan garam selama lebih dari 900 tahun. Pada tahun 1932, Salina Turda tutup karena persediaan garam yang semakin sedikit. Setelah 60 tahun, tambang ini kembali buka namun berubah menjadi taman hiburan di bawah tanah. Taman hiburan ini menawarkan keunikan tersendiri, karena biasanya biang lala berada di kawasan outdoor tetapi di sini berada di bawah tanah. Untuk mengunjungi taman hiburan di bawah tanah ini, kamu harus menuruni jalanan sedalam 40 meter menuju bawah tanah.

Tidak hanya biang lala, di sini juga terdapat beberapa fasilitas lain seperti:

  • Mini-golf – 6 jalur berbeda, dengan klub untuk anak-anak dan dewasa
  • Bowling – dua jalur bowling mini;
  • Lapangan olahraga – di sini kamu dapat bermain bola tangan, tenis sepak bola, dan bulu tangkis;
  • Biliar – terdapat 3 meja biliar;
  • Tenis meja – berjumlah 6 meja, lengap dengan aksesoris;
  • Taman bermain untuk anak-anak – dengan seluncuran dan papan basket mini;
  • Naik perahu di danau di Theresa Mine – perjalanan santai dalam suasana yang unik

Itu dia deretan 7 fakta unik tentang negara Rumania, Ternyata ada banyak sekali keunikan dari negara ini yang menarik untuk kamu kunjungi lho! Bagi kamu yang berminat untuk mengunjungi Rumania, jangan lupa untuk persiapkan seluruh dokumen kelengkapan sebelum berangkat ke luar negeri!

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Urus Dokumen Persyaratan ke Luar Negeri di Mediamaz Translation Services!

Apabila kamu hendak pergi berlibur mengunjungi Negara Rumania, maka kamu wajib untuk mempersiapkan dokumen-dokumen untuk pengajuan VISA sebagai berikut :

  1.  Paspor yang masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kedatangan dan paspor lama.
  2. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 = 2 lembar, dengan latar belakang putih, dan hasil cetakan diatas kertas cetak foto, bermutu cetak baik dan jelas penampilannya.
  3. Apabila nama yang tertera di paspor berbeda, maka lampirkan fotokopi Surat ganti nama.
  4. Jika istri ikut bepergian, lampirkan fotokopi Akte Nikah.
  5. Bila anak ikut bepergian dan masih sekolah, maka lampirkan :
    • Fotokopi Kartu pelajar,
    • Fotokopi Akte kelahiran
  6. Tiket asli.
  7. Konfirmasi hotel selama perjalanan di Eropa.
  8. Formulir yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani oleh pemohon. Untuk anak yang belum mempunyai KTP, formulir ditanda tangani oleh kedua orang tuanya.
  9. Asuransi perjalanan

Mediamaz TS menyediakan  jasa penerjemah tersumpah, serta legalisasi dokumen ke kedutaan seperti visa, paspor, imigrasi, serta ekspatriat yang pastinya aman, terpercaya, cepat, dan mudah. Dengan menawarkan harga yang terjangkau, proses legalisasi dokumen di Mediamaz TS satu pintu tanpa ribet! Oleh karena itu, untuk mengurus proses pengajuan serta legalisasi dokumen untuk pengajuan VISA kamu sebelum mengunjungi Negara Rumania, menggunakan jasa legalisasi dokumen di Mediamaz TS merupakan pilihan yang tepat!

Untuk infomasi lebih lengkapnya, kamu dapat menghubungi tim marketing kami, disini.

Jasa Penerjemah Profesional

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team 
Sewa Alat Interpreter Terbaik
Jasa Penerjemah Tersumpah
Jasa Penerjemah Profesional

Navigasi Website :
Website Utama
Blog Mediamaz TS
Kontak
Cara Menjadi Translator
Cara Menjadi Interpreter
Sertifikasi Translator
Sertifikasi Interpreter
Hire Penerjemah
Outsourcing Penerjemah

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *