Fakta Unik Sistem Pendidikan dari 5 Negara Dunia | MediamazTS

Fakta Unik Sistem Pendidikan dari 5 Negara Dunia | MediamazTS

Fakta Unik Sistem Pendidikan dari 5 Negara Dunia | MediamazTS

Berbicara tentang pendidikan memang tidak akan ada habisnya, karena begitu banyak pengalaman menarik ketika pelajar mengenyam bangku sekolah. Pengalaman menarik tersebut seakan menciptakan fakta unik yang menarik untuk dibahas satu-persatu. Setiap negara memiliki fakta unik tentang pendidikan yang berbeda-beda, tergantung dengan sistem pendidikan, tingkat ekonomi, atau kultur dari negara tersebut. Berikut merupakan fakta unik tentang pendidikan di berbagai negara di dunia. 

 

Negara Jepang

Siapa yang tidak tahu tentang negara yang satu ini. Selain tumbuh dengan ekonomi dan sumber daya manusia yang berkualitas, aspek pendidikan di jepang juga dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing di dunia. Tapi tahu nggak sih, kalau Jepang punya fakta yang unik yang perlu diketahui. Salah satu fakta uniknya yaitu, beberapa sekolah di Jepang menawarkan seragam sekolah unisex untuk mengajarkan kesetaraan gender pada siswa laki-laki. Tidak hanya menjunjung tinggi norma budaya, tetapi juga memberikan pemahaman penting sejak dini. Wah, keren ya.

 

Jerman

Perlu diketahui bahwa Jerman tidak hanya memfokuskan pendidikan akademik, namun juga menyeimbangkan dengan kemampuan non-akademik (bersosialisasi/seni/olahraga/dll). Maka dari itu, pemerintah Jerman melarang siswa umur 6-15 tahun untuk melakukan homeschooling dan mewajibkan untuk belajar langsung di sekolah. Kemudian, pemerintah juga mendanai secara keseluruhan biaya pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Asiknya, jam sekolah di Jerman memang lebih singkat yakni sampai sebelum jam makan siang dan sisanya diisi dengan jam pelajaran non-akademik. 

 

Korea Selatan

Negara yang terkenal dengan produksi film dramanya ini diketahui memiliki fakta pada bidang pendidikan yang perlu diketahui. Sebagai negara yang berkembang, pemerintah Korea menetapkan jam belajar yang ekstra bagi para pelajarnya. Bagi siswa SMP diharuskan belajar di sekolah mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 04.30 sore. Sedangkan untuk siswa SMA yaitu mulai dari jam 08.00 pagi hingga 10.00 malam. Hal tersebut belum termasuk tugas-tugas tambahan (homework). Persaingan yang ketat dan beban belajar yang terlalu berlebih membuat banyak siswa di Korea Selatan menjadi stress dan memutuskan untuk melakukan bunuh diri. 

 

Finlandia

Berbicara tentang sistem pendidikan, Finlandia merupakan negara yang paling sering dibicarakan. Dikatakan demikian karena negara tersebut memiliki kualitas dan sistem pendidikan terbaik di dunia. Faktanya tidak sampai di situ, setiap sekolah juga tidak menerapkan sistem bagi rapot atau ranking untuk para siswanya. Bahkan, tidak ada yang namanya persaingan antar siswa, sekolah, hingga daerah. Tujuannya antara lain untuk mennumbuh kembangkan kepercayaan atas kemampuan belajar dan berpikir yang dimiliki. 

 

Bangladesh

Dari total keseluruhan luas daratan, sekitar 70% negara Bangladesh berada kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat negara Bangladesh kerap kali dilanda banjir. Mengatasi hal ini, banyak pihak harus mencari akal agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya yaitu pada sektor pendidikan. Menanggulangi permasalahan tersebut, terdapat 100 sekolah memutuskan untuk membuat sekolah terapung. Sekolah yang dibangun dalam bentuk kapali ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti panel surya sebagai sumber listrik, internet, perpustakaan, dan lain-lain.

 

Itu dia beberapa fakta unik sistem pendidikan yang ada di berbagai negara di dunia. Dengan dituliskannya artikel ini, diharapkan dapat menjadi motivasi yang lebih untuk para pelajar atau siswa di negara lainnya termasuk Indonesia.

Butuh penerjemah tersumpah untuk memenuhi persyaratan dokumen? Meddy siap melayani kamu selama 24 jam. Tidak hanya berpengalaman, Mediamaz Translation Service juga telah memiliki sertifikat legal dan resmi. Tanpa mengurangi kualitasnya, biaya yang ditawarkan sangat terjangkau. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.