Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Fashion Week di Seluruh Dunia: Ada di Negara Apa Saja?

Setiap mendengar kata fashion week, pasti kita langsung terngiang dengan citayam fashion week. Sebenarnya, acara fashion week merupakan acara tahunan yang berlangsung di banyak ibu kota di berbagai negara. Lantas, bagaimana sebenarnya sejarah yang mengawali adanya acara tahunan fashion week di berbagai ibu kota negara? Lalu, negara mana sajakah yang menggelar acara penampilan fashion tahunan ini? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Arti Fashion Week

fashion week

source vogue

Fashion week yang ada di bayangan kita tampak seperti pagelaran yang sangat megah dan glamor. Yang menampilkan pertunjukan model berjalan di atas catwalk yang sangat luas dan banyak sekali foto gaya jalanan. Serta banyak juga kalangan dari selebritis yang handir dengan berdandan yang duduk di barisan depan. Sebenarnya, fashion week atau pekan busana merupakan salah satu acara penting dan sangat bergengsi di dalam dunia mode.

Fashion week adalah suatu acara saat para desainer terkenal atau papan atas mempresentasikan koleksi busana yang telah mereka rancang kepada publik. Pertunjukkan tersebut biasanya menampilkan koleksi busana yang akan segera launching pertama kalinya. Acara fashion week ini juga tidak sembarangan orang dapat memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dalam acara tersebut. Lalu, bagaimana sejarah dan dimana pertama kali fashion week diselenggarakan?

Sejarah Bermulanya

history of fashion week

source savoirflair

Melansir web teenvogue, Acara fashion week atau pekan mode secara resmi mulai pertama kali sebagai “Pekan Pers” pada tahun 1943 saat puncak Perang Dunia II. Awal konsep dari fashion week ini berasal dari Paris sebagai pusat fashion dunia, namun Media mode Amerika tidak dapat menempuhnya karena perang. Sehingga saat pertunjukkan koleksi musim berikutnya, New York menjadi kota terpilih untuk mengadakan acara tersebut. Sejak saat itu, “Press Week” berubah menjadi “Fashion Press Week” dan pertunjukan mode fashion tersebut berlangsung di berbagai tempat di seluruh kota New York.

Sementara itu, justru acara Paris Fashion Week sendiri secara resmi berlangsung pertama kali pada tahun 1973. Paris memang terkenal sebagai pusat mode, kota haute couture, whirring atelier, dan reputasi yang mereka miliki terhadap industri fashion sangat bergengsi. Reputasi ini terbangun atas citra warisan dan keanggunan seperti mengutip dari buku Valerie Steele berjudul “Paris: Capital of Fashion yang berbunyi “The history of Paris fashion blurs inextricably into myth and legend”. Acara fashion week ini biasanya terselenggara dua kali dalam setahun saat musim semi dan musim gugur.

Daftar Negara yang Menyelenggarakan Fashion Week

Selain Paris dan New York, pekan mode ini juga berlangsung di berbagai negara di seluruh dunia termasuk Indonesia loh! Lalu, negara mana sajakah yang juga menyelenggaraka pekan fashion ini?

1. Paris, Perancis

source nyt

Pada awal mode Paris tercipta, sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, desainer seperti Charles Worth dan Paul Poitret menampilkan karya busana mereka dalam sebuah show. Pada saat bersamaan, salah satu desainer Lucile yaitu Lady Duff-Gordon juga melakukan hal yang sama di London. Paul Poiret yang terkenal dengan desain busana mewah dan mengalir, memutuskan untuk menggabungkan antara perdagangan dan sosialisasi. Ia kemudian membuat sebuah acara mewah dengan syarat para undangan datang dengan pakaian terbaik mereka. Pada tahun 1911, Paul mempersembahkan hasil karya gaun-gaun lampshade dan celana haremnya dalam acara pesta The Thousand and Second Night.

Di tahun 1920 – 1930, Paris telah menjadi trendsetter bagi label-label besar seperti Coco Chanel, Elsa Schiaparelli, hingga Madeleine Vionnet. Show yang mereka selenggarakan tidak lagi seperti pesta besar, namun justru menjadi jauh lebih kecil dan lebih private. Karena setiap rumah mode akan menampilkan koleksi rancangan mereka menggunakan model, di acara khusus untuk para klien mereka. Karena kekhawatiran yang besar serta pencegahan terhadap penjiblakan desain atau isu plagiarisme, maka pada saat itu, fotografer tidak boleh untuk hadir. Paris Fashion Week sendiri resmi berlangsung pada tahun 1973 dengan pembentukan Fédération Française de la Couture serta dengan pembukaan Battle of Versailles Fashion Show yang mengubah permainan. Pertunjukan ini menampilkan variasi busana yang menggambarkan ketegangan bersejarah antara mode Paris dan New York.

Acara yang berlangsung juga sekaligus penggalangan dana untuk merestorasi Istana Versailles yang menghadirkan Yves Saint Laurent, Emanuel Ungaro, Christian Dior yang saat itu dirancang oleh Marc Bohan, Pierre Cardin, dan Hubert de Givenchy dari tim Perancis. Sementara itu,  Anne Klein, Halston, Oscar de la Renta, Bill Blass, dan Stephen Burrows sebagai wakil dari Amerika. Secara mengejutkan, Perancis yang menghadirkan model dari Afrika dan Amerika, serta penampilan Lisa Minnelli berhasil menjadi pemenangnya.

2. New York, Amerika

source scmp

New York Fashion Week pertama kali diselenggarakan pada tahun 1943 oleh Eleanor Lambert, ketua pers organisasi promosi pertama industri mode Amerika, New York Dress Institute.
Acara tersebut menjadi pekan mode terorganisir pertama di dunia dengan julukan “Press Week”. Acara ini terselenggara untuk menarik perhatian dari mode Prancis selama Perang Dunia II, ketika orang dalam industri mode tidak dapat melakukan perjalanan ke Paris untuk melihat peragaan busana Prancis. Selain itu juga bertujuan untuk menampilkan desainer Amerika untuk jurnalis mode, yang telah mengabaikan inovasi mode AS. Pada pertengahan tahun 1950-an, acara ini berubah menjadi “Press Week of New York”. Pada saat musim semi tahun 1951 (diselenggarakan Februari 1951) adalah Pekan Pers Tahunan ke-16 di New York.

New York Fashion Week (NYFW) diadakan setahun dua kali di bulan Februari dan bulan September. Para desainer selalu menunjukkan koleksi terbaru mereka untuk musim yang akan datang. Pertunjukan fashion yang selalu berbeda dengan berbagai rangkaian pertunjukan catwalk di sepanjang tahun. Ada banyak fashion desainer kelas dunia yang turut merayakan acara NYFW seperti Anna Sui, Brandon Maxwell, dan masih banyak lainnya. Koleksi yang mendominasi acara fashion week ini adalah  sportswear. Hal ini berkaitan dengan olah raga yang telah menjadi gaya hidup dan sportswear yang selain outfit fungsional, namun juga high fashion.

3. Jakarta, Indonesia

source jakartafashionweek

Jakarta Fashion Week atau JFW adalah sebuah pameran fashion yang berlangsung setahun sekali di Jakarta, Indonesia. JFW juga menjadi pameran fashion terbesar di Asia Tenggara. Penyelenggara acara ini adalah GCM Group (sebelumnya merupakan bagian dari Femina Group) sebagai sebuah platform collab antara petinggi dengan pelaku dan komunitas di industri kreatif dan mode. Tujuan dari pameran ini adalah untuk memberikan inspirasi fashion untuk industri mode di Indonesia. Selain itu, acar ini juga sebagai wadah untuk menampilkan kekayaan Indonesia dalam talenta dan kreativitas. Sehingga, Jakarta menjadi pusat fashion di tingkat regional dan dunia.

Para tamu yang dapat hadir di Jakarta Fashion Week juga tidak sembarangan. Seperti kalangan selebritis, sosialita, klien, pers lokal dan asing, serta pecinta mode. Mereka dapat menikmati presentasi dari para perancang mode, terutama yang berasal dari Indonesia, seperti Anne Avantie, Rinaldy Yunardi, dan Dian Pelangi.

4. Milan, Italia

source stylecaster

Milan Fashion Week adalah peragaan busana dua tahunan yang berlangsung di Milan, Italia. Berdiri pada tahun 1958, Milan Fashion Week diselenggarakan oleh Camera Sindacale della Moda Italiana, yang kemudian berubah nama menjadi Camera Nazionale della Moda Italiana. Pada saat itu, acara terdiri dari pertunjukan catwalk dan pameran yang menampilkan industri fashion Italia dan bakatnya. Saat ini, Milan Fashion Week masih diselenggarakan oleh Camera Nazionale della Moda Italiana, yang bertujuan untuk mempromosikan perancang busana Italia dan internasional.

Belakangan ini, Milan Fashion Week telah pindah ke tiga tempat utama di kota Milan: Spazio Cavallerizze, yang merupakan bagian dari Museum Sains dan Teknologi Nasional Leonardo da Vinci; Sala delle Cariatidi di Palazzo Reale dan Padiglione Visconti, di jantung Scala Ansaldo Workshop. Lokasi pertunjukan lainnya juga berlangsung di seluruh kota, terutama untuk rumah mode yang lebih besar seperti Gucci, Dolce & Gabbana atau Prada. Beberapa lokasi ikonik termasuk pertunjukan Alta Moda & Alta Sartoria 2018 putra Dolce & Gabbana di Villa Carlotta di samping Danau Como, pertunjukan SS16 Peuterey di kebun anggur Leonardo da Vinci yang dipugar di Casa degli Atellani atau pertunjukan SS18 Jil Sander di kompleks Fiera di Milano.

5. London, Inggris

london fashion week

source vogue

Berbagai masyarakat telah mengklaim dan menetapkan London Fashion Week, termasuk fashion PR Percy Savage. Sosok yang sebelumnya membantu meningkatkan profil Lanvin dan Yves Saint Laurent di Paris sebelum pindah ke London pada tahun 1974, Savage kelahiran Australia menggelar pertunjukan London pertamanya, “The New Wave”, di The Ritz , yang selanjutnya muncul dengan “London Collections”, yang menampilkan desainer seperti Zandra Rhodes dan Bruce Oldfield, dengan barisan depan Putri Margaret dan Bianca Jagger.

Namun pada dekade berikutnya, London Fashion Week seperti yang kita kenal, dengan pembentukan British Fashion Council (BFC) pada tahun 1983, London Fashion Week resmi berlangsung pertama kali pada tahun 1984. Pada tahun yang sama melihat penghargaan Designer of the Year perdana. Katharine Hamnett yang kemudian memenangkan penghargaan tersebut. Kemudian menimbulkan kegemparan selama pertemuannya yang terkenal dengan Margaret Thatcher ketika ia mengenakan T-shirt bertuliskan pesan anti-nuklir “58% Don’t Want Pershing”. Hamnett mendapatkan hasil yang ia inginkan dengan Thatcher yang tampaknya mengoceh seperti ayam dan fotografer mengabadikan momen tersebut.

Lokasi pertama untuk LFW adalah tempat parkir mobil. Tempat parkir Commonwealth Institute di Kensington, tepatnya. Selama sisa tahun 1980-an, tempat ini dan Kensington Olympia akan menjadi tuan rumah bagi para desainer dari Ghost, hingga Betty Jackson, Jasper Conran, dan John Galliano muda (Kate Moss membuat debut catwalknya pada usia 15 tahun pada pertunjukannya tahun 1989). Adegan mode London pada waktu itu sangat terinspirasi oleh klub, budaya tandingan, dan desain yang berpikiran maju.

Kamu ingin mengunjungi langsung kota-kota dari negara yang menyelenggarakan fashion week? urus dulu dokumen-dokumen persayaran ke luar negeri di Mediamaz Translation Service!

universitas yale

Mediamaz Translation Service sebagai perusahaan penerjemahan terbesar di Indonesia bisa membantu Kamu untuk mengurus seluruh kebutuhan dokumen ke luar negeri. Dengan layanan penerjemah tersumpah serta legalisasi, dapat membantu menyelesaikan masalah dokumen persayaratan ke luar negeri dengan One Stop Solution!

Yuk segera hubungi tim marketing kami, di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *