Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Ini Dia Prospek Kerja dan Gaji Kerja di Korea Selatan Setelah Lulus Kuliah

gaji kerja di korea

Gaji kerja di korea merupakan gaji idaman para pekerja, alasannya adalah gaji kerja di korea terkenal sangatlah fantastis. Dan kerja di korea pasca studi ternyata bisa dilakukan jika kamu memenuhi persyaratan dan kualifikasinya. 

Bisa kerja di Korea Selatan setelah lulus kuliah merupakan impian banyak orang. Tidak hanya dari musik dan dramanya saja, Kore Selatan juga sangat terkenal sebagai sektor kebudayaan, pariwisata, dan industri bisnis yang sangat maju. Hal ini karena Korea Selatan merupakan salah satu negara Asia yang mempunyai pengaruh besar terhadap perekonomian dunia. Jadi kamu jangan heran kalau gaji yang ditawarkan cukup besar dan menjanjikan. Dan bagaimana peluang kerja Korea Selatan setelah lulus kuliah? Simak terus informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Prospek kerja setelah lulus kuliah di Korea Selatan

Pemerintahan Korea Selatan menerima mahasiswa internasional yang memang ingin berkarir dalam sektor tertentu. Ada beberpa peluang untuk bisa mengajukan visa kerja di Korea Selatan setelah pasca studi.

– Memiliki gelar Bachelor / S1 bidang Ilmu Alam dan juga Teknik

– Memiliki gelar Master / S2 bidang sastra dari universitas di Korea

– Mengajukan visa untuk profesor

Jika kamu bukan salah satu diantaranya, memang cukup susah untuk bisa langsung bekerja. Walaupun peluang kerja yang cukup ketat dengan persaingan, tetapi kamu juga bisa mengajukan jenis visa berikut:

– Visa Tenaga Kerja Asing melalui program G to G (E-9)

Untuk bisa bekerja di Korea Selatan , kamu dapat mengikuti program G to G atau Government to Government. Ini merupakan kesempatan kerja Korea Selatan karena kerjasama antara kementerian Tenaga Kerja Korea bekerja sama dengan BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia). Sedikitnya ada lima sektor pekerjaan yang tersedia, yaitu perikanan, jasa, manufaktur, pertanian, dan juga konstruksi. Dari lima sektor tersebut, saat ini pemerintah Korea Selatan baru saja membuka dua sektor untuk pekerja Indonesia , yaitu manufaktur dan juga perikanan.

Jika kamu memilih kerja di Korea pada bidang manufaktur, kamu ditempatkan pada pabrik seperti pabrik tekstil, makanan, baja, elektronik, besi, dan juga onderdil mobil. Sedangkan untuk pekerja pada bidang perikanan, kamu akan bekerja pada tempat perikanan bagian pengepakan ikan.

Syarat dan tahapan untuk bisa bekerja di Korea Selatan

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum bekerja di Korea Selatan. Ada syarat-syarat yang memang harus kamu penuhi mulai dari berkas, syarat kemampuan, dan juga kesehatan.

1. Penuhi syarat dan kriteria

Syarat dan kriteria dari perusahaan terkadang berbeda-beda. Akan tetapi secara garis besar yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

– Pria dan juga wanita usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar

– Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh pemerintahan Indonesia

– Sehat jasmani dan rohani

– Tidak memiliki penyakit hepatitis, TBC, HIV, penyakit kelamin dan lain sebagainya

– Tidak buta warna total atau parsial

2. Melakukan pendaftaran secara online

Kamu dapat mendaftar pada website resmi BP2MI. Terdapat 2 pilihan yang akan bisa kamu ambil ketika ingin bekerja di Korea Selatan.

– CBT Khusus. Pilihan ini dapat kamu pilih jika pernah ke Korea dan ingin berkarir kembali, namun syaratnya adalah saat masa kerja belum ada 5 tahun, bila sudah lebih dari pada 5 tahun, tidak bisa mengajukan diri lagi.

– CBT Umum. Pilihan ini tertuju untuk kamu yang memang belum pernah kerja di Korea dan baru pertama kali mendaftar

Gaji kerja di korea selatan (rata-rata)

Gaji yang dapat diterima pada saat bekerja tergantung jenis pekerjaanya, tingkat pendidikan,dan juga pengalam kerja. Akan tetapi, secara umum gaji kerja di Korea Selatan cukup tinggi daripada negara Asia lainnya.

Berikut ini merupakan gambaran gaji yang mungkin bisa tercapai saat bekerja di Korea Selatan.

– Guru: gaji guru berkisar antara 1.5 juta won (sekitar Rp 17 juta) hingga 3 juta won perbulan

– Karyawan kantoran: gaji karyawan kantoran berkisar 1.5 juta won hingga 4 juta won perbulan

– Teknisi: gaji teknisi berkisar 1.5 juta won hingga 3 juta won perbulan

– Dokter: gaji dokter berkisar 3 juta won hingga 10 juta won perbulan

– Koki: untuk gaji koki sendiri berkisar antara 1.5 juta won hingga 3 juta won perbulan

Untuk jam kerjanya sendiri itu terkenal dengan masyarakat yang sangat pekerja keras. Sebelum tahun 2018, jam kerja di Korea Selatan terbilang sangat panjang yakni 68 jam per minggu. Tetapi jam kerja tersebut berubah menjadi 40 – 50 jam perminggu. Hal ini karena demi meningkatkan kualitas dari sumber daya manusianya. Dan selain itu juga mendukung pertumbuhan populasi.

Lalu apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar gaji kerja di korea selatan mulai dari prospek kerja, hingga syarat-syarat kerja. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan Korea). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu akan hal tersebut. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *