Gwangju dan Seribu Kisah Menarik Lainnya

Gwangju dan Seribu Kisah Menarik Lainnya

Bagi kamu para penggemar K-pop maupun kebudayan Korea Selatan lainnya, pasti kamu sudah familiar dengan kota Gwangju. Banyak acara varietas, drama atau series hingga film mengambil lokasi di Gwangju. Sebagai salah satu kota terbesar di Korea Selatan, Gwangju memiliki ragam istimewa yang patut kamu telusuri sebagai destinasi berlibur yang mengasyikan.

Tidak hanya memiliki banyak daerah yang indah, Gwangju juga tidak lepas dari kisah pedih pembantaian yang sempat menimpa. Untuk mengetahui berbagai hal menarik dari Gwangju, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini :

1. Infografis kota Gwangju

Bendera Gwangju photo by wikipedia

Gwangju merupakan salah satu kota metropolitan terbesar urutan ke 5 di Korea Selatan. Berada dalam pengawasan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Korea Selatan. Kota Gwangju pada awalnya adalah ibu kota dari provinsi Jeolla Selatan, kemudian memisahkan diri pada tahun 2005.

Kota Gwangju terletak pada bagian tenggara provinsi Gyeonggi, Kota Hanam di Barat Laut, Yongin di Selatan, sisi timur oleh Yangpyeong dan Yeoju serta sisi barat dengan Seongnam. Sebagai salah satu kota metropolitan, kota ini memiliki populasi sebanyak 1.415.953 dengan luas daerah sebesar 501 km². Pemegang kekuasan tertinggi dan penanggung jawab resmi pada kota metropolitan adalah seorang wali kota.

Berdiri atas dua kata yakni “gwang” berarti cahaya dan “ju” berarti provinsi. Secara historis, Gwangju tercatat sebagai Muju, yaitu Silla yang menggabungkan semua tanah untuk mendirikan provinsi Gwangju, Ungju, Jeonju, dan lainnya pada wilayah kuno Silla.

2 Sejarah berdiri nya

Berdiri pada tahun 57 SM. Kota ini menjadi salah satu pusat administrasi pada 3 periode kerajaan. Pada awal pendiriannya, kota ini bernama Baekje, wilayah ini kemudian mengalami pembaruan oleh Raja Seong dan menjadi bagian dari Silla pada pimpinan Raja Jinheung. Kemudian pada masa pemerintahan Raja Gyeongdeok dari Silla, Provinsi ini kembali berganti nama menjadi Hanju.

Kembali berganti nama pada masa kepemimpinan Raja Taejo, namun tetap memiliki makna yang sama. “Han” 한주(漢州)  yang berarti besar dalam bahasa Korea dan “Gwangju” 광주(廣州)  yang berarti luas.

3 Pembagian administratif Kota Gwangju

wilayah administratifphoto by namuwiki

Wilayah Gwangju terbagi menjadi 5 distrik, yakni :

  • 북구 (Buk-gu)
  • 동구 (Dong-gu)
  • 광산구 (Gwangsan-gu)
  • 남구 (Nam-gu), terbagi menjadi 28 RW
  • 서구 (Seo-gu), memiliki 17 RW

4. Iklim

iklim - gwangjuphoto by weatherspark

Memiliki cuaca yang lebih sejuk dari iklim subtropis lembab pada empat musim dan curah hujan yang berbeda sepanjang tahun. Ketika musim dingin, cuaca Gwangju lebih ringan daripada kota Seoul dan kota lainnya ke utara. Pada musim panas, curah hujan sangat melimpah. Gwangju terkenal sebagai salah satu kota terpanas di Korea Selatan ketika musim panas melanda.

5. Rekomendasi tempat wisata populer di Gwangju

  • Pasar Stasiun Songjeong 1913

    pasar stasiun songjeong 1913photo by visitkorea

    Meskipun terkenal dengan gemerlap mewah kota-kota, berkunjung ke pasar tradisional di Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wajib yang harus masuk dalam list liburan kamu. Kamu akan menemukan banyak jajanan pasar yang sangat beragam, dengan harga yang relatif terjangkau dari supemarket. Tidak hanya menjual makanan tradisional, pasar Stasiun Songjeong juga mnyediakan makanan modern seperti : baguette hamburger dan yogurt ginseng merah. Salah satu makanan terkenal dari pasar ini adalah Bulkkochaengi, yaitu gulungan goreng terbuat dari samgyeopsal dengan isian kimchi dan sayuran.

    Alamat : 38, Songjeong-ro 16beon-gil, Gwangsan-gu, Gwangju (광주광역시 광산구 송정로16번길 38)
    Petunjuk arah: Jalan sekitar 3 menit dari Stasiun Gwangju-Songjeong, Pintu Keluar 5
    Jam operasional: Sen-Kam 11:00-22:00 / Jum-Min 11:00-23:00 * Tutup Senin kedua dan keempat setiap bulan
    Parkir : Memiliki tempat parkir umum dan bisa menampung sebanyak 30 kendaraan, berjarak 50 meter dari pasar

  • Desa Sejarah & Budaya Yangmin

    Yangmin History and Culture Villagephoto by visitkorea

    Jika kamu berminat untuk mempelajari sejarah dan budaya kota Gwangju, kamu wajib merencanakan liburan berkunjung ke Desa Sejarah & Budaya Yangmin. Daerah yang memiliki arsitektur unik dari sejarah modern ini juga mempunyai phon-ppohon besar yang berusia lebih dari 100 tahun. Desa ini menampilkan mural yang berwarna-warni dan barang-barang unik dari tahun 70 sampai 80 an. Keunikan lainnya adalah desa ini memiliki banyak gang-gang sempit yang bernuansa menarik, sehingga pengunjung bisa mengambil gambar yang terbaik.

    Alamat: 201-64, Yangnim-dong, Nam-gu, Gwangju (광주광역시 남구 양림동 201-64)
    Petunjuk arah: Jalan sekitar 15 menit dari Stasiun Namgwangju (Gwangju Subway Line 1), Pintu Keluar 3
    Jam operasional: Buka 24 jam (Jam bervariasi di setiap toko)

  • Asia Culture Complex (국립아시아문화전당)

    photo by acc

    Pusat Kebudayaan Asia atau ACC adalah kompleks seni yang terselenggara untuk merayakan dan menjelajahi budaya sejarah artistik dan demokratis Gwangju, serta menyediakan ruang untuk menyelenggarakan pameran, pengalaman dan acara dari seminar internasional. Terdapat lima fasilitas: ACC Exchange, Theater, Creation, Archive & Research serta ACC children.

    Alamat: 38 Munhwajeondang-ro, Dong-gu Gwangju
    untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi website berikut ini : https://www.acc.go.kr/en/exhibition.do?PID=0202

  • Mudeungsan National Park

    Mudeungsan national park photo by visitkorea

    Merupakan sebuah gunung yang meluas ke distrik Buk-gu, Gwangju serta Kabupaten Hwasun dan Damyang di provinsi Jeollanam-do. Gunung yang memiliki ketinggian sejauh 1.187m atau 3.894 kaki menjadi bagian dari Taman Nasional Mudeungsan pada tahun 2012. Terdapat banyak jenis hewan yang hidup pada pegunungan ini, seperti : Berang-berang, kucing liar, elang dan bebek mandarin yang berstatus terancam punah di Mudeungsan.

    Bisa mengunjungi situs berikut ini untuk mengetahui info selengkapnya : https://english.knps.or.kr/

  • Gwangju Biennale

    gwangju biennalephoto by gwangjubiennale

    Menjadi acara untuk pertukaran budaya internasional dan platform seni visual. Gwangju Biennale sudah berkontribusi sejak pertengahan tahun 1990-an. Tujuan beridirnya acara ini adalah untuk menyembuhkan sejarah traumatis pemberontakan Mei 1980 melalui sarana estetika.   Gwangju Biennale terus menyebarluaskan pesan-pesan demokrasi, hak asasi manusia, dan perdamaian di seluruh Asia dan dunia, serta di dalam komunitas lokal. Gwangju Biennale terus menyebarluaskan pesan-pesan demokrasi, hak asasi manusia, dan perdamaian di seluruh Asia dan dunia, serta di dalam komunitas lokal.

    Jika kamu tertartik mengikuti acara ini, kamu bisa melihat info lebih jelasnya pada situs berikut : https://biennialfoundation.org/biennials/gwangju-biennale/

  • Festival Keramik

    Acara yang terselenggara setiap tahun ini karena menjadi awal mula keramik kerajaan pada Dinasti Joseon. Pertama kali dimulai tahun 1998, memiliki beberapa acara yakni: Pertunjukan, Pameran serta kegiatan lainnya. Kegiatan ini tidak meminta pungutan biaya, hanya saja ketika masuk ke dalam museum kamu akan membayar sejumlah uang.

    Alamat: Gonjiam Ceramic Park. 727 Gyeongchung- daero, Gyeonggi-do
    Transportasi: [Kereta bawah tanah + Bus]

    • Stasiun Gangbyeon (Kereta bawah tanah Seoul line 2), pintu keluar 1. Kemudian naik bus No. 1113-1 menuju Museum Keramik Gyeonggi.
    • Stasiun Jamsil (Kereta bawah tanah Seoul line 2), pintu keluar 6. Kemudian naik bus No. 500-1 menuju Museum Keramik Gyeonggi.
    • Stasiun Terminal Nambu (Kereta bawah tanah Seoul line 3), pintu keluar 4. Kemudian naik bus No. 500-2 menuju Museum Keramik Gyeonggi.

    Rekomendasi lainnya:

  • Gwangju Folk Museum
  • Pungam Reservoir
  • The 5.18 Memorial Park
  • Gwangju Museum of Art, dan masih banyak lagi

6. Transportasi

Kamu bisa berkunjung ke Gwangju dengan beberapa cara. Kota ini sudah memiliki layanan transportasi umum yang mudah untuk para pengunjung. Pertama, memiliki kereta bawah tanah. Kemudian mempunyai stasiun KTX pada dua stasiun, yakni : Stasiun Gwangju dan Gwangju Songjeong. Selanjutnya, kamu bisa menaiki bus umum yang lajurnya melintasi kota. Gwangju juga memiliki bandara sendiri.

7. Artis-artis yang berasal dari Kota Gwangju

Terdapat beberapa selebriti terkenal yang berasal dari Gwangju dan membawa nama kotanya menjadi populer. Diantaranya :

  • J-hope – BTS
  • Suzy – Aktris, Penyanyi
  • Moon Geun Young – Aktris
  • Yunho – TVXQ
  • Lee Gi Kwang – Highlight
  • Park Shin Hye – Aktris
  • Seungri – Bigbang
  • Im – Monsta X
  • Yonho – ATEEZ
  • Lee Sung Jong – Infinite
  • Chae Hyung Won – Monsta X
  • Jung Woo Seok – Fromis 9, dll

Ingin Menjelajahi Gwangju di Korea Selatan? dan Menikmati Liburan yang Menyenangkan?

Kamu bisa menyiapkan keperluan yang sudah terlampir seperti, visa dan paspor atau dokumen yang sejenis. Jika Kamu membutuhkan jasa penerjemah dokumen tersumpah. khususnya bahasa Korea. Tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS akan siap membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

Kamu bisa mengandalkan kami, karena tim kami terdiri dari orang-orang yang berpengalaman, berkompeten dan profesional di bidangnya. Sehingga segala bentuk terjemahannya akan sesuai, sah secara hukum dan terbukti keabsahaan nya.  Tim penerjemah kami juga telah memiliki sertifikasi dan izin dari pemerintah seperti, SK Gubernur, Kemenkumham, HPI serta terdaftar di kedutaan besar maupun Kementerian Luar Negeri.

Jika kamu masih memiliki berbagai pertanyaan, kamu bisa menghubungi tim marketing kami dan lakukan konsultasi. Kemudian kamu bisa mengunjungi website Mediamaz TS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.