Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Gyeongbokgung Palace, Istana Terbesar Dinasti Joseon

Korea Selatan memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga belanja. Tempat wisata tersebut pun tersebar luas pada beberapa kota di Korea Selatan. Salah satu yang terkenal dan terletak di Kota Seoul yaitu Gyeongbokgung Palace. Wisata sejarah yang menunjukkan peninggalan istana terbesar dari Dinasti Joseon. 

Untuk kamu yang penasaran sejarah hingga apa saja yang ada di Gyeongbokgung, simak penjelasan berikut sampai selesai ya!

Menarik untuk anda baca: Lowongan Penerjemah Bahasa Korea

Sejarah Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace adalah istana yang terletak di sebelah utara Kota Seoul. Istana ini pertama kali dibangun pada Dinasti Joseon pada tahun 1395. Gyeongbokgung Palace memiliki fungsi bukan hanya sebagai istana kerajaan tetapi juga sebagai rumah keluarga kerajaan dan sebagai pusat pemerintahan. Nama Gyeongbokgung Palace sendiri artinya ‘Istana Kebahagiaan Bersinar’ dan menjadi simbol dinasti baru yang memberikan fondasi kuat bagi kerajaan. 

Selain itu, bangunan istana pun mencerminkan prinsip-prinsip Konghucu pada masa itu seperti penghormatan terhadap masa lalu, pentingnya pendidikan, dan perlunya keharmonisan antara penguasa hingga yang diperintah. Perluasan Gyeongbokgung Palace selama bertahun-tahun, dengan penambahan bangunan baru dan renovasi bangunan yang ada.

Walaupun sempat mengalami kerusakan karena perang dan invasi, pada awal abad ke-20 adanya upaya untuk mulai mengembalikan istana seperti saat kejayaannya. Proyek pemugaran perlu untuk membangun kembali seperti bangunan asli istana dan penambahan struktur baru.

Sejak saat itu, Istana Gyeongbokgung menjadi objek wisata populer dan simbol warisan budaya Korea Selatan. Wisatawan dapat melihat berbagai macam objek sejarah seperti pekarangan istana, melihat pertunjukan tradisional hingga belajar tentang sejarah istana dan Dinasti Joseon.

Artikel terkait: Budaya Korea Selatan, Sejarah yang Perlu Diketahui!

Table of Contents

Gyeongbokgung Palace terdiri dari beberapa bangunan yang memiliki fungsi masing-masing, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Geunjeongjeon

Bangunan ini merupakan balai utama di Gyeongbokgung Palace. Nama bangunan ‘Geunjeongjeon’ pun memiliki arti ‘perhatikan seluruh urusan negeri dan perintahlah negeri dengan baik’. Simbol ini untuk memperlihatkan martabat Raja dari kemewahan dan kewibawaannya. Selain itu, bangunan ini juga sebagai tempat untuk acara-acara resmi dan upacara kenegaraan. 

2. Sujeongjeon

Merupakan kediaman keluarga kerajaan dan bangunan yang tersisa di antara bangunan kantor Gyeongbokgung Palace. Bangunan ini pun sebagai Jiphyeonjeon, pusat penciptaan aksara Korea yaitu Hangul. 

3. Gyeongheoru

Menjadi tempat raja mengadakan jamuan makan resmi untuk utusan asing. Selain itu, tempat ini juga sebagai penyelenggaraan ujian kenegaraan atau upacara seperti minta hujan di Gyeongbokgung Palace.

4. Sajeongjeon

Merupakan bangunan sebagai kantor raja dalam mengurus urusan negeri. Arti nama ‘Sajeongjeon’ mempunyai arti bahwa raja harus mempertimbangkan dan memutuskan urusan negeri. Selain itu, berbagai kegiatan pengelolaan kerajaan seperti apel pagi, perundingan, mendengar pendapat penasihat kerajaan.

5. Gangnyeongjeon

Tempat ini yaitu kediaman raja atau ruang tempat tinggal raja. ‘Gangnyeongjeon’ memiliki arti kesehatan yang diambil dari unsur ‘lima restu’ yaitu panjang umur, kekayaan, kesehatan, cinta kebaikan, dan kematian yang damai. Di dalam ruangan inilah, Raja menjalani kegiatan sehari-harinya seperti membaca buku, beristirahat, dan lain-lainnya, serta membahas urusan pemerintahan dengan penasihat dengan suasana santai.

6. Donggung

Bangunan ini yaitu ruang tempat tinggal bagi putra mahkota. Putra mahkota merupakan orang yang akan meneruskan tahta dari Raja. Donggung memiliki makna sebagai matahari terbit, oleh karena itu ruangannya terletak di bagian timur istana.

7. Sojubang

Merupakan dapur istana untuk menyiapkan makanan raja dan masakan pesta kerajaan. Sojubang terdiri atas 3 bagian yaitu Naesojubang, yang merupakan tempat untuk menyiapkan makanan sehari-hari bagi raja dan permaisuri. Lalu ada Oesojubang, merupakan tempat untuk menyiapkan makanan pesta istana dan upacara. Yang terakhir ada Saengmulbang, yang merupakan tempat untuk menyiapkan kudapan Raja. 

8. Jagyeongjeon

Bangunan untuk Ibu Suri Jo (dengan gelar anumerta ‘Permaisuri Sinjeong’) ketika pemugaran Gyeongbokgung Palace pada tahun keempat kepemimpinan Raja Gojong.  Nama Jagyeongjeon memiliki arti, raja mengharapkan agar hal menyenangkan selalu ada untuk perempuan senior dalam keluarga kerajaan, misalnya ibu, nenek, dan lain-lain. 

9. Jibokjae

Bangunan ini terletak pada pintu gerbang utara Sinmumun dan Geoncheonggung. Jibokjae yakni suatu bangunan yang terbuat dari batu bata pada kedua sisinya dengan adanya gabungan gaya tradisional Korea dan China. 

10. Kuil Taewonjeon

Taewonjeon adalah area di mana peti mati Raja dan Ratu dibaringkan selama pemakaman. Pemakaman memakan waktu hingga lima bulan sehingga memerlukan situs terpisah.

Artikel terkait: Kawasan Wisata Tradisional di Pusat Kota Korea Selatan

Perlu anda ketahui, bahwa Gyeongbokgung Palace memiliki fakta-fakta unik yang memikat wisatawan. Berikut adalah fakta-fakta tersebut!

1. Merupakan istana terbesar dan terkenal di antara lima istana besar di Korea Selatan.

2. Gyeongbokgung Palace menjadi pusat pemerintahan Korea selama lebih dari 500 tahun, sampai dihancurkan pada masa pemerintahan Jepang di tahun 1910.

3. Setelah Korea Selatan mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1945, pemerintah mulai melakukan pemugaran atau membangun kembali istana ini.

4. Istana yang memiliki 7.700 kamar dan ruang yang terdiri dari berbagai bangunan yang indah seperti Geunjeongjeon, Gyeonghoeru, dan Hyangwonjeong.

5. Istana yang memiliki taman indah dengan kolam, jembatan, dan paviliun. Taman ini terkenal sebagai Gyeongbokgung Palace Gardens.

6. Terdapat beberapa upacara tradisional Korea yang masih bertahan di Gyeongbokgung, seperti pergantian penjaga istana dan upacara pengibaran bendera.

7. Menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Korea Selatan dan sering mendapatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

8. Gyeongbokgung Palace diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1997.

9. Wisatawan dapat meminjam dan mengenakan pakaian tradisional Korea (Hanbok) saat mengunjungi Istana ini.

10. Pada saat musim dingin, Istana akan terlihat sangat indah dengan latar pegunungan yang bersalju.

11. Terkenal juga dengan salah satu atraksi yaitu pergantian penjaga istana, yang diadakan setiap hari pada pukul 10 pagi dan 2 siang.

12. Terdapat Museum Nasional Istana Gyeongbokgung yang menyimpan koleksi bersejarah dan kebudayaan Korea.

13. Menjadi tempat lokasi untuk syuting film dan drama Korea.

Ketika anda berkunjung ke istana Gyeongbokgung, anda dapat merasakan atmosfer kerajaan Korea di masa lalu dengan menyaksikan pergantian penjaga kerajaan, mengenakan pakaian tradisional Hanbok, dan menjelajahi Museum Nasional Korea yang menyimpan artefak dan peninggalan sejarah Korea.

Istana Gyeongbokgung mudah diakses dengan metro Jalur 3 (Exit 5) atau bus 104, 105, 140, 274, 402, atau 7016. Untuk pengalaman yang lebih optimal, pilih waktu yang tepat (pagi atau sore hari), kenakan pakaian sopan, bawa topi dan air minum, sewa pemandu audio, atau ikuti tur berpemandu.

Kunjungan ke Istana Gyeongbokgung akan membawa Anda kembali ke masa lampau, merasakan kejayaan Korea di masa lalu, dan mempelajari sejarah dan budaya Korea yang kaya.

Artikel terkait: Persipankan Diri Anda, Terjemahkan Dokumen Penting yang Dibutuhkan

Buat kamu yang mau berkunjung ke Italia, dokumen persiapan milik anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Mediamaz Translation Service menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, Hubungi Kami via WhatsApp sekarang!

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam