Info Kuliah dan Prospek Kerja Hukum

Info Kuliah dan Prospek Kerja Hukum

Pekerjaan jurusan hukum tak melulu menjadi pengacara loh! Masih banyak prospek kerja hukum lainnya yang bisa kamu pilih sebagai lulusan jurusan Hukum dan tidak kalah menjanjikan dari seorang pengacara.

via canva.com

Dengan melihat keadaan di sekitar, kamu pasti tahu jika hukum di Indonesia masih jauh dari ideal. Entah itu pelanggaran dan bahkan penyelewengan yang masih banyak terjadi. Dengan mempelajari apa saja yang ada di fakultas hukum tentunya penting. Buat kamu yang memiliki kepedulian di dunia hukum dan berkeinginan untuk menegakkan keadilan di Indonesia, jurusan Ilmu Hukum menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Jika kamu tertarik kuliah jurusan hukum di Indonesia, berikut universitas jurusan hukum terbaik di Indonesia menurut The World University Rankings (WUR) ;

  • Universitas Indonesia (UI)

Di urutan pertama ada Universitas Indonesia (UI) yang menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia dan banyak diburu oleh para pelajar. Ada banyak sekali jurusan yang tersedia di kampus ini dan banyak calon mahasiswa yang memburunya.

Begitu pun dengan jurusan Hukum yang juga menjadi primadona di kampus ini. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh The WUR diketahui bahwa nilai keseluruhan yang didapat oleh UI adalah 25.1 – 30.1.

Perkiraan biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Indonesia (UI) berkisar antara 0 hingga 5,000,000 per semester.

  • Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Malang juga memiliki Fakultas Hukum yang paling tua. Di mana sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) yang didirikan sejak tahun 1 Juli 1957.

Fakultas Hukum di Universitas Brawijaya mendapat nilai keseluruhan sebesar 10.3 – 25.0 dari penilaian The WUR. Dan masuk dalam daftar pilihan universitas dengan jurusan hukum terbaik di Indonesia.

Perkiraan biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Brawijaya berkisar antara 500,000 hingga 6,000,000 per semester.

  • Universitas Diponegoro

Fakultas Hukum di kampus ini adalah fakultas pertama yang memprakarsai berdirinya Universitas Diponegoro. Sehingga wajar saja jika The WUR memberi nilai 10.3 – 25.0 yang berada di posisi ke-3.

Perkiraan biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Diponegoro berkisar antara 500,000 hingga 6,500,000 per semester.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

The WUR memposisikan jurusan Hukum UGM di peringkat ke-4. Di mana nilai keseluruhan yang didapat adalah sebesar 10.3 – 25.0. Bahkan dari jurusan Hukum UGM telah meluluskan banyak orang hebat dengan berbagai profesi yang berhubungan dengan bidang hukum.

Perkiraan biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) berkisar antara 500,000 hingga 10,000,000 per semester.

  • Universitas Padjajaran (Unpad)

Tidak perlu diragukan bahwa jurusan Hukum di Universitas Padjajaran ini memiliki kualitas yang baik. Dimana The WUR memeberi nilai untuk jurusan Hukum Universitas Padjajaran sebesar 10.3 – 25.0 yang berada di posisi ke-5 setelah Universitas Diponegoro.

Perkiraan biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Padjajaran (Unpad) berkisar antara 500,000 hingga 6,000,000 per semester.

Jurusan hukum sendiri sangat beragam. Macam-macam jurusan hukum yang dapat anda pilih dan banyak peminatnya seperti  Hukum Perdata, Hukum Lingkungan dan Tata Ruang, Hukum Ekonomi, Hukum Internasional, Hukum dan Teknologi, Hukum Pidana, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Negara, Hukum dan Perkembangan Masyarakat, dan Hukum Acara (Peradilan).

Ini lah mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Ilmu Hukum antara lain Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Perdagangan, Hukum Adat, Hukum Internasional, Hukum Waris, Hukum Lingkungan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, dll. Selama kuliah, selain itu kalian juga akan dibekali dengan pelatihan paralegal dan praktek kemahiran litigasi.

Setelah pembahasan mengenai jurusan hukum di atas, mari kita bahas apa saja prospek kerja jurusan hukum. Berikut beberapa prospek kerja jurusan hukum, diantaranya ;

1. Pengacara

via canva.com

Pengacara, advokat atau kuasa hukum yang berarti seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan mewakili orang lain yang berhubungan dengan penyelesaian suatu kasus hukum seseorang (klien). Pengacara dalam menjalankan profesinya tunduk pada etika profesi.

Setiap Pengacara mempunyai Organisasi Advokat masing-masing, seperti Perhimpunan Advokat Indonesia, Kongres Advokat Indonesia, PERHAKHI, dll. Sehingga setiap Pengacara atau Advokat diawasi oleh masing-masing Organisasi yang menaunginya.

Pengacara merupakan satu dari prospek kerja s1 hukum yang paling banyak peminatnya. Besaran upah seorang Pengacara sangat beragam mulai dari 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan tergantung dengan pengalaman masing-masing seorang Pengacara.

2. Notaris

via unsplash.com

Notaris merupakan profesi untuk seseorang yang telah mendapatkan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan pada dokumen. Bentuk profesi notaris berbeda-beda tergantung pada sistem hukum.

Jabatan notaris tidak ditempatkan di lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Notaris diharapkan memiliki posisi netral. Dengan posisi netral tersebut, notaris diharapkan dapat memberikan penyuluhan hukum untuk dan atas tindakan hukum yang dilakukan notaris atas permintaan kliennya. Dalam hal melakukan tindakan hukum untuk kliennya, notaris juga tidak boleh memihak kliennya, karena tugas notaris ialah untuk mencegah terjadinya masalah.

Sebagai seorang lulusan jurusan hukum kamu bisa menjadi seorang notaris yang merupakan satu dari prospek kerja jurusan hukum. Adapun estimasi pendapatan notaris per bulan antara 4,000,000 hingga 7,000,000.

3. Hakim

via canva.com

Hakim merupakan satu dari prospek kerja jurusan hukum. Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Ia yang memutuskan hukuman bagi pihak yang dituntut. Hakim harus dihormati di ruang pengadilan dan pelanggaran akan hal ini dapat menyebabkan hukuman.

Hakim adalah Pejabat Negara. di Indonesia sesuai dengan UU kekuasaan kehakiman, Hakim terdiri atas Hakim di Mahkamah Agung RI dan peradilan dibawahnya serta Hakim di Mahkamah Konstitusi. Saat ini terdapat 4 badan peradilan di bawah Mahkamah Agung sehingga Hakim badan peradilan di bawah Mahkamah Agung terdiri atas Hakim Peradilan Umum, Hakim Peradilan Agama, Hakim Peradilan Tata Usaha Negara dan Hakim Peradilan Militer, yang memiliki kewenangan untuk mengadili perkara yang berbeda-beda.

Tugas utama seorang hakim adalah menyelesaikan perselisihan hukum secara final dan terbuka. Perkiraan pendapatan seorang hakim berkisar antara 5,000,000 hingga 8,000,000 per bulan dan mendapatkan tunjangan-tunjangan lainnya.

4. Jaksa

via canva.com

Jaksa adalah pegawai pemerintah dalam bidang hukum yang bertugas menyampaikan dakwaan atau tuduhan di dalam proses pengadilan terhadap orang yang diduga telah melanggar hukum.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia yang dimaksud dengan Jaksa adalah “Pejabat Fungsional yang diberi wewenang oleh undang undang untuk bertindak sebagai penuntut umum dan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap serta wewenang lain berdasarkan undang-undang”.

Adapun besaran gaji seorang Jaksa berkisar antara 5,000,000 hingga 8,000,000 per bulan dan akan lebih tinggi jika mempunyai banyak pengalaman.

5. Staf legal

via canva.com

Legal officer atau staf legal merupakan satu dari prospek kerja sarjana hukum lain yang cukup menjanjikan. Menjadi staff legal membuatmu bisa bekerja di sebuah perusahaan swasta bahkan startup dan mengurus soal hukum di kantor tersebut.

Seorang staf legal biasanya dibutuhkan untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan hukum mulai dari surat perjanjian kerja, kontrak kerja, surat aset, dan lainnya. Maka dari itu dengan adanya lulusan hukum maka bisnis yang berjalan bisa sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku dan tanpa kendala.

Upah yang akan didapat sebagai staf legal bisa berbeda-beda antara 4,000,000 hingga 5,000,000 per bulan tergantung masing-masing perusahaan.

Sudah terbayang akan pekerjaan untuk jurusan hukum apa setelah kamu lulus dari jurusan Ilmu Hukum? Berbagai prospek kerja dari lulusan Ilmu Hukum diatas terkenal cukup menjanjikan, maka dari itu Ilmu Hukum termasuk salah satu prodi terfavorit yang selalu dibanjiri oleh peminat setiap tahunnya. So, untuk kamu yang mau masuk Ilmu Hukum, wajib banget nih mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mengalahkan saingan lainnya.

Jika kamu berniat berkuliah jurusan hukum di luar negeri dan Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan hukum di luar negeri ? Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang !

Dokumen persiapan kuliah di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275