Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Informasi Lengkap Seputar Fudan University Beserta Beasiswanya

Sekilas Tentang Fudan University

Fudan University merupakan salah satu universitas tertua dan paling selektif di China, dan menjadi anggota dari Liga C9 dan Universitas 21. Dahulu kelembagaan ini didirikan pada tahun 1905, dan tidak lama sebelum akhir Dinasti Qing kekaisaran China. Pada saat ini, Fudan University memiliki 77 lembaga penelitian, 112 lintas-disiplin lembaga penelitian dan laboratorium utama nasional sebanyak 5.

Fudan University

Fudan University

Sumber: Pexels

Fudan University yang berada pada peringkat 34 dengan overall score 81,5 menurut QS World University Rankings 2023. Universitas ini adalah sebuah institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh Tionghoa. Dan universitas ini juga menawarkan 70 program sarjana, 154 program doktor, dan 224 program magister untuk mahasiswa seluruh dunia.

Universitas ini mampu mengatasi kendala bahasa untuk menjangkau mahasiswa internasional dengan mengembangkan lebih dari 50 program yang diinstruksikan dalam bahasa Inggris untuk kandidat sarjana dan juga pascasarjana. Dan adapun beberapa bidang studi yang menjadi unggulan antara lain adalah Farmakologi dan Toksikologi, Matematika, Kimia, Biologi Sel, dan juga Teknik Material.

Selain itu juga, ada beberapa hal yang menarik yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu memilih studi di China dan memilih untuk berkuliah di Fudan University. Salah satunya adalah kemudahan mencari pekerjaan setelah lulus. Bagi kamu yang menempuh studi di China, memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja pada berbagai perusahaan global. Dan khususnya perusahaan internasional yang berbasis China.

Mengingat juga bahwa China merupakan salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Hal ini menjadikan kesempatan  bekerja dengan berbagai perusahaan global semakin terbuka lebar bagi lulusan yang menyelesaikan studinya di China. Menjadikan pengalaman belajar dan beradaptasi di China akan membawa pengalaman unik yang tidak akan mudah dimiliki oleh orang lain.

Dan China adalah negara yang indah untuk kamu kunjungi dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selain belajar. Kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik lainnya sambil belajar, seperti mengunjungi Kota Terlarang Beijing, berjalan kaki menyusuri pemandangan alam Taman Nasional Zhangjiajie, melihat panda bermain sambil mengunyah bambu pada Szechuan, menikmati banyak kuliner China yang pastinya bervariasi dari segi warna dan juga rasa sampai mencoba belajar wushu ala Stephen Chow pada salah satu kuil Gunung Yuntai.

Adapun beasiswa yang bisa kamu daftarkan antara lain adalah Chinese Government Scholarship (CGS). Beasiswa Tiongkok ini adalah beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin studi S-1, S-2, S-3 dan juga yang ingin melakukan penelitian di Negeri Tirai Bambu.

Tentang Beasiswa CGS Tiongkok

Chinese Government Scholarship yang menawarkan dua jenis beasiswa. Dua jenis beasiswa ini adalah beasiswa penuh dan juga parsial, bergantung pada cara pendaftaran. Dan ada dua cara pendaftaran yaitu mendaftarkan diri langsung melalui universitas tujuan atau melalui Kedutaan Besar China pada Indonesia.

Jika kamu mendaftarkan diri melalui universitas tujuan, ketika kamu beruntung mendapatkan beasiswanya maka beasiswa tersebut berupa beasiswa penuh. Akan tetapi, jika mendaftar melalui Kedutaan Besar China di Indonesia, kamu hanya bisa mendapatkan beasiswa penuh maupun parsial.

Cakupan Beasiswa CGS

Fasilitas beasiswa CGS meliputi antara lain:

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya akomodasi (tempat tinggal)
  3. Asuransi kesehatan
  4. Biaya buku
  5. Uang saku / bulan untuk S-1 senilai 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan), untuk S-2 senilai 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan dan untuk S-3 3500 RMB senilai (± 7 juta rupiah per bulan)

Tetapi, ketika kamu mendapatkan beasiswa parsial maka fasilitas beasiswanya bisa berupa satu atau beberapa fasilitas saja.

Persyaratan Dokumen

Dokumen yang wajib kamu siapkan jika ingin mendaftar pada beasiswa CGS Tiongkok anatara lain:

  1. Formulir pendaftaran pada laman resmi atau laman universitas China
  2. Salinan ijazah
  3. Transkrip nilai
  4. Dua surat rekomendasi
  5. Proposal riset atau rencana studi
  6. Dokumen sahi wali hukum China (untuk pelamar berusia kurang dari 18 tahun)
  7. Hasil karya dalam bentuk CD (untuk pelamar di bidang musik dan seni)
  8. Salinan paspor
  9. Foreigner Physical Examination Form (untuk pelamar yang berencana tinggal di China lebih dari 6 bulan)
  10. 10.Surat penerimaan (LoA) universitas tujuan (apabila ada)
  11. Sertifikat HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) / Chinese Proficiency Test (apabila ada)

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa CGS

Terdapat dua cara pendaftaran CGS ini. Jika kamu ingin mendaftar untuk beasiswa penuh, daftarlah melalui Universitas China tujuanmu. Akan tetapi, jika kamu mendaftar untuk beasiswa penuh atau parsial, kamu bisa mendaftar melalui Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Indonesia. 

Dan jangan ragu untuk kamu, segera persiapkan dan daftarkan diri kamu.

Apa yang Kami Bisa Bantu?

Setelah Anda membaca artikel ini mengenai informasi seputar Fudan University mulai dari Tentang Fudan University, hingga beasiswa yang ada pada Fudan University yang bisa kamu ikuti. Pastinya ada sedikit ketertarikan bagi Anda untuk berkunjung kesana. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, pasti harus mempersiapkan segala dokumen-dokumen penting. 

Segala bentuk dokumen dari dokumen perjalanan seperti visa pastinya harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut tentunya harus dalam bentuk resmi dan berbahasa asing (Inggris dan China). Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan akan hal tersebut karena sekarang Anda dapat menggunakan jasa penerjemah untuk membantu akan hal tersebut. 

Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi untuk Anda mempersiapkan dokumen seperti layanan visa dan penerjemahan dokumen penting tersebut. Penerjemah pada Mediamaz TS sudah meliputi layanan kami yaitu jasa Penerjemah Tersumpah. 

Tidak perlu khawatir akan layanan penerjemahan dokumen Anda, karena Penerjemah Tersumpah kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Jadi tentu hasil penerjemahan yang kami hasilkan sudah tentu terjamin dan dapat membantu mempermudah Anda dalam mempersiapkan dokumen tersebut. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera serahkan dokumen Anda untuk kami terjemahkan melalui website kami di sini dan juga bisa bertanya langsung di nomor telepon kami (021) 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *