Ingin Daftar Beasiswa? Perhatikan Ciri – Ciri Beasiswa Palsu!

Ingin Daftar Beasiswa? Perhatikan Ciri – Ciri Beasiswa Palsu!

Ingin Daftar Beasiswa? Perhatikan Ciri – Ciri Beasiswa Palsu!

Bersekolah atau kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian bagi sebagian orang. Namun sayangnya, masih banyak yang menganggap biasa di luar negeri itu mahal dan prosesnya tidaklah mudah. Padahal banyak sekali beasiswa kuliah di luar negeri yang tidak perlu mengeluarkan biaya pribadi bahkan gratis. Tapi, kamu harus tetap hati – hati dalam mencari informasi tentang beasiswa ya!

 

Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa luar negeri pada umumnya dibiayai oleh pemerintah negara terkait. Ada beberapa negara yang sangat populer di kalangan pelajar Indonesia ketika mencari beasiswa. Beberapa di antaranya adalah Australia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, serta Amerika Serikat.

Perguruan tinggi di negara – negara tersebut menawarkan beragam beasiswa, tidak hanya beasiswa berbasis prestasi yang umumnya hanya menerima pelamar dengan prestasi akademik luar biasa. Lembaga pendidikan ini juga menawarkan beasiswa sebagian, kebutuhan hidup, dan penuh yang tersedia secara luas bagi para pelajar.

Beasiswa luar negeri meliputi program degree yakni S1,S2, dan S3 atau non – degree seperti pelatihan, diploma, kursus, dan sebagainya. Setiap jenis beasiswa tentunya memiliki persyaratan tertentu, tergantung pada universitas serta program pendidikan yang dipilih.

 

Ciri – Ciri Penawaran Palsu

5 ciri – ciri beasiswa palsu:

  1. Sumber situs yang tidak jelas

Dari internet, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan lengkap mengenai info jurusan, persyaratan ataupun cara mendaftar beasiswa. Bahkan, sebagian besar informasi beasiswa berasal dari situs khusus di internet.

Ternyata, sudah banyak contoh kasus penipuan yang bahkan nggak segan mencatut lembaga untuk membuat informasi beasiswa tersebut sehingga terlihat lebih meyakinkan. Yang padahal universitas terkait sebenarnya tidak sedang membuat pendaftaran beasiswa.

2. Informasi kontak yang tidak jelas

Sebagian besar lembaga yang menyalurkan beasiswa palsu tidak memiliki alamat yang jelas dan menggunakan informasi palsu. Biasanya mereka juga tidak memiliki nomor telepon, dan jika ada pun mereka akan sangat berhati – hati, karena nomor telepon sangat mudah dilacak.

Jadi, sebelumnya kamu harus mengunjungi laman website lembaga tersebut dulu ya kemudian telusuri alamat dan nomor kontak atau email yang tertera. Jika kamu nggak berhasil menghubungi, kamu harus waspada ya!

3. Wajib membayar sesuatu

Kalau kamu diminta untuk membayarkan sejumlah uang dan transfer dengan tujuan yang tidak jelas, kamu harus waspada guys. Jika kamu diharuskan untuk membayar uang dalam jumlah yang cukup banyak dan harus mencantumkan credit card, alamat atau hal pribadi lainnya, jangan mendaftar! Karena ini ciri – ciri beasiswa penipuan.

Ada beberapa jenis beasiswa yang hanya memberi keringanan biaya sekitar 50%, namun pastikan itu memang biaya pendaftaran ke universitas bukan ke aplikasi beasiswa.

4. Kurang terkenal

Biasanya penyelenggara beasiswa sudah pasti mempunyai reputasi yang luas. Mereka sudah banyak menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah bahkan masyarakat. Dan mereka pun memiliki banyak alumni yang sudah menerima beasiswa tersebut.

5. Menjamin kamu lolos

Semua sponsor beasiswa pasti mencari kandidat penerima beasiswa dengan kualifikasi terbaik. Tidak pernah ada satu pun beasiswa yang menjamin kamu bisa lolos. Kamu harus merebutnya dengan kompetisi dan persaingan yang ketat.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Beasiswa

Beasiswa barangkali bukan sesuatu yang asing di dunia perkuliahan. Tidak sedikit teman atau kerabat kita mengandalkan sponsor beasiswa untuk menjemput mimpinya meraih gelar sarjana hingga keluar negeri. 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk semua calon pendaftar beasiswa, seperti: 

  1. Keabsahan beasiswa, inilah langkah kamu sebelum mendaftar beasiswa yaitu menelusuri keabsahan informasi beasiswa yang kamu dapatkan. 
  2. Masuk kriteria atau tidak, bacalah persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar sebuah beasiswa. 
  3. Peluang diterima, sebaiknya kamu mencari tahu jumlah pendaftar yang akan diterima sebagai penerima beasiswa.
  4. Waktu pendaftaran, perhatikan juga waktu pendaftaran, kapan batas terakhir melakukan pendaftaran.
  5. Perlengkapan diri, jika kamu memiliki keahlian pastinya itu akan menjadi nilai tersendiri buat kamu. Pelajari bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

 

Dokumen yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar Beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, kamu tentu membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah mempersiapkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan pihak pemberi beasiswa.

Kalau kamu berminat mendaftar beasiswa ke luar negeri, berikut beberapa jenis dokumen yang perlu kamu persiapkan sedini mungkin!

  1. Sertifikat kemampuan bahasa asing
  2. Surat Referensi atau rekomendasi
  3. Esai atau Surat Motivasi
  4. Letter of Acceptance (LoA)
  5. Proposal Riset
  6. Paspor dan Visa
  7. CV 

Nah, itulah informasi singkat mengenai ciri – ciri beasiswa palsu, kamu harus selalu berhati – hati ya sahabat Meddy. Jangan karena kamu ingin sekali melanjutkan studi ke luar negeri, kamu tidak teliti dan terburu – buru dalam mendaftar beasiswa yang ditemukan di banyak situs internet.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Sahabat Meddy, bisa konsultasikan kekhawatiran kamu tentang beasiswa ke Mediamaz Translation Service. Segala dokumen yang harus diterjemahkan ke bahasa yang dituju, Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi dari kebingungan kamu. Kami akan melayani selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *