Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Translate Jurnal Bisa Pakai Cara Apa Saja, Ya? Cek di Sini!

3 Cara Translate Jurnal Selain Pakai Jasa Penerjemah!

3 Cara Translate Jurnal Selain Pakai Jasa Penerjemah!

translate jurnal

freepik.com

Jurnal seringkali menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi mahasiswa. Mahasiswa diharuskan untuk mempelajari materi dari jurnal, menjadikan jurnal sebagai referensi, sampai membuat jurnal itu sendiri. Terlebih kalau materinya sudah memusingkan, ternyata harus translate jurnal ke bahasa yang lain juga untuk kebutuhan unggah di situs internasional. Haduh! Pasti menyebalkan. Eits! Tapi jangan murung dulu. Kamu bisa cobain cara-cara berikut untuk menerjemahkan jurnalmu ke bahasa yang kamu perlukan. Simak ulasan berikut ya!

3 Cara Translate Jurnal

Translate atau menerjemahkan adalah aktivitas mengalihbahasakan bahasa yang satu ke bahasa yang lain. Ketika kamu harus menerjemahkan jurnal, akan jauh lebih baik jika menggunakan jasa seorang translator yang sudah jelas mampu menerjemahkan jurnalmu karena memang sesuai bidangnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Ada cara lain jika kamu ingin mentranslate jurnal tanpa menggunakan jasa translator/penerjemah.

Banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan jurnal. Namun, setiap cara pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Berikut adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mentranslate jurnal ke bahasa yang kamu butuhkan.

1. Menggunakan Microsoft Word

logo wine

Dengan fitur dalam Microsoft Word, kamu sudah bisa menerjemahkan jurnalmu, lho! Bahkan menerjemahkan di Microsoft Word tidak memerlukan tools penunjang. Kelebihan dari mentranslate jurnal dengan Ms. Word adalah tersedianya banyak pilihan bahasa dan kamu bisa memilih bagian teks mana saja yang ingin kamu terjemahkan. Berikut ini adalah cara mentranslate jurnal menggunakan Microsoft Word:

  1. Buka file jurnal yang ingin kamu terjemahkan menggunakan Microsoft Word.
  2. Pilih bagian jurnal yang ingin kamu terjemahkan.
  3. Klik “Review” pada bagian Ribbon Micorsoft Word.
  4. Klik “Language” di bagian Menu Review tersebut.
  5. Kamu akan menemukan dua pilihan yaitu “Translate” dan “Language”. Pilih “Translate”.
  6. Setelah memilih “Translate”, kamu bisa langsung menyesuaikan bahasa sumber dan bahasa targetnya.
  7. Setelah memastikan semuanya sesuai yang kamu perlukan, klik “Ok”.
  8. Tunggulah beberapa saat agar Microsoft Word menyelesaikan prosesnya.

2. Mentranslate Jurnal dengan Google Docs

pngdownload.id

Selain menggunakan Microsoft Word, kamu juga bisa mencoba translate jurnalmu dengan Google Docs. Menerjemahkan di Google Docs juga tidak memerlukan tools penunjang. Kelebihan dari menerjemahkan file menggunakan Google Docs yaitu template teks dalam file kamu akan sesuai dengan file yang sebelum diterjemahkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerjemahkan menggunakan Google Docs. Ketika kamu menggunakan Google Docs, laptop atau komputermu sudah harus terhubung dengan akun Google. Selain itu, apabila file jurnal yang ingin kamu terjemahkan belum tersedia di Google Docs, kamu harus mengunggah file jurnal tersebut ke Google Drive terlebih dahulu.

Selain kedua hal tersebut, kamu juga harus memastikan bahwa koneksi internetmu bagus untuk menerjemahkan jurnal menggunakan Google Docs. Pastikan juga bahwa ruang penyimpanan datamu cukup untuk menampung data terjemahanmu dan keseluruhan prosesnya. Berikut ini adalah cara mentranslate jurnal menggunakan Google Docs:

  1. Buka file jurnal yang ingin kamu terjemahkan menggunakan Google Docs.
  2. Pilih bagian jurnal yang ingin kamu terjemahkan.
  3. Klik menu “Alat” yang tersedia di Google Docs.
  4. Klik “Terjemahkan dokumen” di bagian Menu Alat tersebut.
  5. Kemudian, kamu harus mengisi judul baru untuk file jurnal yang telah diterjemahkan. Judul tersebut dapat kamu isi sesuai yang kamu inginkan.
  6. Pilih bahasa target yang kamu perlukan.
  7. Jika sudah mengatur judul dan bahasa target, kamu bisa langsung klik “Terjemahkan”.
  8. Hasil file jurnal yang sudah diterjemahkan akan berada di Google Docs sebagai file baru yang terpisah dengan jurnal yang sebelum kamu terjemahkan.

3. Menggunakan Google Translate

Google Translate

Google Translate adalah salah satu program Google yang menyediakan layanan menerjemahkan. Kamu bisa menggunakan Google Translate untuk bahasa apapun yang kamu perlukan. Layanan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat kamu unduh di ponselmu. Berikut ini adalah cara menerjemahkan jurnal menggunakan Google Translate:

  1. Buka situs Google Translate di Google.
  2. Di atas pilihan bahasa sumber, terdapat 3 jenis teks yang bisa kamu terjemahkan yaitu teks, dokumen, dan situs. Pilih dokumen.
  3. Klik “Jelajahi Komputer” untuk menampilkan file jurnal yang kamu simpan di perangkatmu.
  4. Pilih file jurnal yang ingin Kamu terjemahkan.
  5. Hasil terjemahan berada di sebelah kanan teks bahasa sumber.

Menerjemahkan menggunakan situs ini sebenarnya tidak masalah. Hanya saja banyak kekurangan dalam hasil terjemahannya karena situs ini menggunakan neural machine translation sehingga keakuratannya tidak selalu bagus.

Layanan Mediamaz Translation Service

translate jurnal

Jurnal merupakan karya ilmiah yang mengandung pengetahuan penting. Sedikit saja kesalahan dalam menerjemahkan jurnal seringkali memicu kesalahpahaman akan pengetahuan dan bahkan memunculkan isu yang tidak baik. Sehingga, akan lebih tepat jika kamu menggunakan layanan resmi untuk menerjemahkan jurnalmu.

Mediamaz Translation Service merupakan layanan penerjemahan, interpretasi, dan legalisasi yang terbaik di Indonesia. Kamu tidak perlu memusingkan lagi tentang tugas penelitianmu atau bagaimana memahami dengan cepat isi jurnal referensimu, Kamu hanya tinggal kirim dokumenmu ke Mediamaz TS. Prosesnya yang cepat, konsultasi yang gratis, serta hasil terjemahan yang akurat akan memudahkanmu menerjemahkan jurnal. Informasi lebih lanjut tentang layanan Mediamaz TS dapat Kamu akses di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.