Apa Saja Website E-Commerce Terbesar di Dunia? Ini Dia Daftarnya!

Apa Saja Website E-Commerce Terbesar di Dunia? Ini Dia Daftarnya!

e-commerce

pinterest.com

Dunia digital memberikan kita kemudahan dalam melakukan segala pekerjaan kita. Teknologi telah mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain yang berada dekat maupun jauh dengan mereka. Bahkan perkembangan teknologi itu sendiri telah memberikan akses kepada siapa pun bukan hanya dalam pekerjaan saja, namun juga dalam hal belanja. Belakangan ini, perkembangan teknologi telah membuat kita dapat berbelanja dan membayar harga barang belanja tersebut secara online. Kepraktisan ini membuat banyak penjual dan pembeli lebih menyukai sistem belanja online yang tentunya sudah lengkap dengan fitur tertentu untuk meminimalisir penipuan. Nah, berikut ini daftar 6 website e-commerce terbesar di dunia!

Apa Arti E-Commerce?

Saat ini, kamu mungkin mengenal istilah e-commerce sebagai belanja online. Lebih rinci lagi, Laudon & Laudon (1998) memberikan definisi khusus untuk istilah yang satu ini. Menurut Laudon & Laudon (1998), e-commerce adalah proses penjualan dan pembelian barang secara elektronik oleh konsumen, yang merupakan transaksi business-to-business dengan perantara komputer atau dengan kata lain menggunakan jaringan komputer. Sehingga, e-commerce ini akan selalu memanfaatkan media elektronik sebagai wadah jual-beli. Meskipun pada umumnya elektronik bisa berupa televisi maupun telepon, belakangan ini e-commerce dilakukan di internet melalui sosial media atau website.

Apa Manfaat Belanja Online?

Oleh karena hampir keseluruhan sistem dan cara kerjanya yang dilakukan secara luring/online, e-commerce tentu saja memiliki banyak manfaat untuk pembeli maupun penjual. Manfaat dari penggunaan e-commerce antara lain adalah jangkauan yang luas, tidak terbatas waktu, biaya operasional yang rendah, tidak perlu stok barang, dan proses jual beli serta transaksi yang mudah. Tentunya akan sangat berbeda memiliki toko online dengan toko tradisional yang menetap. Meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

6 Website E-Commerce Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah 6 website e-commerce terbesar di dunia. Perusahaan-perusahaan besar yang sudah menunjukkan taringnya dan memperluas jaringannya ke seluruh negara di dunia ini. Kamu mungkin sudah pernah mendengar situs e-commerce ini. Selain itu, jika kamu ingin mencari produk secara online yang terbaik dan terpercaya, beberapa platform e-commerce besar di dunia ini bisa menjadi pilihan yang terbaik.

1. Amazon: E-Commerce Amerika Serikat

website e-commerce

pinterest.com

Perusahaan Amazon.com.Inc atau yang biasa kita kenali dengan perusahaan Amazon merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada e-commerce, cloud computing, digital streaming, dan Artifficial Intelligent. Perusahaan ini berdiri pada tahun 5 Juli 1994 di Washington, Amerika Serikat. Jeff Bezos merupakan pendiri perusahaan Amazon. Fakta menarik dari perusahaan ini adalah Amazon merupakan salah satu dari lima perusahaan terbesar di dunia bersama dengan Google, Apple, Meta, dan Microsoft. Selain itu, Amazon digadang-gadang sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan budaya paling berpengaruh serta merek paling berharga di dunia.

Menjadi website e-commerce terbaik dan terbesar di dunia, ternyata perusahaan ini pada awalnya hanya berfokus untuk menjual buku, lho! Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Amazon berkembang menjadi perusahaan retail terbaik di dunia yang tidak hanya menjual buku namun beragam produk lainnya seperti elektronik, fashion, media, perlengkapan bayi, produk kecantikan, hingga produk rumah tangga yang dapat kamu beli secara online.

Amazon selalu memberikan fitur-fitur baru yang untuk memenuhi kebutuhan manusia yang konsumtif. Beberapa fitur tersebut antara lain seperti streaming video, musik, akses eksklusif ke item tertentu, mempermudah transaksi, memberikan ebook gratis, menawarkan penyimpanan cloud tanpa batas untuk foto, dan lain-lain. Perusahaan Amazon juga memiliki website e-commerce untuk berbagai negara seperti China, India, Jepang, Singapura, Turki, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Inggris, Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Australia, dan Brazil.

2. AliBaba: E-Commerce China

pinterest.com

Kamu pasti sudah familiar dengan nama Jack Ma, bukan? Tetapi sudahkah kamu tahu, siapa itu Jack Ma? Jack Ma merupakan seorang pengusaha yang mendirikan perusahaan Alibaba Group. Perusahaan multinasional ini adalah perusahaan yang berfokus dalam bidang e-commerce, teknologi, internet, dan retail. Jack Ma mendirikan Alibaba Group pada 28 Juni 1999 di Zhejiang, China. Perusahaan Alibaba telah berkembang menjadi salah satu dari sepuluh perusahaan paling berharga dan juga ternobatkan sebagai perusahaan publik terbesar ke-31 di dunia pada tahun 2020. Pada tahun 2018, perusahaan ini bahkan menjadi e-commerce terbesar di asia nomor 2 setelah Tencent.

Saat ini website e-commerce Alibaba telah menjangkau lebih dari 190 negara dan menjadi salah satu toko online terbesar di dunia. Tidak cukup pada bisnis e-commerce saja, Alibaba Group mengembangkan bisnisnya dan menjadi investor bagi beberapa perusahaan besar. Salah satu e-commerce yang merupakan anak perusahaan Alibaba Group adalah Lazada. Bisnis lainnya yaitu Taobao di China, Tmall, AliExpress, dan Alipay. Selain itu, Alibaba telah mengakuisisi Lazada sebagai e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan besutan Jack Ma ini juga merupakan pemegang saham minoritas Tokopedia, e-commerce unicorn asal Indonesia. Dengan unit bisnis yang telah menjangkau segala konsumen, maka Alibaba Group sejauh ini secara transaksi merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

3. Walmart: Amerika Serikat

website e-commerce

pinterest.com

Website e-commerce internasional ketiga adalah Walmart dengan nama perusahaan Walmart Inc. Walmart Inc adalah perusahaan yang berfokus pada penjualan toserba (toko serba ada). Walmart juga merupakan perusahaan terbuka terbesar di dunia berdasarkan hasil pendapatannya. Perusahaan raksasa ini secara umum mengoperasikan jaringan department store, namun dalam beberapa tahun terakhir, Walmart sering berinvestasi dalam bisnis e-commerce. Sam Walton mendirikan perusahaan Walmart Inc pada tahun 1962 di Arkansas, Amerika Serikat. Walmart beroperasi di berbagai negara seperti Argentina, Brazil, Kanada, Meksiko (Walmex), Puerto Riko, RRC, Jerman, Britania Raya (Asda), Jepang (Seiyu), dan Indonesia (Supermal Karawaci & Pluit Village).

Sejak tahun 2014, Walmart.com mulai memperbarui situs webnya untuk meningkatkan sistem jual belinya dan merambah pasar secara online. Pada tahun 2016, perusahaan ini juga mengakuisisi Jet.com bersama serangkaian akuisisi perusahaan e-commerce lainnya yang bisa dibilang perusahaan-perusahaan kecil berlokasi di Amerika Serikat. Dengan perkembangannya, Walmart menjadi perusahaan dengan website e-commerce terbesar di dunia karena pertumbuhan penjualan online yang kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak berhenti sampai di Jet.com dan beberapa perusahaan kecil Amerika Serikat, Walmart juga berinvestasi dengan akuisisi 77% saham di salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di India, yaitu Flipkart. Walmart menggandeng Flipkart karena jumlah populasi penduduk India yang sangat besar dan berpotensi memiliki pertumbuhan belanja secara online yang juga sama besarnya. Meskipun aktif dalam dunia e-commerce, Walmart masih fokus dalam bisnis offline-nya yang telah beroperasi di 26 negara.

4. eBay: Amerika Serikat

website e-commerce

Salah satu website e-commerce yang pasti familiar di telinga kita yaitu eBay. Website ini merupakan situs web lelang secara online/daring yang memungkinkan siapa pun melakukan jual beli barang dan jasa di dalamnya. eBay berdiri pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar di California, Amerika Serikat. Website e-commerce ini menawarkan fitur lelang sehingga penjual dapat menjual berbagai koleksi menarik miliknya dengan harga yang kompetitif dan berpeluang memberikan keuntungan lebih besar.

Pada awal berdirinya, eBay hanyalah rumah lelang online dimana orang-orang dapat menjual dan membeli koleksi maupun barang bekas dengan harga yang telah disepakati. Saat ini, berkisar sekitar 80% barang baru dijual di platform eBay secara lelang, sementara 89% memiliki harga tetap. eBay memiliki lebih dari 103,6 juta daftar barang di seluruh dunia dan penambahan daftar barang lebih dari 6,1 juta perharinya. Maka tidaklah heran jika eBay menjadi perusahaan e-commerce raksasa di dunia.

5. Rakuten: E-Commerce Jepang

Rakuten adalah perusahaan internet dan perdagangan elektronik. Selain itu, perusahaan ini juga merupakan salah satu website e-commerce terbesar di dunia yang berasal dari Jepang. Hiroshi Mikitani mendirikan perusahaan e-commerce ini pada 7 Februari 1997 di Tokyo, Jepang. Dalam Bahasa Jepang, Rakuten berarti optimisme. Rakuten mulai memperluas bisnisnya ke luar Jepang, terutama melalui akuisisi dan usaha patungan pada tahun 2005. Pada 16 November 2016, Rakuten menjadi sponsor global untuk klub sepak bola Spanyol FC Barcelona mmulai La Liga musim 2017 hingga 2020. Pada Mei 2018, Rakuten meluncurkan jaringan seluler nirkabel di Jepang.

Rakuten telah beroperasi di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Prancis, Brazil, dan Inggris. Perusahaan Jepang ini juga berinvestasi di luar ritel dan logistik. Selain itu, Rakuten memiliki bisnis lainnya seperti bisnis agen perjalanan, perbankan, asuransi, media, layanan perjodohan, sistem reservasi golf, dan banyak jenis bisnis lainnya. Rakuten juga merupakan investor utama dari Lyft dan Pinterest, dan memiliki 100% saham sosial media Viber. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem layanan yang dapat menyediakan segala yang dibutuhkan pelanggan.

Hiroshi Mikitani Lulusan Universitas Harvard, lho! Baca Artikel Universitas Harvard di Sini!

6. JD.com: E-Commerce China

Salah satu perusahaan e-commerce yang berasal dari negeri tirai bambu adalah JD.com, Inc. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan niaga terbesar dan terpercaya seperti Alibaba Group. Awalnya, perusahaan ini terkenal dengan nama 360buy. Kalau di Indonesia kamu pasti sudah dengar tentang JD.id, kan? Nah, JD.id adalah anak perusahaan dari JD.com, Inc. Hingga saat ini, lebih dari 170 juta orang menggunakan layanan jual beli online di website e-commerce  JD.com yang tersebar di seluruh belahan dunia.

Perusahaan e-commerce in diluncurkan sejak 6 Juni 1998. Perusahaan ini telah membangun jaringan logistik yang tak tertandingi dengan lebih dari 500 gudang dan 7.000 stasiun pengiriman. JD.com, Inc mengoperasikan seluruh kegiatan operasionalnya secara mandiri. Perusahaan ini tidak melalui pihak ketiga manapun dan langsung mengirimkan barang yang terjual dari gudangnya sendiri. Sehingga, memungkinkan pengiriman pesanan ke pelangga menjadi lebih cepat.

Jaringan logistik JD terus berkembang menjadi sangat kuat. Selain itu, perusahaan ini terus menjalin kerja sama dengan mitra ritel domestik dan internasional (170.000 dan terus bertambah). Hal ini tentu saja membantu pertumbuhan jumlah transaksi dengan cepat. Jumlah transaksi meningkat 30% pada kuartal kedua 2018 lalu. Pertumbuhan ini dapat menjadikan perusahaan JD sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia.

Mediamaz Translation Service

university of glasgow

Mediamaz TS

Kamu telah membaca artikel yang memuat informasi mengenai daftar 6 website e-commerce terbesar di dunia. Apakah kamu pernah berbelanja atau bahkan sudah berlangganan pada salah satu platform e-commerce tersebut? Khusus untuk kamu yang ingin membuka bisnis e-commerce secara global dan ingin menerjemahkan website e-commerce milikmu, kamu tentunya membutuhkan jasa dan layanan penerjemahan yang terpercaya dan berkualitas.

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang penerjemahan maupun legalisasi. Sehingga, kamu dapat menggunakan jasa dan layanan kami untuk menerjemahkan dan melegalisasikan website e-commerce kamu. Kamu dapat memesan layanan secara online maupun offline. Kamu jadi bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus persyaratan pendirian perusahaan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungilah tim marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275