Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Informasi Mengenai Biaya Hidup di Jepang per Bulan

Inilah Besaran Biaya yang Harus Dikeluarkan per Bulan di Jepang

Biaya hidup di jepang

Sumber: pinterest

Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan gaya hidup modern dan teknologinya yang canggih. Namun, untuk bisa hidup di Jepang, tentu saja Anda perlu memperhitungkan biaya hidup yang cukup tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang estimasi biaya hidup di Jepang, tips berhemat tinggal di Jepang, dan cara mendapatkan pekerjaan di Jepang.

Baca Juga: Rekomendasi Wahana Tokyo Disneyland yang Wajib Anda Coba

Estimasi biaya hidup di Jepang

Biaya hidup di Jepang tergantung pada banyak faktor seperti lokasi, gaya hidup, dan kebutuhan individu. Namun, sebagai gambaran umum, berikut adalah estimasi biaya hidup untuk tinggal di Jepang:

Akomodasi

Biaya sewa apartemen di kota besar seperti Tokyo, Osaka, atau Kyoto bisa mencapai 80.000 hingga 150.000 yen (9 juta sampai 17 juta rupiah) per bulan tergantung pada lokasi dan ukuran apartemen. Jika Anda tinggal di luar kota besar, biaya sewa bisa lebih murah, sekitar 50.000 hingga 80.000 yen (5 juta sampai 9 juta rupiah) per bulan.

Transportasi 

Biaya transportasi di Jepang bisa cukup mahal, terutama jika Anda menggunakan taksi. Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau bus, biaya perjalanan bisa lebih terjangkau, sekitar 200 hingga 300 yen (22 ribu sampai 34 ribu rupiah) per perjalanan. Untuk pengeluaran transportasi bulanan, biaya sekitar 10.000 hingga 15.000 yen (1,1 juta sampai 1,7 juta rupiah) per bulan.

Makanan

Biaya makanan di Jepang bervariasi tergantung pada tempat dan jenis makanan. Restoran cepat saji seperti McDonald atau KFC bisa mencapai 500 hingga 1.000 yen (56 ribu sampai 114 ribu rupiah) per makanan, sedangkan makanan di restoran tradisional atau makanan khas Jepang bisa mencapai 1.500 hingga 3.000 yen (170 ribu sampai 340 ribu rupiah) per makanan. Biaya makanan untuk satu orang per bulan bisa mencapai 50.000 hingga 70.000 yen (5 juta sampai 8 juta rupiah).

Kebutuhan Lain-lainnya

Biaya kebutuhan lain-lainnya seperti listrik, gas, air, dan internet bisa mencapai sekitar 10.000 hingga 15.000 yen (1,1 juta sampai 1,7 juta rupiah) per bulan.

Dengan menghitung total biaya tersebut, diperkirakan biaya hidup di Jepang untuk satu orang per bulan bisa mencapai 150.000 hingga 250.000 yen (17 juta sampai 28 juta rupiah) tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan individu. Namun, untuk mahasiswa atau pekerja asing, biaya hidup bisa lebih tinggi karena harus memperhitungkan biaya pendidikan atau biaya visa tinggal di Jepang.

Baca Juga: Resep Omurice: Nasi Goreng Omelet Khas Jepang

Cara Tips Berhemat Tinggal di Jepang

Tinggal di Jepang bisa menjadi pengalaman yang mahal. Namun, dengan beberapa tips hemat, Anda dapat menghemat biaya dan tetap menikmati pengalaman tinggal di Jepang. Berikut adalah beberapa tips hemat tinggal di Jepang:

1. Mencari Tempat Tinggal yang Terjangkau

Pilihlah tempat tinggal yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Cari apartemen di daerah yang agak jauh dari pusat kota atau di daerah yang lebih kecil, karena biasanya harganya lebih murah.

2. Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum di Jepang sangat efisien dan dapat menghemat biaya jika digunakan secara teratur. Anda dapat membeli kartu transportasi seperti Suica atau Pasmo untuk mendapatkan diskon atau harga yang lebih murah.

3. Memasak Sendiri

Makanan di restoran atau kafe bisa sangat mahal di Jepang. Untuk menghemat biaya, memasak sendiri makanan di apartemen atau asrama bisa menjadi pilihan yang tepat. Cari bahan makanan di pasar tradisional atau toko serba ada untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Memilih Tempat Hiburan yang Terjangkau

Hiburan seperti menonton film atau bermain game di pusat perbelanjaan bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau daripada mengunjungi tempat hiburan yang lebih mewah. Cari tempat hiburan dengan harga yang lebih terjangkau atau gunakan aplikasi diskon untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Memanfaatkan Sumber Daya Gratis

Jepang memiliki banyak sumber daya gratis seperti museum, taman, atau festival budaya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenal budaya Jepang tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

6. Berbelanja di Toko Diskon

Jepang memiliki banyak toko diskon seperti Don Quijote atau Daiso yang menjual berbagai macam barang dengan harga yang lebih murah. Manfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat menghemat biaya tinggal di Jepang tanpa harus mengorbankan kualitas hidup Anda.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Tokyo

Cara Agar Mendapatkan Pekerjaan di Jepang

Untuk bekerja di Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tahapan untuk bekerja di Jepang:

Mendapatkan Izin Tinggal dan Kerja

Anda perlu mendapatkan visa kerja untuk tinggal dan bekerja di Jepang. Untuk itu, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pihak imigrasi Jepang. Beberapa jenis visa kerja yang bisa didapatkan antara lain visa kerja berdasarkan keahlian, visa magang, atau visa pengusaha.

Lolos Ujian Bahasa Jepang

Beberapa perusahaan di Jepang mengharuskan karyawan asing untuk menguasai bahasa Jepang. Oleh karena itu, ujian bahasa Jepang seperti JLPT (Japanese Language Proficiency Test) sering menjadi persyaratan dalam rekrutmen tenaga kerja asing di Jepang.

Mencari Pekerjaan

Anda harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Anda dapat mencari lowongan pekerjaan di situs web rekrutmen atau melalui perusahaan perekrutan tenaga kerja asing. Pastikan untuk mempersiapkan CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

Wawancara Kerja

Setelah melamar pekerjaan, Anda akan dipanggil untuk wawancara kerja. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mengenai perusahaan tersebut dan budaya kerja di Jepang.

Menyesuaikan Diri dengan Budaya Kerja Jepang

Budaya kerja di Jepang sangat berbeda dengan budaya kerja di negara lain. Pastikan untuk memahami etika kerja yang berlaku di Jepang, seperti disiplin, tata krama, dan penghargaan terhadap hierarki dalam organisasi.

Setelah Anda diterima bekerja, Anda akan memulai proses orientasi dan pelatihan sebelum memulai tugas. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari bahasa dan budaya Jepang untuk memperoleh pengalaman kerja yang lebih baik dan sukses di Jepang.

Baca Juga: Kerja di Jepang: Syarat, Gaji, dan Caranya

Kami Siap Membantu Anda

Seperti sudah menjadi rahasia umum, untuk dapat bekerja di Jepang. Anda harus memiliki izin tinggal dan kerja. Yang dimana, izin tersebut biasanya berupa paspor sebagai KTP Anda di luar negeri dan Visa Kerja. Jika tidak memiliki izin tersebut Anda belum bisa dipastikan bisa dapat bekerja di Jepang secara resmi.

Kebetulan, Mediamaz Translation Service siap membantu Anda untuk mempersiapkan segala keperluan dokumen yang seperti Paspor dan Visa untuk dapat berangkat ke Jepang. Layanan yang Mediamaz Translation Service tidak hanya membantu legalisasi dokumen.

Tetapi juga meliputi bidang lainnya seperti Proofreading Dokumen, Penerjemah Tersumpah, Lokalisasi Bahasa, Content Writer, dan masih banyak lainnya. Semua layanan kami sudah terjamin hasilnya, karena kami sudah mendapatkan sertifikat resmi dari SK Gubernur, Kemenkumham, dan Himpunan Penerjemah Indonesia atau HPI.

Dan juga legalisasi dokumen kami sudah diakui oleh Kementrian & Kedutaan asing di Indonesia. Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan dokumen Anda kepada kami dengan cara mengunjungi website kami di sini dan juga dapat melalui layanan telepon kami di nomor berikut 021 55787254.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *