Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Inilah Daftar Idol Korea Paling Berpengaruh Tahun 2022, Cek di Sini!

Perkembangan industri K-pop kini sudah menjalar ke berbagai penjuru dunia. Hal tersebut terjadi akibat kemajuan teknologi dan informasi yang terus berkembang secara cepat dan pesat. Sudah berjalan dari awal tahun 2000-an, saat ini tidak hanya drama korea saja, tetapi banyak idol, boy dan girl grup yang eksis melalang buana memasuki pasar Indonesia.

Istilah Gelombang Korea sudah mulai sejak generasi idol k-pop pertama muncul. Tahun 1990-an menjadi tombak awal lahirnya fenomena budaya korea yang menarik perhatian berbagai pasang mata untuk jatuh dan terpana. Maraknya fenomena idol korea, membawa pengaruh sangat besar. Terlihat dari beberapa produk kecantikan lokal Indonesia menggunakan idol sebagai brand ambassadornya.

Kunjungi website mediamaz.co.id atau kunjungi website blog mediamaz.co.id/artikel

Sejarah Gelombang Hallyu Korea (Korean Wave)

Hallyu merupakan arti kata yang berasal dari Han Liu atau Korean Wave atau juga gelombang Korea. Hallyu adalah penyeberan gelombang budaya populer modern dan dunia hiburan Korea ke seluruh dunia, melalui musik (k-pop), k-drama, film, animasi, dan sebagainya. Fenomena ini sudah terjadi sejak tahun 1990-an dan masih terus berjalan sampai saat ini khususnya di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi yang serba cepat, semakin menambah antusiasme publik terhadap Korean Wave di Indonesia.

Gelombang korea tidak hanya mendapat respon yang baik di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan sebagainya. Hallyu kemudian kembali terjadi pada awal tahun 2010 ketika Korea Selatan memperluas wilayah ekspansi kebudayaan hingga ke kawasan Eropa dan Amerika. Kesuksesan Korean Wave menjadi fenomena transnasional yang memiliki daya jual serta berdampak pada peningkatan sektor ekonomi Korea Selatan.

K-pop saat ini identik dengan grup idola (boyband dan girlband) dan penyanyi solo yang mejadi ikon dari Hallyu itu sendiri. Meningkatnya popularitas yang mereka terima, menyebabkan penyebaran gelombang korea ini dalam skala yang lebih luas.

Jasa Penerjemah Tersumpah

Alasan Idol Korea Mengalami Popularitas yang Terus Meningkat

  • K-pop memiliki karakteristik yang unik, karena berbentuk grup idola: boyband dan girlband.
  • K-pop berasal dari musik tradisional yang memiliki nilai jual lebih sekaligus pembeda dari yang lain.
  • Anggota grup idol Korea memiliki proporsi tubuh yang bagus untuk menjadi daya tarik penyebaran Hallyu.
  • Kemampuan vokal dan tari yang mereka miliki oleh idol grup.

Peran agensi musik Korea juga membawa pengaruh yang besar dalam kegiatan industri musik. Mulai dari pembukaan audisi vokal dan tari, training hingga mereka debut. Pada dasarnya peran grup idola, penyanyi, aktor maupun aktris menjadi wajah dari gelombang Hallyu berkembang pesat. Populernya mereka memudahkan kebudayaan Korea masuk ke ranah internasional.

Sejak akhir tahun 2007, media sosial telah memfasilitasi penyebaran Hallyu ke kancah dunia. Adanya Youtube, Melon, Facebook, Twitter dan sebagainya. Tingginya penggunaan internet, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea mengeluarkan kebijakan High Speed Internet Services Program. Sebagai pemanfaatan internet untuk menyebarkan konten-konten kebudayaan. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Korea’s National Internet Devolpment (NIDA) menyebutkan bahwa 90.8% pengguna internet (netizen) menggunakan internet untuk mengakses konten-konten hiburan, seperti; film, drama, program musik dan acara-acara televisi lainnya. Penggunaan intensif terhadap sosial media berdampak pada peningkatan jumlah ekspor kebudayaan.

Jasa Penerjemah Tersumpah

Dampak dari penyebaran Hallyu atau Korean Wave Terhadap Idol Korea

korean wave

Freepik

Populernya K-pop ke seluruh dunia membuktikan bahwa musik pop Korea bisa dengan mudah membawa nilai dan karakter budaya Korea mampu diterima oleh masyarakat Internasional. Proses ini menjadi pertukaran meningkatnya popularitas budaya K-pop menjadi milik seluruh dunia. Semakin banyak idol Korea saat ini, memudahkan penyebaran budaya Korea serta menarik penggemar dari penjuru dunia untuk mengidolakannya. Selain memberikan pengaruh terhadap sektor perekonomian negara, sektor pariwisata, hubungan politik, budaya, ikut beriringan menjadi satu kesatuan yang menerima manfaat dari Hallyu ini. Sampai kini, masa idol Korea telah memasuki generasi ke-4. Lahirnya idol-idol baru tentu saja menaikkan citra Korea Selatan dalam menyebarkan kebudayaannya ke ranah internasional.

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Lahirnya Idol-Idol Korea

Berawal dari tahun 1990-an, lahirnya K-pop tersenyalir oleh kemunculan boygroup bernama Seo Taiji Boys dan debut pada tahun 1992. Dari merekalah mulai terlihat kesempatan untuk meneruskan bisnis musik korea selatan. Lee Soo Man melihat peluang tersebut dan mendirikan agensi, yaitu SM Entertainment pada tahun 1995. Soo Man Lee mulai mencari para talenta-talenta tersembunyi dan bergabung dalam naungannya. Lalu lahirlah idol korea grup pertama mereka bernama H.O.T (Highfive of Teenager) dengan genre musik yang lebih segar dan mencolok. H.O.T berhasil merajai tangga musik korea dalam waktu singkat. Kesuksesan yang telah H.O.T raih membuat produser lain untuk mencoba mendirikan agensi. Seperti: JYP Entertainment oleh Park Jin Young tahun 1997 dan YG Entertainment leh Yang Hyun Suk pada tahun 1998. Ketiga agensi ini akhirnya terkenal sebagai “Big Three” dalam industri musik korea.

Boy dan Girl grup (Idol Korea) Generasi Pertama (1994-2002)

  • G.O.D

  • S.E.S

  • Fin.K.L

  • Baby V.O.X

  • SHINHWA

  • Sechkies

  • Chakra

  • Jewelry

  • Click-B

  • Roo’ra

  • Cool, dan sebagainya

Namun eksistensi grup generasi pertama umumnya tidak berlangsung lama, sebelum akhirnya mereka memilih membubarkan diri. Generasi pertama terhitung dari tahun 1994 sampai 2002.

Jasa Penerjemah Profesional

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team 
Sewa Alat Interpreter Terbaik
Jasa Penerjemah Tersumpah
Jasa Penerjemah Profesional

Navigasi Website :
Website Utama
Blog Mediamaz TS
Kontak
Cara Menjadi Translator
Cara Menjadi Interpreter
Sertifikasi Translator
Sertifikasi Interpreter
Hire Penerjemah
Outsourcing Penerjemah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *