Inilah Daftar Idol Korea Paling Berpengaruh Tahun 2022, Simak Penjelasan Berikut ini!

Inilah Daftar Idol Korea Paling Berpengaruh Tahun 2022, Simak Penjelasan Berikut ini!

Perkembangan industri K-pop kini sudah menjalar ke berbagai penjuru dunia. Hal tersebut terjadi karena kemajuan teknologi dan informasi yang terus berkembang secara cepat dan pesat. Sudah berjalan dari awal tahun 2000-an, saat ini tidak hanya drama korea saja, tetapi banyak idol, boy dan girl grup yang eksis melanglang buana termasuk di Indonesia.

Istilah Gelombang Korea sudah mulai sejak generasi idol k-pop pertama muncul. Tahun 1990-an menjadi tombak awal lahirnya fenomena budaya korea yang menarik perhatian berbagai pasang mata untuk jatuh dan terpana. Maraknya fenomena idol korea, membawa pengaruh sangat besar. Terlihat dari beberapa produk kecantikan lokal Indonesia menggunakan idol sebagai brand ambassadornya.

Sejarah Gelombang Hallyu Korea (Korean Wave)

gelombang hallyu - idol korea

freepik

Hallyu merupakan arti kata yang berasal dari Han Liu atau Korean Wave atau juga gelombang Korea. Hallyu adalah penyeberan gelombang budaya populer modern dan dunia hiburan Korea ke seluruh dunia, melalui musik (k-pop), k-drama, film, animasi, dan sebagainya. Fenomena ini sudah terjadi sejak tahun 1990-an dan masih terus berjalan sampai saat ini khususnya di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi yang serba cepat, semakin menambah antusiasme publik terhadap Korean Wave di Indonesia.

Gelombang korea tidak hanya mendapat respon yang baik di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan sebagainya. Hallyu kemudian kembali terjadi pada awal tahun 2010 ketika Korea Selatan memperluas wilayah ekspansi kebudayaan hingga ke kawasan Eropa dan Amerika. Kesuksesan Korean Wave menjadi fenomena transnasional yang memiliki daya jual serta berdampak pada peningkatan sektor ekonomi Korea Selatan.

K-pop saat ini identik dengan grup idola (boyband dan girlband) dan penyanyi solo yang mejadi ikon dari Hallyu itu sendiri. Meningkatnya popularitas yang mereka terima, menyebabkan penyebaran gelombang korea ini dalam skala yang lebih luas.

Popularitas yang kini mengudara terhadap industri Idol Korea atau K-pop, terjadi karena beberapa alasan,yaitu:

  • K-pop memiliki karakteristik yang unik, karena berbentuk grup idola: boyband dan girlband.
  • K-pop berasal dari musik tradisional yang memiliki nilai jual lebih sekaligus pembeda dari yang lain.
  • Anggota grup idol Korea memiliki proporsi tubuh yang bagus untuk menjad daya tarik penyebaran Hallyu.
  • Kemampuan vokal dan tari yang mereka miliki oleh idol grup

Peran agensi musik Korea juga membawa pengaruh yang besar dalam kegiatan industri musik. Mulai dari pembukaan audisi vokal dan tari, training hingga mereka debut. Pada dasarnya peran grup idola, penyanyi, aktor maupun aktris menjadi wajah dari gelombang Hallyu berkembang pesat. populernya mereka memudahkan kebudayaan Korea masuk ke ranah internasional.

Sejak akhir tahun 2007, media sosial telah memfasilitasi penyebaran Hallyu ke kancah dunia. Adanya Youtube, Melon, Facebook, Twitter dan sebagainya. Tingginya penggunaan internet, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea mengeluarkan kebijakan High Speed Internet Service Program. Sebagai pemanfaatan internet untuk menyebarkan konten-konten kebudayaan. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Korea’s National Internet Devolpment (NIDA) menyebutkan bahwa 90.8% pengguna internet (netizen) menggunakan internet untuk mengakses konten-konten hiburan, seperti; film, drama, program musik dan acara-acara televisi lainnya. Penggunaan intensif terhadap sosial media berdampak pada peningkatan jumlah ekspor kebudayaan.

Dampak dari penyebaran Hallyu atau Korean Wave Terhadap Idol Korea

korean wave

Freepik

Merambaknya musik K-pop ke seluruh dunia membuktikan bahwa musik pop Korea bisa dengan mudah membawa nilai dan karakter budaya Korea mampu diterima oleh masyarakat Internasional. Proses ini menjadi pertukaran meningkatnya popularitas budaya K-pop menjadi milik seluruh dunia. Semakin banyak idol Korea saat ini, memudahkan penyebaran budaya Korea serta menarik penggemar dari penjuru dunia untuk mengidolakannya. Selain memberikan pengaruh terhadap sektor perekonomian negara, sektor pariwisata, hubungan politik, budaya, ikut beriringan menjadi satu kesatuan yang menerima manfaat dari Hallyu ini. Sampai kini, masa idol Korea telah memasuki generasi ke-4. Lahirnya idol-idol baru tentu saja menaikkan citra Korea Selatan dalam menyebarkan kebudayaannya ke ranah internasional.

Lahirnya Idol-Idol Korea 

Berawal dari tahun 1990-an, lahirnya K-pop tersenyalir oleh kemunculan boygroup bernama Seo Taiji Boys dan debut pada tahun 1992. Dari merekalah mulai terlihat kesempatan untuk meneruskan bisnis musik korea selatan. Lee Soo Man melihat peluang tersebut dan mendirikan agensi, yaitu SM Entertainment pada tahun 1995. Soo Man Lee mulai mencari para talenta-talenta tersembunyi dan bergabung dalam naungannya. Lalu lahirlah idol korea grup pertama mereka bernama H.O.T (Highfive of Teenager) dengan genre musik yang lebih segar dan mencolok. H.O.T berhasil merajai tangga musik korea dalam waktu singkat. Kesuksesan yang telah H.O.T raih membuat produser lain untuk mencoba mendirikan agensi. Seperti: JYP Entertainment oleh Park Jin Young tahun 1997 dan YG Entertainment leh Yang Hyun Suk pada tahun 1998. Ketiga agensi ini akhirnya terkenal sebagai “Big Three” dalam industri musik korea.

Boy dan Girl grup (Idol Korea) Generasi Pertama (1994-2002)

  • G.O.D

  • S.E.S

  • Fin.K.L

  • Baby V.O.X

  • SHINHWA

  • Sechkies

  • Chakra

  • Jewelry

  • Click-B

  • Roo’ra

  • Cool, dan sebagainya

Namun eksistensi grup generasi pertama umumnya tidak berlangsung lama, sebelum akhirnya mereka memilih membubarkan diri. Generasi pertama terhitung dari tahun 1994 sampai 2002.

Idol Korea pada generasi kedua (2003 – 2011)

Euforia dari generasi pertama masih terbawa dan memudahkan para idol korea dari generasi kedua untuk terkenal dan mendapat respon secara luas. Ketiga agensi besar tersebut mulai melebarkan pasarnya ke negara luar Korea Selatan, seperti Jepang dan China. Mereka mempromosikan musiknya dengan menerjemahkan ke bahasa target, yakni Jepang dan China. Korean Wave tidak hanya mempopulerkan idol korea saja, tetapi merambah ke sektor lainnya, seperti drama tv, teater, film dan sebagainya.

Berkat ketenaran para boy dan girl grup generasi ini, banyak yang mengatakan bahwa genari ini mendapat julukan sebagai “golden age”. Antusias penggemar yang mulai berkecamuk ini membuat pemerintah Korea Selatan tidak segan untuk memberikan dana secara khusus pada industri hiburan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan devisa negara pada sektor hiburan dan pariwisata. Berikut ini idol korea angkatan kedua, antara lain:

  • Super Junior

  • Girl’s Generation

  • Bigbang

  • Wonder Girls

  • SHINee

  • 2NE1

  • f(x)

  • Miss A

  • 2PM

  • TVXQ

  • After School

  • T-ara

  • MBLAQ, dan masih banyak lagi

Kepopuleran Idol Korea pada Generasi Ketiga (2012 – 2017)

Berhasilnya generasi kedua berkarir dalam industri musik Korea, mulai memunculkan idol-idol lainnya dengan lebih maksimal. Pada masa ini, para idol juga mengalami masa trainee yang cukup lama demi memberikan yang terbaik kepada penggemarnya nanti. Dari generasi ini lebih mudah menarik perhatian dan popularitas karena mudahnya akses konten k-pop dari internet.

Kehebohan lainnya datang dari PSY, dimana ia merilis lagu Gangnam Style pada tahun 2012. Hal tersebut menjadikan PSY sebagai artis korea pertama yang mendapat jumlah penonton terbanyak kurang dari 2 bulan. List boyband dan girlband pada generasi ketiga, sebagai berikut:

  • BtoB

  • Crayon pop

  • AOA

  • EXO

  • EXID

  • NU’EST

  • BTS

  • Infinite

  • Ladies Code

  • GOT7

  • Lovelyz

  • MAMAMOO

  • GFRIEND

  • iKON

  • Monsta X

  • OH MY GIRL

  • SEVENTEEN

  • TWICE

  • ASTRO

  • BLACKPINK

  • WJSN

  • MOMOLAND

  • NCT

  • SF9

  • Golden Child

  • HIGHLIGHT

  • THE BOYZ

  • WANNA ONE, serta masih banyak lagi

Angkatan 4 Idol Korea (2018 – saat ini)

Isu yang masih beredar adalah masih banyak yang beranggapan bahwa generasi ke-empat ini belum muncul untuk melampaui idol korea pada generasi sebelumnya. Beberapa lainnya mengatakan idol yang telah debut pada pertengahan tahun 2018 sudah menyamai kepopuleran para seniornya dalam waktu singkat. Namun, para idol korea ini masih harus terus berusaha keras untuk melampaui para seniornya. Nama-nama idol korea pada angkatan 4, adalah:

  • ATEEZ

  • Fromis_9

  • (G)I-DLE

  • Gugudan

  • IZONE

  • Stray Kids

  • AB6IX

  • EVERGLOW

  • ITZY

  • SUPERM

  • TXT

  • VERIVERY

  • AESPA

  • SECRET NUMBER

  • STAYC

  • ENHYEPEN

  • TREASURE

  • EPEX

  • IVE

  • Ciipher

  • Hot Issue

  • Purple K!SS

  • Kep1er

  • Le SSERAFIM

  • GOT The Beat

  • NMIXX, dsb

Baca juga: SM Entertainment : Agensi Pertama dan Terbesar di Korea Selatan?

Daftar Idol Korea (Boyband) paling populer pada tahun 2022

Berdasarkan data dari Corporate Reputation Research Institute (소장 구창환) dibaca: Direktur Chag Hwan Koo, menganalisis sebanyak 46.074.320 big data brand boy grup yang dari 9 Juni 2022 hingga 8 Juli 2022. Hasil analisis tersebut berdasarkan pada perilaku konsumen untuk menentukan indeks partisipasi brand sebuah boy grup, indeks media, komunikasi yang terukur.

Menurut Corporate Reputation Research Institute, indeks ini dibuat untuk menemukan bahwa kebiasaan online konsumen punya pengaruh besar. Selain itu juga untuk mengukur evaluasi positif dan negatif dari boy grup tersebut. Berikut ini, brand reputasi untuk idol korea, terkhusus boy grup bulan juli 2022, sebagai berikut:

yeongnam

1. BTS

bts - idol korea

pinterest

방탄소년단 (dibaca: bangtan sonyeondan) adalah grup vokal pria asal Korea Selatan yang debut pada 12 Juni 2013. Beranggotan RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook dan Jimin berada dalam naungan Big Hit Entertainment kini berganti menjadi Hybe Corporation. Arti nama dari grup mereka ialah sebagai bentuk memblokir steriotip, kritik dan harapan yang menargetkan remaja untuk melindungi cita-citanya.

Diskografi

Sudah debut cukup lama, sudah banyak sekali karya-karya yang BTS berikan untuk para penggemarnya. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang kini sangat banyak penikmatnya, antara lain:

Album Studio 
  • Dark & Wild (2014)
  • Wings (2016)
  • Love Yourself: Tear (2018)
  • Map of the Soul: 7 (2020)
  • Be (2020)
Album Mini
  • O!RUL8,2 (2013)
  • Skool Luv Affair (2014)
  • The Most Beautiful Moment in Life pt.1 dan pt.2 (2015)
  • Love Yourself Her (2017)
  • Map of the Soul; Persona (2019)

Untuk melihat rangkuman dari album, single dan diskografi lainnya bisa kamu lihat pada situs : Diskografi BTS

2. SEVENTEEN

seventeen - idol korea

pinterest

Grup vokal bentukan dari Pledis Entertainment ini mempunyai 13 anggota yang terbagi ke 3  sub unit. Sub unitnya adalah: hip-hop, vokal, dan performance. Kata “seventeen” yang berarti “tujuh belas” merupakan gabungan dari jumlah keseluruhan anggota mereka, jumlah sub-unit, dan angka 1 yang berarti “kesatuan tim”. Grup ini dikenal dengan sebutan Self-producing idol karena keterlibatan anggotanya dalam penyusunan, pengembangan, dan pembuatan lagu serta koreografi. Anggota Seventeen Hiphop unit yakni: S.Coups, Wonwoo, Mingyu, dan Vernon. Vocal unit, antara lain: Woozi, Jeonghan, Joshua, DK, dan Seungkwan. Performance Unit, ada Hoshi, Jun, The8 dan Dino. Saat ini Seventeen berada dalam satu naungan yang sama dengan BTS, lantaran telah terakuisi oleh Hybe Corporation.

Album dan Single

Seventeen sudah merilis sebanyak 4 album dan lebih dari 10 single serta ost yang bisa kamu dengarkan pada layanan streaming. Penjabaran mengenai album yang telah rilis, antaranya:

Album Studio

  • Love & Letter (2016)
  • Teen, Age (2017)
  • An Ode (2019)
  • Face The Sun (2022)

3. NCT

4. ASTRO

5. MONSTA X

6. THE BOYZ

7. BIGBANG

8. EXO

9. WINNER

10. BTOB

Brand Reputasi Idol Korea (Girl Grup) pada Bulan Juli 2022

Selain merilis reputasi dari idol korea versi boy grup, Corporate Reputation Research Institute juga merilis seberapa pengaruh idol girl grup terhadap sebuah brand. Institut Penelitian Reputasi Perusahaan Korea menganalisis sebanyak 45.599.648 data merek mulai dari 10 Juni hingga 10 Juli 2022. Hasil data ini untuk menganalisis indeks partisipasi merek idol korea khusnya girl grup, media, komunikasi dan sebagainya. Mendapatkan hasil sebagai berikut:

beyondpost

1. Blackpink

pinterest

블랙핑크 (dibaca: blackpink) menjadi idol korea pertama versi girlgrup yang termasuk dalam brand reputasi terbaik bulan Juli 2022. Mendapat indeks sebanyak 3.133.666 sebagai reputasi lalu indeks partisipasi sebanyak 173.536, media sebanyak 820.680. Blackpink mengalami penurunan dari bulan lalu sebesar 6,06%. Berada dalam rumah YG Entertainment, Blackpink memiliki posisi tertinggi pada Billboard Hot 100, nomor urut 55 dengan lagunya “Ddu-Du-Ddu-Du”. Serta Billboard 200 urutan 40 dengan EP berjudul Square Up.

Blackpink menjadi grup pop korea pertama dan satu-satunya yang memasuki serta memuncaki Emerging Artist Billboard. Selain itu Blackpink juga menjadi grup vokal perempuan pertama yang memiliki 4 lagu di Billboard World Digital Song Sales. “Ddu-Du-Ddu-Du” memecahkan rekor menjadi video musik korea paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam. Anggotanya terdiri dari Jisoo dan Jenie berasal dari Korea Selatan, Rose Selandia Baru serta Lisa dari Thailand.

Beragam Album, Single Blackpink

  • The Album (2020)
  • Blackpink in Your Area (2018) Jepang version
  • Square one, two (2016)
  • How You Like That (2020)
  • Ddu-Du-Ddu-Du (2018)
  • Blackpink (album mini) (2017)
  • Kill This Love (2019)
  • Boombayah (2016)
  • Whistle (2016)
  • Playing with Fire (2016)
  • Stay (2016)
  • As If it’s Ypur Last (2017)
  • How You Like That (2020)
  • Ice Cream (2020)
  • Lovesick Girls (2020)

2. IVE

IVE - idol korea

kuyou

Idol Korea berikutnya yang menduduki posisi dua adalah IVE, beranggotakan 6 perempuan ini bernaung dalam Starship Entertainment. IVE sendiri adalah singkatan dari “I Have” yang bermakna sebagai ambisi para anggota untuk percaya diri menunjukan apa yang mereka miliki. Terbentuk pada tanggal 1 Desember 2021, anggotanya adalah: Yujin, Gaeul, Rei, Wonyoung, Liz, Leeseo. Fandom mereka untuk para penggemar adalah “DIVE” bermakna sebagai Dive into IVE”.

IVE meraih indeks reputasi merek sebanyak 3.120.003, dengan indeks partisipasi 345.712 dan indeks media sebesar 831.219. Walaupun begitu indeks tersebut mengalami penurunan sebanyak 2,99%.

3. Fromis_9

4.  (G)I-DLE

5. TWICE

6. GIRLS GENERATION

7. WJSN

8.  AESPA

9. OH MY GIRL

10. RED VELVET

Ingin Berkunjung ke Korea Selatan? dan Bertemu Idol Grup Kesayangan Kamu?

Kamu bisa menyiapkan visa dan paspor atau dokumen yang sejenis sesuai dengan ketentuan. Jika Kamu membutuhkan jasa penerjemah dokumen tersumpah. khususnya bahasa Korea. Tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS akan siap membantu.

Kamu bisa mengandalkan kami, karena tim kami terdiri dari orang-orang yang berpengalaman serta profesional di bidangnya. Sehingga segala bentuk terjemahannya akan sah secara hukum dan terbukti keabsahaan nya.  Tim penerjemah kami juga telah memiliki izin dari pemerintah, SK Gubernur, Kemenkumham, HPI serta terdaftar di kedutaan besar maupun Kementerian Luar Negeri.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi tim kami dan dapatkan berbagai promo menarik khusus untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *