Intip Tips dan Trik Menjadi Jasa Penerjemah Freelance yang Punya Banyak Klien!

Intip Tips dan Trik Menjadi Jasa Penerjemah Freelance yang Punya Banyak Klien!

Jasa Penerjemah freelance kini menjadi profesi yang banyak diincar. Pasalnya, sebagai seorang penerjemah Anda tidak perlu untuk pergi kerja ke kantor, biro penerjemahan, atau usaha penerbit. Namun bisa mengerjakan pekerjaan di manapun dan kapanpun. Pekerjaan pun semakin mudah berkat teknologi, atau bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Lantas, bagaimana cara untuk menjadi penerjemah freelance yang punya banyak klien? Yuk simak tips di bawah ini!

Penerjemah Freelance

penerjemah freelance

source freepik

Penerjemah freelance adalah penerjemah lepas atau penerjemah yang bekerja sendiri tanpa keterikatan kontrak pada suatu perusahaan. Jasa penerjemah freelance biasanya dapat mengerjakan proyek lebih dari satu klien. Oleh karena itu, penerjemah freelance menawarkan jasa terjemahan secara mandiri atau pribadi. Pendapatan seorang penerjemah freelance juga bermacam-macam, ketika mereka mengambil proyek dari banyak klien, maka pendapatan yang mereka terima juga besar. Sehingga, pekerjaan ini tidak memiliki gaji bulanan secara tetap.

Keuntungan

Bekerja menjadi penerjemah freelance memiliki beberapa keuntungan-keuntungan sebagai berikut ini:

1. Tidak terikat kontrak perusahaan

Seorang pekerja lepas atau freelance tentunya tidak terikat oleh kontrak satu perusahan apapun. Sehingga, mereka bebas untuk bekerja di luar jam kerja dan juga terbebas dari aturan seperti seragam dan ketentuan lain dari perusahaan.

2. Bebas menerima proyek sebanyak-banyaknya

Karena jasa penerjemah freelance menawarkan jasanya secara pribadi, maka ketika mereka mendapat proyek dari klien mereka bebas untuk menerima banyaknya proyek. Namun, harus tetap bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil terjemahan sesuai dengan target atau deadline yang telah ditentukan.

3. Bisa kerja dari mana dan kapan saja

Tidak hanya bekerja di kantor, seorang yang menawarkan jasa penerjemah freelance bebas untuk menentukan kapan mereka akan mengerjakan pekerjaannya. Mereka juga memiliki kebebasan untuk memilih tempat untuk bekerja baik itu di cafe, kamar, rumah teman, atau di mall sekalipun.

4. Punya banyak waktu fleksibel

Tidak terikat kontrak perusahaan berarti juga terbebas dari jam kerja yang makan banyak waktu setiap harinya. Oleh karenanya, jasa penerjemah freelance memiliki banyak waktu fleksibel untuk mereka bekerja dan main.

5. Berpeluang menerima gaji besar

Ketika mendapat proyek dari banyak klien, maka jasa penerjemah frelance akan mendapat pendapatan yang banyak pula. Mereka bisa mendapat jutaan hingga puluhan juta gaji tiap bulannya loh!

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, menjadi seorang jasa penerjemah freelance juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Penghasilan tidak tetap

Dengan tidak terikat kontrak perusahaan, seorang jasa penerjemah freelance berbeda dengan orang yang bekerja di kantoran. Mereka tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulan, maka akan berdampak buruk apabila kita tidak handal dalam mengontrol pengeluaran dan besarnya pemasukan.

2. Sulit mendapat klien

Kekurangan menjadi seorang penerjemah freelance selanjutnya adalah kesulitan dalam mendapat klien. Biasanya penerjemah pemula yang baru terjun dan merintis karir akan mengalami fase ini. Ketika menunggu klien pertama biasanya akan memakan waktu lama dan membosankan. Namun, dari klien pertama itulah akan meningkatkan reputasi dan memperluas jaringan untuk mendapat klien yang lebih banyak.

3. Terikat oleh deadline

Setiap mendapat proyek terjemahan, pasti akan ada kesepakatan deadline dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, penerjemah freelance tidak boleh melupakan tanggung jaawab untuk menyelesaikannya tepat waktu. Ketika terjadi keterlambatan, bisa berpotensi untuk merusak reputasi dan nama baik dari penerjemah itu sendiri kedepannya.  Biasanya untuk mengantisipasi hal tersebut, terkadang penerjemah freelance harus rela lembur untuk menyelesaikan seluruh pekerjaanya.

Tips dan Trik untuk Menjadi Penerjemah Freelance

source freepik

Salah satu keuntungan dari kemajuan teknologi bagi seorang jasa penerjemah freelance ialah bisa mengerjakan pekerjaan dari mana saja. Selain menjadi pekerjaan utama, profesi jasa penerjemah freelance bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan. Namun, bagaimana cara menjadi penerjemah freelance yang terpercaya dan bisa punya banyak klien? Berikut tipsnya!

1. Memiliki Kemampuan Berbahasa Asing yang Baik

Tips yang pertama ialah Anda harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik dan handal. Seorang jasa penerjemah freelance harus mampu memahami dan fasih dalam berbahasa asing. Karena nantinya Anda akan mengerjakan dokumen-dokumen terjemahan bahasa asing yang menuntut Anda untuk secara cepat menerjemahkannya. Hal yang penting lainnya yaitu untuk bisa menulis secara dasar. Merupakan hal yang penting juga bagi seorang translator untuk bisa menulis secara basic.

2. Memperluas Koneksi

Sebagai jasa penerjemah freelance, penting untuk memperluas koneksi untuk memasarkan dan menawarkan jasa terjemahan guna mendapatkan banyak klien kedepannya. Karena, lewat teman ke teman, akan sangat mudah mendapat kepercayaan calon klien untuk menggunakan jasa terjemahan Anda.

3. Ambil Spesialisasi

Ketika sudah menguasai bahasa asing dan mendapatkan sertifikasi, Anda bisa menargetkan industri spesifik yang anda sukai dan minati untuk memfokuskan proyek-proyek dokumen yang akan Anda ambil nantinya. Menguasai bahasa asing tidak selalu berarti Anda akan memahami terminology relevan yang akan Anda terjemahkan nantinya, jadi pastkian Anda memilih fokus tambahan unruk spesialisasi bidang industri tertentu.

4. Memiliki Kemampuan Marketing

 Setelah semua skill sudah Anda miliki, hal yang tak kalah penting untuk menjadi jasa penerjemah freelance ialah kemampuan marketing. Kepercayaan seseorang bisa Anda bangun dengan bahasa-bahasa yang persuasif dan meningkatkan keyakinan calon klien untuk menggunakan jasa terjemahan Anda. Penentuan harga yang pas juga menjadi sangat krusial karena Anda harus menawarkan harga yang masih tidak terlalu jauh dari pasaran yang ada untuk menarik klien.

5. Mendapatkan Sertifikasi

Setelah mahir dan memahami bahasa asing, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan sertifikasi seperti kursus atau pelatihan khusus. Dengan memiliki sertifikasi, menjadikan value Anda sebagai jasa penerjemah freelance naik dan akan meningkatkan kepercayaan calon klien. Nantinya orang-orang akan mengenal dan mengakui bahwa Anda memiliki skill akan terjemahan ataupun bahasa asing yang memumpuni dan profesional.

Ikut Kelas Bootcamp Penerjemahan Mediamaz Yuk!

Mediamaz Translation Services sebagai salah satu perusahaan penerjemahan terbesar di Indonesia membua kesempatan bagi para calon penerjemah profesional lewat program Bootcamp Penerjemah Mediamaz. Bagi Anda yang berminat untuk jadi jasa penerjemah freelance profesional, kesempatan terbuka lebar dengan mengikuti pelatihan bootcamp dari Mediamaz TS.

Program bootcamp di Mediamaz TS berlangsung selama 3 bulan dan Anda akan siap untuk terjun dan menjadi jasa penerjemah freelance yang handal dan profesional. Dengan mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz TS, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi yang berguna untuk karir Anda menjadi seorang penerjemah kedepannya. Tunggu apalagi? yuk daftarkan diri Anda untuk mengikuti program bootcamp penerjemah Mediamaz TS, disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.