Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mengenal Jamsil Olympic Stadium, Lokasi Konser Beberapa Artis Ternama

Masifnya penyebaran Korean wave di Indonesia berkaitan erat dengan banyaknya penggemar K-pop dari negara ini. Menjadi seorang penggemar, menonton idola Anda konser tentu menjadi suatu impian tersendiri. Bagi idola K-pop, bertemu dengan penggemar juga menjadi hal yang menyenangkan untuk mereka. Terutama jika mereka bisa bertemu dengan banyak penggemar dan hal tersebut tentu berbicara mengenai lokasi konser diselenggarakan. Di Korea Selatan, terdapat satu lokasi yang menjadi impian untuk para idola K-pop menyelenggarakan konser dan tempat tersebut adalah Jamsil Olympic Stadium.

Tidak sembarang orang bisa mengadakan konser di stadion ini. Terdapat beberapa alasan di balik hal tersebut mengapa tempat ini menjadi impian untuk para idola K-pop mengadakan konser. Simak artikel di bawah ini untuk tahu fakta lainnya!

Jamsil Olympic Stadium

Sumber: SkysScraperCity

Sejarah Singkat Jamsil Olympic Stadium

Jamsil Olympic Stadium merupakan stadion yang terletak di dalam kompleks Jamsil Sports Complex di distrik Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan. Stadion ini dirancang oleh Kim Swoo Geun yang mulai di bangun pada tahun 1977. Tujuan awal pembangunan stadion ini adalah untuk menjadi tuan rumah Asian Games tahun 1986 kala itu dan berhasil. Lalu berlanjut menjadi lokasi untuk Olimpiade musim panas tahun 1988. Namun, setelah dua perhelatan tersebut selesai stadion ini tidak lagi menyelenggarakan acara olahraga berskala internasional.

Stadium ini menduduki peringkat ke-4 dalam daftar sebagai lokasi paling mahal untuk olimpiade musim panas. Di mana Jamsil Olympic Stadium ini menghabiskan biaya sejumlah 430 juta Dollar untuk pembangunannya. Pengerjaan stadion ini berlangsung selama 7 tahun lamanya sebelum akhirnya resmi untuk acara Asian Games tahun 1986. 

Stadium ini mampu menampung sebanyak 100 ribu orang dengan menyediakan total 65.599 kursi. Serta luas lantai bangunan sebesar 111.972 meter persegi dan area stadion sebesar 75.466 meter persegi. Di mana stadion ini sangatlah besar untuk ukuran idola K-pop menyelenggarakan konser. Maka dari itu, tidak sembarang orang bisa mengadakan konser di tempat ini. Mereka harus memiliki popularitas tinggi baru bisa menjual habis tiket konser mereka di lokasi sebesar Jamsil Olympic Stadium.

Baca Juga: “7 Menu Makanan Korea Halal untuk Muslim Traveler di Korea

Jangan Sampai Salah! Berikut Beda Jamsil Olympic Stadium dan Jamsil Arena 

Jika Anda ingin menonton konser idola Anda di Korea, hal ini harus Anda catat dan jangan sampai salah!

Jamsil Olympic Stadium dan Jamsil Arena merupakan dua tempat  yang terletak di sebuah kompleks Jamsil Sports Complex. Dalam kompleks tersebut terdiri dari beberapa tempat lainnya seperti Auxiliary Stadium, Jamsil Baseball Stadium, Jamsil Student Gymnasium, dan Jamsil Indoor Swimming Pool. Dapat kita ketahui bahwa kompleks olahraga ini sangatlah luas dan besar mengingat bahwa Jamsil Olympic Stadium menjadi bagian dalam kompleks ini.

Tetapi Jamsil Olympic Stadium beberapa kali pernah dimanfaatkan untuk melakukan perhelatan konser. Namun, hanya artis-artis teratas saja yang memiliki popularitas tinggi dan bisa menjual tiket mereka setidaknya setengah dari total kapasitas yang ada baru bisa konser di tempat tersebut. Sedangkan Jamsil Arena, banyak sekali idola K-pop yang menggunakan tempat ini untuk mengadakan konser karena kapasitasnya yang tidak terlalu besar. 

Baca Juga: “Universitas Terbaik di Korea: SKY University dan Informasi Lainnya

Daftar Idola K-pop yang Pernah Mengadakan Konser di Jamsil Olympic Stadium

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidak semua idola K-pop bisa konser di Jamsil Olympic Stadium. Berikut beberapa daftar Artis Korea yang pernah melakukan konser tunggal di tempat ini:

1. BTS – 6+1 kali (2019 dan 2022 [3 hari masing-masing] + 2021 [online concert])

BTS - Jamsil Olympic Stadium

Pic by the news

Siapa yang tidak tahu dengan boy group satu ini? Pastinya semua orang sudah tahu dengan melihat gambar di atas saja. BTS menjadi grup terpopuler yang ada di dunia sekarang ini. Popularitas mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dapat Anda lihat dari total sebanyak 7 kali mereka pernah mengadakan konser di Jamsil Olympic Stadium. Bahkan satu kali konser tersebut diadakan secara online tanpa penonton. Hal tersebut berhasil menunjukkan popularitas dari boy group satu ini. Selain itu total sebanyak 3 hari dalam sekali konser di Jamsil Olympic Stadium sejak 2019 sudah menunjukkan secara jelas popularitas BTS sebagai boy group global.

2. EXO – 2 kali (2017 [2 hari])

EXO

Pic by Billboard

Artis Korea lainnya yang berhasil tampil di Jamsil Olympic Stadium adalah EXO. Popularitas grup satu ini juga sudah tidak usah dipertanyakan lagi. EXO bahkan berhasil mengadakan konser bertajuk “EXO PLANET #3 – “THE EXO’rDIUM” di stadion ini selama 2 hari. Bahkan tiket tersebut berhasil terjual habis hanya kurang dari waktu satu jam jika dilansir dari artikel Kpopstarz.

3.  IU – 2 Kali (2022 [2 malam])

IU

Pic by Hellokpop

Setelah BTS dan EXO, IU merupakan satu-satunya solois wanita yang berhasil mengadakan konser di Jamsil Olympic Stadium ini. Konser bertajuk “The Golden Hour” selama 2 hari ini berhasil menunjukkan kesuksesan IU sebagai seorang solois wanita Korea pertama yang dapat menyelenggarakan konser di stadion. Bahkan tiket konser dua hari tersebut terjual habis dengan total kurang lebih 130 ribu kursi. Hal tersebut sudah bisa menunjukkan popularitas IU sebagai seorang solois wanita yang memiliki banyak penggemar.

4. NCT 127 – 2 kali (2022 [2 malam])

NCT 127 - Jamsil Olympic Stadium

Pic by nme

Kembali ke boy group, NCT 127 menjadi grup selanjutnya yang menyelenggarakan konser di Jamsil Olympic Stadium. Grup yang berisikan Taeyong, Johnny, Yuta, Doyoung, Taeil, Jaehyun, Jungwoo, Mark dan Haechan ini belakangan sedang naik menunjukkan popularitas mereka sebagai grup global. Konser yang bertajuk “NEO CITY: THE LINK” tersebut menjadi awal baru bagi mereka. Di mana konser tersebut berhasil ditonton oleh 120 ribu orang selama dua hari mereka mengadakan konser di tanggal 22 hingga 23 Oktober 2022 lalu.

5. NCT Dream – 2 kali (2022 [2 malam])

NCT Dream

Pic by kpoptoday

Setelah NCT 127, kini sub unit NCT lainnya yaitu NCT Dream yang juga pernah mengadakan konser di Jamsil Olympic Stadium ini. Konser bertajuk “The Dream Show 2 : In A Dream” itu berlangsung selama dua hari dari tanggal 8-9 September 2022 lalu. Berhasil menjual habis tiket tersebut menunjukkan bahwa grup satu ini memiliki popularitas tinggi. Meskipun member dari grup ini tergolong masih muda, namun mereka sudah berhasil menunjukkan diri mereka sebagai grup global yang bisa menjual habis tiket konser stadium.

Baca Juga: “Universitas Terbaik di London: Rekomendasi Universitas di London

Ingin Mengunjungi Jamsil Olympic Stadium atau Korea Selatan?

Apakah Anda ingin datang ke Korea Selatan jika idol Anda mengadakan konser di Jamsil Olympic Stadium? atau hanya pergi melihat dan berlibur saja ke Korea Selatan? Tentu Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang Anda perlukan untuk perjalanan tersebut. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan tersebut, Mediamaz Translation Service hadir untuk membantu Anda. Tepatnya kami membuka jasa permohonan visa untuk membantu Anda mengurus hal tersebut. Pembuatan visa lebih mudah dan cepat hanya dengan layanan visa Mediamaz. 

Kami menyediakan pengurusan berbagai visa dari business visa, visa on arrival, single visit visa, multiple visit visa, dan juga Indonesia spouse visa. Mediamaz dapat membantu Anda untuk membuat permohonan visa ke beberapa negara lainnya juga seperti Korea, Inggris, Amerika, dan masih banyak lain. 

Sehingga tunggu apalagi? Jika ada hal yang cepat dan mudah mengapa tidak? Segera hubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: “11 Stadion Sepak Bola Terindah dan Venue Piala Dunia

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *