Jasa Legalisasi dan Waarmerking Dokumen di Notaris

Jasa Legalisasi dan Waarmerking Dokumen di Notaris

Jasa Legalisasi dan Waarmerking Dokumen di Notaris – Notaris adalah sebuah sebutan profesi untuk seseorang yang telah mendapatkan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan pada dokumen. Bentuk profesi notaris berbeda-beda tergantung pada sistem hukum.

Pekerjaan notaris dapat dilacak balik ke abad ke 2-3 pada masa roma kuno, di mana mereka dikenal sebagai scribae, tabellius atau notarius. Pada masa itu, mereka adalah golongan orang yang mencatat pidato.

Istilah notaris diambil dari nama pengabdinya, notarius, yang kemudian menjadi istilah/titel bagi golongan orang penulis cepat atau stenografer. Notaris adalah salah satu cabang dari profesi hukum yang tertua di dunia.

Jabatan notaris ini tidak ditempatkan di lembaga eksekutif, legislatif, ataupun yudikatif. Notaris diharapkan memiliki posisi netral, sehingga apabila ditempatkan di salah satu dari ketiga badan negara tersebut maka notaris tidak lagi dapat dianggap netral. Dengan posisi netral tersebut, notaris diharapkan untuk memberikan penyuluhan hukum untuk dan atas tindakan hukum yang dilakukan notaris atas permintaan kliennya. Dalan hal melakukan tindakan hukum untuk kliennya, notaris juga tidak boleh memihak kliennya, karena tugas notaris ialah untuk mencegah terjadinya masalah.

Pengertian Legalisasir / Legalisais di Notaris

Jasa Legalisasi dan Waarmerking Dokumen di Notaris – Artinya, dokumen/surat yang dibuat di bawah tangan tangan tersebut ditanda-tangani di hadapan notaris, setelah dokumen/surat tersebut dibacakan atau dijelaskan oleh Notaris yang bersangkutan. Sehingga tanggal dokumen atau surat yang bersangkutan adalah sama dengan tanggal legalisasi dari notaris. Dengan demikian, notaris menjamin keabsahan tanda-tangan dari para pihak yang dilegalisir tanda-tangannya, dan pihak (yang bertanda-tangan dalam dokumen) karena sudah dijelaskan oleh notaris tentang isi surat tersebut, tidak bisa menyangkal dan mengatakan bahwa ybs tidak mengerti isi dari dokumen/surat tersebut.
Untuk legalisasi ini, kadang dibedakan oleh notaris yang bersangkutan, dengan Legalisasi tanda-tangan saja. Dimana dalam legalisasi tanda-tangan tersebut notaris tidak membacakan isi dokumen/surat dimaksud, yang kadang-kadang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya: notaris tidak mengerti bahasa dari dokumen tersebut (contohnya: dokumen yang ditulis dalam bahasa mandarin atau bahasa lain yang tidak dimengerti oleh notaris yang bersangkutan) atau notaris tidak terlibat pada saat pembahasan dokumen di antara para pihak yang bertanda-tangan.

Pengertian Waarmerking di Notaris

Jasa Legalisasi dan Waarmerking Dokumen di Notaris – Artinya, dokumen/surat yang bersangkutan di daftar dalam buku khusus yang dibuat oleh Notaris. Biasanya hal ini ditempuh apabila dokumen/surat tersebut sudah ditanda-tangani terlebih dahulu oleh para pihak, sebelum di sampaikan kepada notaris yang bersangkutan.
Contohnya: Surat Perjanjian Kerjasama tertanggal 1 Januari 2008 yang ditanda-tangani oleh Tuan A dan Tuan B. Jika hendak di legalisir oleh Notaris pada tanggal 18 Januari 2008, maka bentuknya tidak bisa legalisasi biasa, melainkan hanya bisa didaftar (waarmerking) saja.
Jika ditinjau dari sudut kekuatan hukumnya untuk pembuktian, maka tentu saja lebih kuat Legalisasi daripada Register (waarmerking). Ada dokumen-dokumen tertentu yang akan digunakian sebagai kelengkapan suatu proses mutlak diminta harus dilegalisir, misalnya: di kantor Pertanahan, surat persetujuan dari ahli waris untuk menjaminkan tanah dan bangunan, atau surat persetujuan isteri untuk menjual tanah yang terdaftar atas nama suaminya dan lain sebagainya. Kalau surat/dokumen tersebut tidak dilegalisir oleh notaris, maka biasanya dokumen tersebut tidak dapat diterima sebagai kelengkapan proses Hak Tanggungan atau jual beli yang dimaksud. Terpaksa pihak yang bersangkutan harus membuat ulang persetujuan dan melegalisirnya di hadapan notaris setempat.

Apa Dokumen Yang Ingin Anda Legalisirkan di Notaris ? Klik Pada Tulisan !

  1. Jasa Legalisir Ijazah
  2. Jasa Legalisir Transkip Nilai
  3. Jasa Legalisir Buku Nikah
  4. Jasa Legalisir Akta Perceraian
  5. Jasa Legalisir Akta Perkawinan
  6. Jasa Legalisir Akta Kematian
  7. Jasa Legalisir Dokumen Bisnis
  8. Jasa Legalisir SKCK
  9. Jasa Legalisir PASPOR
  10. Jasa Legalisir Dokumen Lainnya.

Dasar Hukum Legalisir Dokumen di Notaris :

Staatsblad 1909 Nomor 291 tentang Legalisasi Tanda Tangan

Syarat Legalisir Dokumen di Notaris :

  1. Fotokopi KTP / Paspor Pemohon
  2. Pemohon membuat Surat Kuasa untuk penerima kuasa sebanyak 1 lembar di atas materai 6000

Kami Selalu Siap dalam 24/7 Untuk Semua Permintaan Anda, Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda, Atau Hubungi Kami ? Lewat Phone, Form, Whatsapp dan Live Chat

Kantor Mediamaz buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu atau 365 hari setahun. Kami selalu siap menangani semua terjemahan tersumpah anda dan jika kebutuhan Anda mendesak, Anda dapat mempercepat permintaan Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat mengejar waktu, kami siap membantu dokumen Anda menyampaikan pesan yang benar kepada orang yang tepat.

(021) 55787154 | 082123335003 | 087884574653 | info@mediamaz.co.id

Kontak Kami          WhatsApp