Jasa Legalisir Akte Kelahiran untuk Banyak Keperluan Anda

Jasa Legalisir Akte Kelahiran untuk Banyak Keperluan Anda

Akte Kelahiran merupakan salah satu dokumen penting yang sangat sering Anda gunakan untuk berbagai kepentingan. Dokumen ini merupakan tanda bukti yang sah tentang kelahiran seorang bayi dalam bentuk selembar kertas. Dokumen Akte Kelahiran juga memuat berbagai informasi penting mengenai identitas sang bayi. Oleh karena itu, Akte Kelahiran sangat diperlukan untuk berbagai keperluan sampai bayi itu dewasa. Artikel berikut ini akan menjelaskan beberapa kepentingan yang mungkin membutuhkan jasa legalisir akte kelahiran.

jasa legalisir akte kelahiran

pinterest.com

Apa Itu Legalisir?

Legalisir merupakan proses yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang dengan cara menyocokkan sebuah dokumen asli dengan fotocopyan dokumen tersebut. Pejabat tersebut akan memeriksa keseluruhan isi dokumen. Apabila dokumennya sudah dipastikan sama, pejabat tersebut akan memberikan cap atau stempel dan paraf pada setiap halaman yang difotocopy dan halaman yang paling belakang. Paraf dan cap atau stempel ini memiliki arti bahwa pejabat yang berwenang itu telah mengakui bahwa dokumen asli dan dokumen fotocopy merupakan dokumen yang sama.

Banyak sekali orang yang masih belum memahami dan menganggap sama legalisir dengan legalisasi. Padahal keduanya adalah dua istilah yang berbeda, meskipun secara umum kurang lebih sama-sama untuk mengesahkan sebuah dokumen. Istilah legalisasi merujuk pada pengesahan yang diberikan oleh pihak tertentu untuk mengesahkan atau meresmikan paraf/stempel yang sudah terlebih dahulu ada pada dokumen tersebut. Pada legalisasi, pihak tertentu tersebut tidak bertanggungjawab atas isi dokumen. Sedangkan pada legalisir, pihak yang melakukan legalisir wajib memeriksa kesamaan isi dokumen asli dengan dokumen salinannya.

Apa Saja Kegunaan Legalisir Akte Kelahiran?

Akte Kelahiran dapat digunakan untuk berbagai hal. Oleh karena itu, untuk mengatasi keperluan yang banyak dengan menggunakan satu lembar saja itu tidak memungkinkan. Maka, beberapa lembaga atau perusahaan memerbolehkan seseorang untuk mengumpulkan persyaratan yang membutuhkan Akte Kelahiran dengan fotocopyannya. Dengan syarat, lembar salinan ini harus Anda legalisir terlebih dahulu. Berikut ini macam macam kegunaan legalisir Akte Kelahiran:

1. Sebagai Dokumen/Bukti Sah Identitas Seseorang

Selain sebagai wujud pengakuan Negara atas status seeorang, Akte Kelahiran juga merupakan dokumen atau bukti yang kuat atas identitas seseorang terutama tentang kelahirannya. Apabila seseorang tidak memiliki Akte Kelahiran, maka ia akan sulit untuk mengurus banyak hal dalam hidupnya. Akta Kelahiran juga berfungsi sebagai bahan rujukan untuk penetapan identitas dalam dokumen-dokumen lainnya. Sebagai contoh, untuk menuliskan identitas pada rapor, ijazah, atau bahkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), beberapa isian harus Anda isi sesuai dengan data yang ada pada Akte Kelahiran.

2. Legalisir untuk Persyaratan untuk Masuk Sekolah TK Hingga Peguruan Tinggi

Salah satu kegunaan Akte Kelahiran yang menjadi syarat masuk sekolah adalah contoh yang paling populer untuk dokumen legalisir. Anda pasti sudah terbiasa dengan istilah legalisir Akte Kelahiran ketika Anda masih duduk di bangku sekolah. Biasanya beberapa yang membutuhkan cap legalisir sekolah adalah fotocopy rapor, fotocopy ijazah, fotocopy SKL (Surat Keterangan Lulus), fotocopy transkrip nilai, dan tentunya fotocopy Akte Kelahiran.

3. Legalisir Akte Kelahiran untuk Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan tentunya memerlukan beragam berkas untuk dikumpulkan ke pihak perusahaan. Dokumen yang biasanya Anda akan perlukan untuk melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja, Curriculum Vitae, portofolio, dan bahkan Akte Kelahiran. Namun untuk sekadar melamar pekerjaan, Anda tentunya tidak perlu memberikan lembar asli Akte Kelahiran Anda, bukan? Untuk memastikan bahwa lembar salinan Akte Kelahiran yang Anda berikan pada perusahaan sama dengan dokumen asli, maka legalisir pada Akte Kelahiran sangat diperlukan.

4. Dokumen Sebagai Syarat untuk Menikah

Menikah juga tentunya memerlukan banyak dokumen penting yang harus Anda setorkan pada Kantor Urusan Agama (KUA). Salah satunya adalah fotocopy Akte Kelahiran. Dokumen yang mewakili identitas seseorang ini tidak perlu menggunakan lembar aslinya karena bisa saja akan lembar asli tersebut akan Anda gunakan untuk keperluan yang lainnya dalam waktu yang bersamaan. Untuk mempermudah, maka persyaratan yang KUA minta hanya berupa fotocopy dengan legalisir di halaman tersebut.

5. Sebagai Syarat Pengurusan Beasiswa

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri tentu saja membutuhkan data yang memuat identitas diri seseorang. Bahkan apabila beasiswa tersebut untuk berkuliah ke luar negeri, seringkali membutuhkan versi terjemahannya. Legalisir Akte Kelahiran juga akan Anda perlukan dalam lembar salinan Akte Kelahiran ini.

Mediamaz Translation Service

legalisir

Mediamaz TS

Ketika sedang membaca artikel ini, mungkin saja Anda sedang memiliki keperluan yang sama atau keperluan lain yang juga memerlukan legalisir pada lembar salinan dokumen Anda. Anda sudah berada pada artikel yang tepat. Meskipun memiliki nama translation, perusahaan Mediamaz TS tidak hanya melayani jasa penerjemahan saja tetapi juga melayani jasa legalisir dokumen. Anda bisa menggunakan jasa legalisir Akte Kelahiran di Mediamaz TS.

Melegalisir Akte Kelahiran Anda di perusahaan kami akan membantu meringankan beban Anda. Anda hanya harus memesan layanan legalisir Akte Kelahiran kepada tim kami, kemudian Anda akan kami hubungi secepat mungkin apabila kepentingan Anda telah terselesaikan. Anda tentunya akan menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus kepentingan yang lainnya dengan memercayakan legalisir Akte Kelahiran Anda kepada Mediamaz Translation Service. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi akun resmi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *