Jurusan Animasi dan Rekomendasi Universitas Terbaik di Dunia

Jurusan Animasi dan Rekomendasi Universitas Terbaik di Dunia

Jurusan Animasi dan Rekomendasi Universitas Terbaik di Dunia

Industri animasi semakin berkembang dengan maraknya film dan tayangan animasi. Peluang sebagai animator kian terbuka lebar. Karena itu, apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa program studi Animasi? Sebelum itu, kenali dulu seputar jurusan Animasi di Indonesia.

 

Apa itu Jurusan Animasi ?

Jurusan Animasi merupakan kegiatan perkuliahan yang mempelajari tentang konsep gambar bergerak dari produksi film atau TV. Konsep animasi melibatkan banyak gaya, proses, dan teknik yang berbeda. 

Kemudian, jurusan ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi, yaitu animasi film dan animasi game (Interactive Animation). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan bidang animasi pasti tahu kalau penggunaan visual effect itu penting banget. Visual effect membuat gambar terlihat jauh lebih menarik. Oleh karena itu, semakin banyak animator Indonesia bermunculan dan bisa kamu jadi inspirasi. Misalnya, animator terkenal dari Indonesia, Rini Sugianto yang terlibat dalam pengerjaan The Adventures of Tintin dan post production animation untuk The Avengers.

 

Kenapa Memilih Jurusan Tersebut?

Khususnya untuk calon mahasiswa yang memiliki hobi menggambar, memilih jurusan ini bukan karena alasan ingin sekedar kuliah. Di samping itu, itu kamu bisa menyalurkan hobi dan kreativitasmu. Adapun pertimbangan lain, mengapa kamu memilih jurusan Animasi?

  1. Bercita – cita menjadi seorang Animator
  2. Kuliah sambil menyalurkan hobi
  3. Memiliki misi untuk meningkatkan film kartun berkualitas
  4. Ingin menjadi bagian memajukan desain 

 

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

  1. Vancouver Film School (VFS), Kanada

Pertama, VFS Merupakan sekolah seni hiburan swasta yang berlokasi di Vancouver, British Columbia, Kanada. Program gelar yang ditawarkan meliputi berbagai program studi, seperti Animasi 3D dan Efek Visual, Esensi Akting, Akting untuk Film dan Televisi, Seni Konsep Animasi, Desain Digital, dan lain sebagainya.

     2. GOBELINS – The School of Visual Communication. Paris & Noisy – le- Grand, Prancis

Keduia, selama 50 tahun terakhir, GOBELINS telah menjadi sekolah yang terkenal dan diakui secara luas dalam industri animasi. Para calon seniman harus mempertimbangkan Program Master dua tahun mereka dalam bidang Karakter Animasi dan Pembuatan Film Animasi. Dengan biaya kuliah sebesar  € 8.100 untuk peminat asal Uni Eropa dan € 12.800 per tahun untuk peminat Non – Uni Eropa.

    3. MOPA – Motion Picture in Arles. Prancis

Ketiga, Motion Picture in Arles (MOPA) merupakan sekolah kesenian yang terletak di Arles, Prancis. Sekolah ini didirikan pada tahun 2000 sebagai Supinfocom Arles. Beberapa mahasiswa tingkat pertama melewati tahun persiapan dasar seni dengan bantuan biaya sebesar € 5.550 untuk membantu kelulusan mereka.

    4. National Film and Television School. Beaconsfield, Inggris

Keempat, National Film and Television School (NFTS) adalah sekolah film, televisi dan permainan yang didirikan pada tahun 1971 dan berbasis di Beaconsfield Studio, Buckinghamshire, Inggris. Mata kuliah dalam Program Diploma dan Magister NFTS meliputi Animasi, Sinematografi, Komposisi, Bisnis Kreatif, Efek Digital. Pada tingkat selanjutnya, NFTS juga menawarkan 32 program kuliah singkat yang dialokasikan selama masa studi 10 tahun.

    5. Filmakademie Baden – Wuerttemberg. Ludwigsburg, Jerman

Kelima, Filmakademie Baden – Wuerttemberg (FABW) didirikan pada tahun 1991 sebagai sekolah film yang didanai publik yang terletak di Ludwigsburg, Jerman, Sekolah ini merupakan salah satu sekolah film internasional yang paling terkenal.

Karena itu, sekolah ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin mempercepat jenjang karir. Sejumlah program studi utama yang dapat dipilih, antara lain Animasi, Kamera, Skenario, Dokumenter, Jurnalisme TV.

 

Prospek Kerja Jurusan Animasi

Buat kamu yang masih bingung akan prospek kerja bila kuliah di jurusan ini, sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi. Berikut adalah beberapa daftar profesi prospek kerja jurusan Animasi:

    1. Animator dan Seniman Multimedia
    2. Desain Visual Efek
    3. Desainer Video Game
    4. Talent Director
    5. Penerbit Digital

 

Mediamaz Translation Service

Memilih jurusan untuk studi kamu, mungkin harus dengan niat dari dalam diri. Untuk menghindari adanya pemikiran “salah jurusan”. Nah, bagi kamu yang suka menggambar, atau tertarik dengan dunia Animasi. Cocok banget nih jurusan Animasi ini buat kamu.

Terlebih ketika kita bisa mengikuti program beasiswa atau kuliah di luar negeri. Nggak usah khawatir, mengenai pengurusan dokumen. Kamu tinggal konsultasikan kepada kami, kami akan melayani selama 24 jam. Lebih lanjut, kamu bisa langsung hubungi marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.