Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan SI: Ini Perbedaannya!

Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan SI: Ini Perbedaannya!

Ruang lingkup teknologi informasi dan komunikasi menjadi banyak peminat. Maka nggak heran kalau banyak calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil jurusan ini. Nggak jarang yang mengira bahwa ketiga jurusan ini sama meskipun namanya berbeda, tapi sebenarnya ada perbedaannya loh sahabat Meddy. Yuk kita bahas lebih dalam mengenai perbedaan ketiga jurusan ini.

 

Jurusan Teknik Informatika (Programming)

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas mengenai pengolahan data. Selain itu, mengenai masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses logika. Jadi, selama kamu kuliah kamu akan dihidangkan mata kuliah yang lebih banyak berkutat pada pemrograman (Programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Perlu kamu tahu, di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer.

Jadi, sebelum kamu memilih dan masuk jurusan ini, kamu harus memantapkan diri dulu sahabat Meddy. Apakah tujuan kamu benar – benar ingin menjadi spesialis atau praktisi IT sekaligus Software Engineer, Network Engineer, Network Engineer, Database Engineer, dan Games Engineer?

Karena tentu kamu akan menghadapi yang namanya Matematika (Aljabar, Kalkulus, Statistik, Diskrit dsb), Algoritma dan tentu saja Koding. Faktanya, banyak sekali mahasiswa yang akhirnya terjebak dan kesulitan untuk lulus. Tapi, jika kamu menekunkan jurusan ini kamu pasti akan menjalaninya dengan senang kok!

 

Hubungi tim marketing kami di sini.

 

Teknik Komputer (Software)

Jurusan ini merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Di sini yang akan di pelajari adalah bagaimana merancang dan membangun “otak” dari komputer atau alat elektronik lainnya yang akan mengontrol jalannya sistem. Bentuk dari “otak” komputer tersebut adalah processor atau chip yang terdapat dalam motherboard.

Tidak hanya itu, para mahasiswa dan mahasiswi yang memilih kuliah teknik komputer, akan mempelajari juga tentang desain perangkat keras serta perangkat lunak pada system digital. Memilih kuliah teknik komputer, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan untuk masa depan kamu loh. 

Lulusan dari jurusan teknik komputer luar negeri banyak yang bekerja di berbagai negara dengan tawaran gaji yang tinggi. Waktu kerja seorang profesional di bidang teknik komputer itu sendiri bahkan fleksibel, karena mereka bisa membawa pekerjaan ke rumah. Dan yang paling penting, Anda yang suka dengan komputer sangat cocok untuk kuliah teknik komputer di luar negeri dan bekerja di bidang yang sama nantinya.

 

Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)

Jurusan Sistem Informasi merupakan bidang yang menggabungkan Ilmu Komputer dengan Bisnis dan Manajemen. Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat. Berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). 

Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai jembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan bergerak di bidang jasa, dengan berbagai layanan yang diberikan seperti Penerjemah Tersumpah, Legalisasi dan Interpreter. Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu mengenai kebutuhanmu, kepada tim marketing kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *