Jurusan Kuliah Ini Dapat Membantu Selamatkan Bumi!

Jurusan Kuliah Ini Dapat Membantu Selamatkan Bumi!

Akhir-akhir ini kita sering banget menemukan berbagai berita bencana alam. Mulai dari banjir, kabut asap dari kebakaran hutan, longsor, dan lainnya. Memang ada beberapa bencana yang diluar kendali manusia, tapi kita sebagai manusia bisa loh menjadikan bumi ini lebih baik dengan mempelajari plus melakukan berbagai tindakan preventif dan tindakan-tindakan yang tepat dalam mengatasi bencana. Artikel ini akan membahas mengenai jurusan kuliah yang dapat membantu selamatkan bumi!

 

Bidang Perencanaan Wilayah dan Kota/ Planologi

Jurusan kuliah yang pertama, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dikenal juga dengan mana jurusan Teknik Planologi. bidang ini mempelajari kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik. Program studi ini juga akan mempelajari dasar – dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain.

Rekomendasi universitas dengan Jurusan Planologi terbaik di dunia:

  1. University of Sydney – Australia

Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sebesar AUS$ 125 yang mencangkup satu tahun, dan memiliki polis asuransi kesehatan. Ini wajib bagi sebagian besar siswa internasional yang belajar di Australia.

     2. Delft University of Technology – Belanda

Dengan biaya kuliah yang ditawarkan untuk siswa internasional dibawah Uni Eropa dalam program sarjana dan magister berjumlah €1.984. Dan untuk yang tidak dibawah EU membayar €10.000 untuk program sarjana dan €15.000 untuk program magister.

    3. Stevens Institute of Technology – Amerika Serikat

Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sebesar $ 44.490 bagi mahasiswa lokal dan internasional.

Berbicara soal peluang kerja bagi lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi), ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakoni nantinya setelah lulus. Ada banyak kesempatan kerja di berbagai industri untuk lulusan jurusan ini. Mulai dari bidang konstruksi dan bangunan, pemetaan, arsitektur, hingga perencanaan kota dan juga wilayah. Berikut ini contoh pekerjaan menarik untuk lulusan jurusan planologi:

  1. Arsitek
  2. Konsultan Arsitek
  3. Ahli Peta Geografi
  4. Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota
  5. Konsultan Bangunan dan Proyek
  6. Manajer atau Surveyor Pembangunan

 

Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan kuliah yang kedua adalah Teknik Lingkungan, merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Dulu Teknik Lingkungan bernama Teknik Penyehatan, ilmu yang dipelajari pun berkaitan erat dengan kesehatan.

Rekomendasi universitas dengan jurusan Teknik Lingkungan terbaik di dunia:

  1. The Australian National University – Australia

Universitas yang berlokasi di Canberra, Australia. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sekitar Rp.480 juta/ tahun. Dengan durasi selama 3 tahun.

     2. Wageningen University

Menurut Times Higher Education World University Rankings, universitas ini terbaik di Belanda dan peringkat 8 di QS World University Rankings untuk jurusan Ilmu Lingkungan Hidup. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sekitar Rp.250 juta/tahun.

    3. Universitas Malaya

Universitas yang berada di negara tetangga Kuala Lumpur, Malaysia. Malaya University menduduki peringkat 87 dari QS World University Ranking, peringkat 19 di Asia, dna peringkat 3 di Asia Tenggara. Dengan biaya kuliah Rp.5 – 10 juta/ semester.

Dengan semakin populernya praktik Go Green, peluang kerja para lulusan Teknik Lingkungan pun semakin baik. Adapun deretan peluang kerja untuk Jurusan Teknik Lingkungan, sebagai berikut.

  1. Ilmuwan Lingkungan Hidup (Environmental Scientist)
  2. Manajer/ Pengelola Lingkungan (Environmental Manager)
  3. Environmental Engineer
  4. Zoologist
  5. Hydrologist

 

Jurusan Manajemen Bencana

Jurusan Manajemen Bencana merupakan sebuah program studi yang mempelajari rumusan dan penerapan kebijakan tata kelola kebencanaan dan kaitannya dengan perkembangan lingkungan strategis, serta mampu berperan sebagai analisis, akademis, dan praktisi pertahanan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Rekomendasi universitas untuk Jurusan Manajemen Bencana

  1. Saint Louis University – Amerika Serikat

Saint Louis University merupakan salah universitas katolik tertua di Amerika. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sebesar US$ 41.450 atau sekitar Rp. 596 juta per tahun.

     2. University of Reading – United Kingdom

University of Reading merupakan sebuah universitas swasta yang terletak di Reading, Berkshire, England. Dengan mahasiswanya terdiri 57% perempuan dan 43% laki – laki. Biaya kuliah yang ditawarkan pun £9.250 atau Rp. 172.500.000 per tahun.

     3. University of Auckland – New Zealand

University of Auckland terbesar di Selandia Baru, yang menampung lebih dari 40.000 siswa di lima kampus Auckland. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan untuk S1 sebesar NZ$32.280 dan untuk tingkat S2/S3 sebesar NZ$35.048.

Lulusan dari Jurusan Manajemen Bencana ini biasanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang keselamatan, yang bisa menjadi ketrampilan menyelamatkan nyawa dalam banyak situasi. Selanjutnya, para mahasiswa ini belajar bagaimana mengatur kelompok besar orang, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

 

Jurusan Oseanografi

Jurusan kuliah selanjutnya, Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang – bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Walau demikian, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas. Betapa tidak, fakta menunjukkan bahwa lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga lautan.

Rekomendasi universitas untuk Jurusan Oseanografi:

  1. University of Tasmania (UTAS) – Australia

University of Tasmania (UTAS) merupakan universitas keempat tertua di Australia dan terletak di negara bagian pulau Tasmania. Universitas ini dikenal untuk program khas pengajaran dan kemampuan penelitian yang kuat di bidang ilmu pengetahuan, studi maritim, studi antartika. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sekitar 31.000 AUD /tahun dan ditempuh selama 4 tahun.

     2. University of Southampton – United Kingdom

University of Southampton berada di peringkat 8 di Inggris untuk intensitas penelitian berdasarkan Research Excellence Framework terbaru. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan untuk tingkat S1 sebesar £19.400 dan tingkat S2/S3 sebesar £20.910.

     3. Florida Institute of Technology – United States

Florida Institute of Technology (Florida Tech) merupakan institusi yang diakui internasional. Program ini juga sangat beragam dan memungkinkan siswa untuk memilih satu dari lima konsentrasi yang tersedia: oseanografi biologis, oseanografi kimia, pengelolaan zona pesisir, ilmu lingkungan laut, dan oseanografi fisik. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan sebesar $39,290 per tahun.

 

Jurusan Kehutanan

Jurusan kuliah yang terakhir adalah Kehutanan, merupakan ilmu yang secara komprehensif mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan seperti keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan lain sebagainya. Ilmu Kehutanan juga termasuk tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Rekomendasi universitas untuk Jurusan Ilmu Kehutanan:

  1. Kyushu University – Japan

Kyushu University merupakan sebuah universitas negeri Jepang yang terletak di Fukuoka. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan untuk tingkat S1 sebesar ¥535.800 dan tingkat S2/S3 sebesar ¥535.800.

     2. The University of British Columbia – Canada

University of British Columbia (UBC) adalah universitas riset publik dengan kampus-kampus di Vancouver dan Kelowna, British Columbia. Didirikan pada tahun 1908. Dengan besaran biaya kuliah yang ditawarkan untuk siswa internasional akan diharuskan membayar kisaran biaya kuliah $ 39,197.40 hingga $ 46,241.30.

     3. Imperial College London – United Kingdom

Imperial College dibangun pada tahun 1907 untuk membantu pengembangan kajian interdisipliner, Kampus utamanya berlokasi di Kensington Selatan, sementara kampus lainnya tersebar di Hammersmith, Silwood Park, Royal Brompton, Nortwick Park, Charing Cross, St Marys, Wye, Chelsea, dan Westminster. Dengan biaya kuliah yang ditawarkan untuk siswa internasional, dengan sebagian besar program sarjana berharga £ 28.000-31.000.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Sebagai partner dalam mewujudkan cita – cita, Meddy siap banget membantu kamu dalam mencari solusi pengurusan dokumen – dokumen untuk kuliah mu lho! Apalagi kalau kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, jangan khawatir! untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran ke universitas yang dituju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Dan Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *